7 Hal yang Nggak Boleh Dikatakan pada Pramugari. Demi Jaga Perasaan Satu sama Lain!

31 Oktober 2017
|Olphi Disya
Travel
0SHARES

Setiap naik pesawat, kamu pasti bertemu dengan pramugari dan pramugara. Mereka terlihat ramah dan siap melayani. Tapi namanya juga kerja berhadapan dengan berbagai macam orang, setiap hari mereka harus melayani penumpang yang nggak paham pekerjaan mereka dan menganggap sebelah mata.

Maka nggak heran, pramugari sering bekerja di luar dari tugas wajibnya karena ulah penumpang yang nggak sopan. Seperti beberapa hal berikut yang nggak boleh kamu katakan pada pramugari.

1. “Saya matiin hp satu menit lagi, oke?”

Namanya juga akan terbang dengan pesawat, kamu akan diminta untuk mematikan gadget terutama handphone karena sinyalnya dapat mengganggu sistem navigasi pesawat. Meskipun belum take-off bukan berarti kamu masih bebas kepoin Instagram gebetan kamu. Kalau pramugarinya udah memerintahkan untuk matikan handphone, artinya adalah matikan se-ka-rang-ju-ga.

Nggak ada tawar menawar demi keselamatan. Jadi, kalau kamu nggak mau handphone-nya disita seperti jaman sekolah dulu atau nggak ingin di-blacklist, mendingan kamu nggak bilang kalimat “Saya matiin hp satu menit lagi, oke?”

2. “Buangin kantong muntahan saya dong!”

Memang ada penumpang yang rentan mabuk udara. Kalau kamu adalah orang yang termasuk mudah mual dan muntah saat terbang naik pesawat, kamu harus sadar diri dan mintalah kantong muntah. Mereka hanya ditugaskan untuk itu tapi BUKAN untuk membuang kantong yang udah berisi muntahanmu atau popok bayi yang udah penuh.

Kamu harus berjalan sendiri ke lavatory atau kamar kecil untuk membuangnya. Lagian kalau kamu minta pramugari buangin popok bayi, kamu menggantinya di mana lagi kalau bukan di kamar mandi? Plis, jangan pernah ganti popok bayi di atas tray table di depanmu! Yikes…

3. Jangan panggil ‘stewardess’ kalau naik pesawat luar negeri

Istilah stewardess sebenarnya digunakan pada jaman dulu, di mana saat itu hanya perempuanlah yang menjadi pramugari. Tapi sekarang, laki-laki juga banyak yang berprofesi sebagai awak penerbangan. Nah, kalau di bahasa Indonesia, laki-laki yang bekerja sebagai flight attendant disebut pramugara.

Di luar negeri udah jarang banget disebut steward dan stewardess, melainkan dengan sebutan flight attendant. Karena mereka bekerja nggak hanya sekedar menyajikan minuman di dalam pesawat, tapi juga memastikan penumpang aman dan nyaman selama masa penerbangan. Begitu, guys!

4. “Bisa jagain anak saya?”

Kalau kamu terbang dengan membawa bayi atau anak kecil yang hobinya ke sana ke mari, nangis-nangis nggak karuan, atau yang nggak bisa duduk dengan tenang… itu sepenuhnya tanggung jawabmu! Jangan harap pramugari akan berbaik hati untuk mengurus bocah-bocah penumpang. Di dalam SOP pramugari, nggak ada tuh tugas untuk menjaga anak-anak, apalagi kalau kamu sampai nitipin anak ke pramugari. Mereka memang bekerja untuk melayani, tapi ya nggak nitipin anak juga sih. Duh, mereka lebih sibuk dari yang kamu pikir!

5. “Saya bakal ledakkan pesawat ini kalau saya nggak duduk di depan!”

Ini dia nih, kata-kata yang nggak boleh kamu ucapkan di mana pun. Mau di area bandara kek, di pesawat kek, apalagi sama pramugari. Ucapan seperti ini termasuk ke dalam ancaman teror di mana kamu bisa terjerat hukum. Nggak usah mengancam mau meledakkan pesawat kalau segala kalau memang hal yang menjadi masalahmu adalah karena kesalahanmu sendiri. Dan kalau kamu mengatakan ini di pesawat dengan pramugari, siap-siap kamu diturunkan dan dipenjara, deh. Emangnya mau?

6. “Angkatin barang saya dong!”

Tahukah kamu, 80% pramugari yang mengikuti survey Association of Flight Attendant tahun 2010 mengaku bahwa mereka mengalami cedera saat mengangkat barang bawaan penumpang. Sebenarnya, berat barang yang boleh dibawa masuk ke kabin nggak lebih dari 7 kg. Memang, beda maskapai beda pula ketentuan aturan barang bawaan di kabin, tapi rata-rata 50x30x20 cm. Kalau kamu membawa barang bawaan yang berat, ya itu resikomu. Jangan mentang-mentang ada pramugari lalu kamu pikir merekalah yang bertanggung jawab untuk mengangkat barang ke atas kabin. Palingan, mereka membantu untuk mengangkat. But, it’s yours, so do it yourself!

7. “Minumannya mahal banget, deh!”

Memang, harga makanan dan minuman di pesawat itu mahal banget. Tapi percuma kalau kamu ngedumel di depan pramugari karena nggak akan mengubah apapun. Memangnya kamu pikir CEO maskapainya berunding dulu sama pramugari saat netapin harga? Percaya deh, keuntungan dari penjualan minuman itu nggak akan masuk ke kantong pramugari kok. Pendapatan pramugari itu nggak setinggi yang kamu kira. Jadi, kalau kamu komplain harga minumannya mahal, secara nggak langsung kamu udah menyinggung pekerjaan mereka. Toh, mereka bukan yang berhak netapin harganya.

Itulah hal-hal yang nggak boleh kamu ungkapkan pada pramugari. Beberapa ada yang diatur dalam SOP pekerjaan sebagai awak penerbangan, beberapa ada yang memang nggak sopan aja untuk ditanyakan. Yuk, mulai sekarang pahami dan hormati profesi apapun. Jangan mentang-mentang mereka harus melayani kamu jadi seenaknya, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES