7 Hal Seru yang Bisa Dilakukan Saat Trip ke Saumlaki, Ngga Akan Kamu Sesali

19 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
735SHARES

Saumlaki merupakan Ibu Kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Kabupaten ini berdiri sejak tahun 2002. Dahulu, Saumlaki merupakan salah satu dari kota kecil yang terdapat di Kabupaten Maluku Tenggara. Namun, pemerintah setempat memutuskan untuk mengambil hak otonomi mereka sehingga hadirlah sebuah kabupaten yang bernama Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan Saumlaki sebagai ibu kotanya.

Pemilihan Saumlaki sebagai ibu kota dari Maluku Tenggara Barat juga nggak terlepas dari potensi alam yang ada di sana. Sama seperti wilayah Indonesia timur lainnya, Saumlaki menyuguhkan keindahan panorama alam, terutama pantai yang dapat memanjakan mata. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai pengalaman menarik lainnya. Nah, jika kamu bingung mau ngapain setelah sampai di sana, YuKepo akan kasih tips tentang hal-hal seru apa saja yang bisa kamu lakuin saat memutuskan untuk traveling ke Saumlaki. Langsung aja kita kepoin bareng-bareng!

1. Bergoyang bersama warga setempat

Jangan kaget ketika kamu mengunjungi Desa Olilit banyak sekali warga sekitar yang pandai menari. Bahkan anak SD pun sudah mahir melakukan berbagai variasi tarian. Warga sekitar menyebut kegiatan menari sebagai kegiatan ‘bergoyang’. Nah, biasanya setiap ada acara, pasti selalu ada aktivitas ‘bergoyang’ ini. Lagu-lagu yang dimainkan pun cukup unik karena merupakan perpaduan antara lagu nasional, daerah, dan modern. Wah, kreatif banget, ya!

2. Mengunjungi monumen patung Kristus Raja

Kamu pernah melihat sebuah patung raksasa bernama Christ the Redeemer yang ada di Brazil nggak? Kalau pernah, di sini juga ada sebuah patung yang memiliki konsep serupa dengan patung yang ada di Brazil. Terletak di Gereja Kristus Raja, Desa Olilit, kamu bisa melihat tiga buah patung di sini, yakni patung Yesus Memberkati, Bunda Maria dan Yesus, serta Penyaliban Patung. Kamu pun dapat berswafoto di sini dengan latar belakang patung dan langit Saumlaki yang biru atau bahkan dengan pemandangan laut yang ada di sekelilingnya.

3. Main air di Pantai Weluan

Sudah menjadi hal yang umum jika wilayah yang ada di Indonesia timur dianugerahi oleh jajaran pantai yang sangat menawan. Tak terkecuali di Saumlaki ini. Salah satu pantai yang juga menjadi kebanggaan masyarakat di sana adalah Pantai Weluan. Hamparan pasir putih serta desir angin yang melambai membuat tempat ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata liburan kamu. Selain itu, di sekitar pantai juga banyak terdapat penjaja makanan, mulai dari penjual es kelapa muda, ikan bakar, hingga rujak ada di sini. Jadi, nggak akan takut perut keroncongan deh ketika main-main ke sini.

 

4. Liburan keluarga di Pantai Kelyar

Satu lagi pantai yang patut untuk dikunjungi adalah Pantai Kelyar. Ombak yang ada di pantai ini relatif lebih tenang dan aman sehingga kamu sekeluarga bisa bermain dengan pasir putih nan cantik tanpa harus khawatir secara berlebihan. Di sini juga terdapat gazebo dan ayunan sehingga pas banget buat menikmati keindahan sunset sambil bersantai menikmati es kelapa muda yang segar.

5. Mampir ke Desa Wisata Tumbur

Desa yang terkenal akan kerajinan tangannya ini terletak di Kecamatan Wertamrian. Di sini kamu akan menemukan banyak sekali penjual patung kayu yang menjajakan hasil karyanya tersebut. Kurang lebih ada sekitar 50 pengrajin patung yang ada di sini. Masyarakat sekitar pun banyak yang menjadikan profesi sebagai pengrajin patung sebagai profesi utama mereka. Harga patung yang dijual pun bervariasi, mulai dari Rp75 ribuan hingga jutaan rupiah bergantung pada bentuk dan ukuran patung.

6. Belajar menenun

Selain dikenal akan karya patungnya, Desa Tumbur juga dikenal akan kerajinan tenunnya, lho. Katanya, semua perempuan di desa ini pandai buat menenun. Mereka semua telah diajari oleh orang tuanya sedari SMP atau SMA. Nah, kalau untuk para pria, mereka akan diajari oleh orang tuanya cara membuat sebuah prakarya dari pahatan kayu. Makanya gak heran kalau warga di sini jago banget perihal urusan kerajinan tangan.

7. Puasin perutmu dengan memakan ikan

Karena wilayah perairannya yang masih alami, ikan-ikan yang ada di sini pun melimpah ruah. Jadi, jangan heran jika kamu mampir ke sini, kamu bakalan melihat berbagai macam menu yang mayoritas berupa ikan. Kamu juga bisa lho buat menangkap langsung ikan tersebut dan menjadikannya sebagai ikan bakar ala-ala kamu gitu.

Itu dia tujuh hal yang bisa kamu lakuin saat melakukan trip ke Saumlaki. Seru-seru banget bukan? Denger-denger juga sih, Saumlaki bakalan dijadikan sebagai pusat perikanan terbesar di Indonesia oleh Menteri Perikanan dan Kelautan, Ibu Susi Pudjiastuti. Bahkan, pembangunan berbagai infrastrukur di sana sudah mulai dikerjakan sejak tahun 2017 kemarin. Waah, semoga dapat membantu perekonomian masyarakat yang ada di sana, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
735SHARES