7 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Jadi Impian Para Pendaki. Berani Jelajahi?

07 Januari 2018
|Robertus Ari
69SHARES

Kamu suka mendaki gunung? Apa saja gunung yang sudah kamu daki? Tentu, kamu juga masih memiliki gunung favorit lainnya yang ingin kamu jelajahi - termasuk gunung tertinggi di Indonesia ini. Sebab, negara kita tercinta ini memiliki deretan gunung yang memiliki puncak tertinggi yang sangat indah. Banyak pendaki lokal, bahkan luar negeri yang ingin mendaki gunung-gunung tersebut. Untuk itu, inilah daftar gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Kepo yuk!

1. Puncak Jaya

Tentu saja posisi pertama diduduki oleh Puncak Jaya atau yang sering disebut Carstensz Pyramid. Gunung tertinggi di Indonesia ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Bahkan, Carstensz sudah dinobatkan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia dan menjadi salah satu gunung dengan puncak tertinggi dari 7 benua di dunia.

2. Puncak Soekarno

Selain Carstensz Pyramid dengan Puncak Jayanya, kawasan Papua juga memiliki tiga puncak lain di Taman Nasional Lorenzt, yakni Puncak Soekarno dengan 4.862 mdpl, Cartenzs Timur dengan 4840 mdpl, dan ketiga Puncak Soemantri dengan 4808 mdpl. Namun, untuk menjelajah kawasan ini juga tidak mudah, setidaknya kamu harus menghadapi hujan salju maupun es saat pendakian.

3. Puncak Mandala

Masih di bumi Papua, masih ada gunung tertinggi di Indonesia lain yakni puncak Mandala. Gunung ini memiliki ketinggian 4.760 mdpl yang puncaknya membentuk bagian Pegunungan Bintang dekat perbatasan Papua Nugini. Cuaca di gunung ini juga sangat dingin, bahkan sebagian puncaknya diselimuti oleh salju.

4. Puncak Trikora

Pada zaman pemerintahan Belanda, gunung ini diberi nama Wilhelminatop. Namun sekarang kita mengenalnya dengan Puncak Trikora atau yang juga disebut Ettiakup. Lokasinya berada di Papua sebelah barat dengan ketinggian 4.751 mdpl. Selain itu, di kawasan puncak ini juga terdapat Hutan Dipterokarp, Hutan Ericaceous, dan Hutan Montane.

5. Puncak Pilimsit

Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Puncak Pilimsit. Gunung ini juga dikenal dengan Mount Indenberg. Nama ini digunakan pada zaman pemerintahan Kolonia Belanda. Puncak Pilimsit ini juga masih tergabung dengan Pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 4.673 mdpl.

6. Gunung Yamin

Terakhir dari bumi Papua ada Puncak Yamin. Gunung ini memiliki ketinggian 4.595 mdpl yang juga jadi puncak favorit bagi para pecinta pendaki. Namun untuk mendaki gunung ini setidaknya bisa membutuhkan waktu 3-4 hari, karena struktur bebatuan gamping dan karang glaciated yang tidak mudah dilalui.

7. Gunung Kerinci

Di posisi ke-7 ada Gunung Kerinci. Gunung yang berlokasi di Jambi Sumatra Barat ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Ketika mendaki Kerinci, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan kota Jambi, Padang, dan Bengkulu yang indah banget. Hingga saat ini, gunung ini masih menjadi salah satu gunung terfavorit untuk jelajahi. Namun kamu juga harus siap dengan jalurnya karena cukup berat.

Itulah tadi gunung tertinggi di Indonesia. Lalu, gunung mana yang ingin kamu jelajahi? Apa pun gunung yang ingin kamu daki, kamu harus tetap berhati-hati ya. Saat kamu mendaki juga jadilah traveler yang baik, jangan meninggalkan sampah, ikuti aturan setempat, dan lain sebagainya. Agar keindahan alamnya masih terus terjaga hingga anak cucu kita.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
69SHARES