7 Desa Wisata di Indonesia Ini Meraih Penghargaan Kece. Wajib Kamu Kunjungi Nih!

www.yukepo.com

Pada Mei 2017 lalu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menganugerahi beberapa desa yang dinilai memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Selain potensi wisata, beberapa desa diberikan penghargaan karena kemajuan ekonomi dan kesejahteraan warganya sangat meningkat. Desa-desa wisata di bawah ini memang keren-keren banget sih. Wajib kamu kunjungi karena ternyata menyimpan berbagai pesona yang nggak akan kamu dapatkan di kota besar. Penasaran? Yuk, kepoin!

1. Desa Madobak, Mentawai ini merupakan desa adat yang sudah terkenal

bersabda.com

Sebuah desa yang terletak di Kecamatan Siberut Selatan, Mentawai, Sumatra Barat ini memang terkenal dengan adatnya yang masih dipegang teguh hingga saat ini. Nggak heran kalau Desa Madobak diberikan penghargaan dalam kategori Desa Adat Terbaik. Desa Madobak terkenal dengan adat istiadatnya, salah satunya adalah tradisi tato yang dipercaya sebagai budaya tato tertua di dunia. Unik banget, ya!

2. Desa Seigentung, Gunungkidul yang unggul karena kemajuan IPTEK-nya

www.hetanews.com

Bisa dibilang bahwa Desa Seigentung merupakan desa wisata zaman now banget nih. Desa ini berkembang karena pemerintah setempat menjadikan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) sebagai potensi wisatanya. Terletak di dataran tinggi yang terbentuk akibat muntahan gunung berapi, desa wisata ini menyimpan beragam daya tarik ilmu pengetahuan. Perekonomian dan kesejahteraan warganya yang terus meningkat menjadikan desa ini meraih penghargaan kategori IPTEK. Cool!

3. Desa Bontagula, Bontang yang menyimpan keindahan maritim

blog.reservasi.com

Indonesia memang terkenal dengan pesona maritimnya, oleh karena itu tentu ada kawasan di negara kita yang maritimnya oke banget. Salah satunya adalah di Desa Bontagula, Bontang yang meraih penghargaan kategori Maritim. Keindahan bawah laut dan pesisir di wilayah ini bakalan bikin kamu lupa kalau lagi ada di kawasan industri Kabupaten Bontang. Selain keindahan, aktivitas warga di pesisir pantainya pun nggak boleh dilewatkan. Seru banget!

4. Desa Waturaka, Ende bikin siapapun yang ke sana merasa dekat dengan alam
pariwisata.serverjogja.com

Bagi kamu yang hanya tahu keindahan Danau Kelimutu, sempatkan mampir ke Desa Waturaka yang nggak jauh dari situ deh. Pemandangan alamnya yang luar biasa spektakuler bikin siapapun terpukau. Tapi nggak hanya itu yang membuat desa ini meraih penghargaan kategori Alam, tapi juga karena desa ini melibatkan wisatawan ke dalam kegiatan sehari-hari penduduknya. Jadi jangan kaget ya banyak bule-bule yang ‘kerja’ di sana!

5. Desa Ubud, Gianyar yang populer akan kentalnya budaya masyarakat setempat
www.visesaubud.com

Kalau kamu udah pernah nonton film "Eat, Pray, Love", pasti kelihatan banget kan budaya masyarakat Bali kental banget di Desa Ubud? Makanya nggak heran kalau desa ini diberikan penghargaan kategori Budaya. Gambaran budaya Bali yang khas banget memang menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Desa wisata yang satu ini juga memiliki pesona yang bikin pengunjungnya betah!

6. Desa Taman Sari, Banyuwangi yang berdaya karena kemajuan bisnisnya

www.andikafm.com

Desa wisata yang berlokasi di kawasan Gunung ijen ini memang terkenal akan wisata alamnya yang wow banget. Selain itu, desa yang dianugerahi penghargaan kategori Jejaring Bisnis ini juga populer akan keunikan budaya masyarakat Osing, suku asli Banyuwangi. Ketiga kampungnya yaitu Kampung Penambang, Kampung Bunga, dan Kampung Susu memperkuat jaringan bisnis di desa ini dan tentunya membuat seluruh warganya berdaya. Mantap abis!

7. Desa Pujon Kidul, Batu dengan pemandangan agrowisatanya yang asri

koranmemo.com

Nggak hanya apel aja yang terkenal berasal dari Batu, tapi ada satu desa wisata yang menjadi tempat budidaya berbagai produk agro. Pantesan aja desa ini diberikan penghargaan kategori Agro, karena di sini kamu bisa menemukan budidaya tanaman obat keluarga, perkebunan buah-buahan, hingga pengolahan susu sapi. Aktivitas warganya dalam menggeluti agrobisnis memang patut diacungi jempol. Lagu Paman Datang Dari Desa kayaknya sih dari Desa Pujon Kidul, deh!

Ternyata banyak banget desa wisata di Indonesia yang seru-seru banget. Makanya, jangan main ke hutan beton alias mall aja, mampir ke desa juga yuk!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Mau Traveling? 10 Barang Super Penting Ini Jangan Sampai Lupa Dibawa!

Mau Traveling? 10 Barang Super Penting Ini Jangan Sampai Lupa Dibawa!

Nggak Semuanya Mahal, 5 Tempat Liburan di Jakarta Ini Bikin Dompetmu Tetap Tebal!

Nggak Semuanya Mahal, 5 Tempat Liburan di Jakarta Ini Bikin Dompetmu Tetap Tebal!

5 Destinasi di Indonesia yang Pas Buat Honeymoon. Anti Mainstream, Berasa di Luar Negeri!

5 Destinasi di Indonesia yang Pas Buat Honeymoon. Anti Mainstream, Berasa di Luar Negeri!

Liburan ke Bali dengan 500 Ribu Itu Sangat Possible!

Liburan ke Bali dengan 500 Ribu Itu Sangat Possible!

7 Hal yang Nggak Boleh Dikatakan pada Pramugari. Demi Jaga Perasaan Satu sama Lain!

7 Hal yang Nggak Boleh Dikatakan pada Pramugari. Demi Jaga Perasaan Satu sama Lain!

Modal 500 Ribu Bisa Traveling ke Bali? Tunggu Rahasianya Terkuak Besok!

Modal 500 Ribu Bisa Traveling ke Bali? Tunggu Rahasianya Terkuak Besok!

loading