7 Aplikasi yang Wajib Ada di Smartphone Para Traveller Muda, Ayo Download

15 April 2017
|Olphi Disya
730SHARES

Sekarang travelling serba mudah. Apalagi bagi kamu para traveller muda yang menginginkan semuanya serba praktis dan murah. Banyak cara yang bisa ditempuh agar perjalanan kita tetap menyenangkan dan juga hemat. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi smartphone yang bisa membantu kamu meraih kemudahan di setiap traveling, terutama kalau kamu jalan-jalan di luar negeri. Kamu nggak perlu takut nyasar, takut nggak ngerti bahasanya, atau takut nggak kebagian tiket pesawat. Semuanya bisa kamu lakukan hanya dengan sentuhan jari di smartphone kamu melalui ketujuh aplikasi ini:

1. Google Maps

Salah satu life skill yang perlu dimiliki traveller muda adalah kemampuan membaca peta. Tapi kalau kamu kesulitan membaca peta, kamu nggak perlu khawatir. Kamu cukup men-download aplikasi Google Maps terbaru yang bisa mengarahkan kamu ke suatu tempat. Nggak perlu takut nyasar, karena saat ini Google Maps telah dilengkapi berbagai fitur yang lengkap dan akurat. Nggak hanya itu, kalau kamu jalan-jalan sama teman-teman, kamu juga bisa berbagi info lokasi biar nggak pada bingung kalau terpisah dari rombongan dengan fitur baru share location. Gampang kan?

2. Google Translate

Travelling nggak akan happy kalau kita nggak ngerti bahasa di suatu negara yang kita kunjungi. Kamu nggak perlu capek-capek belajar bahasa setempat yang memakan waktu lama dan biaya tinggi. Tinggal masukkan kata yang ingin kamu tahu dan voila! Artinya keluar deh. Tapi kalau kamu sama sekali nggak ngerti apa yang orang lain ucapkan, kamu bisa merekam suaranya yang otomatis akan diartikan dengan google translate. Selain itu, sekarang kamu juga bisa tinggal scanning tulisan dengan bahasa tertentu dan nantinya akan otomatis diartikan ke dalam bahasamu. Simpel banget!

3. Tripadvisor

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna ini bisa banget digunakan untuk booking hotel, restoran, sampai tiket pertunjukan. Nggak salah lagi kalau Tripadvisor berguna banget untuk anak muda yang apa-apa ingin serba mudah dan all-in-one. Tripadvisor juga bisa membantu kamu dalam merencanakan tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi, karena Tripadvisor menyediakan informasi landmark atau tempat wisata di kawasan tujuan travelling kamu. Jadi, sebelum bepergian, kamu bisa langsung unduh Tripadvisor nih biar makin seru!

4. Uber

Moda transportasi berbasis online kini nggak hanya laris di Indonesia. Di beberapa negara, terutama negara maju, moda transportasi online sangat membantu orang-orang yang ingin bepergian ke manapun dengan cara yang praktis. Tarif yang lebih murah, rute yang pasti, dan supir yang terlacak akan memudahkan kita dalam travelling. Itulah kenapa aplikasi Uber udah berkembang hingga jaringan internasional dan sangat direkomendasikan untuk diunduh di smartphone kamu. Dijamin, kamu nggak akan nyasar lagi deh dengan aplikasi ini!

5. AirBnB

Inilah salah satu aplikasi reservasi penginapan yang harus banget kamu unduh di smartphone-mu, terutama bagi kamu yang menginginkan tarif penginapan yang murah. Di Air BnB, kamu nggak hanya bisa booking penginapan berupa hotel, tapi juga yang berupa apartemen, homestay, atau guesthouse. Selain lengkap, Air BnB juga bisa dibayar dengan kartu kredit. Jadi kamu nggak perlu repot menukarkan uang dengan mata uang asing untuk membayar. Dengan aplikasi ini, kamu bisa pesan, bayar, datang deh!

6. Xe Currency

Suka bingung sama perkembangan nilai mata uang? Setiap harinya, nilai mata uang cenderung berubah. Hal ini membuat kita harus cermat dalam menghitung pengeluaran selama travelling. Jangan sampai kita terlalu banyak membawa uang cash dan jadi boros karena nggak tahu berapa nilai mata uang asing tersebut jika dirupiahkan. Sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi Xe Currency yang bisa mengkonversikan nilai mata uang yang kamu miliki. Meskipun terlihat sederhana, tapi aplikasi ini membantu banget lho. Jadi, nggak perlu repot lagi tuh ke money changer atau cari di koran ekonomi kalau hanya ingin melihat nilai tukar rupiah!

7. Skyscanner

Tiket pesawat ke luar negeri itu kadang harganya tergantung keberuntungan. Meskipun udah booking jauh-jauh hari, bisa aja harganya tetap selangit. Nah, melalui aplikasi Skyscanner kamu bisa booking tiket pesawat internasional dengan harga yang lebih murah daripada ketika kamu booking dengan aplikasi lokal. Sekarang Skyscanner juga ada versi Indonesia-nya lho! Jadi akan lebih gampang. Nggak hanya booking tiket pesawat, tapi kamu juga bisa digunakan untuk booking hotel dan sewa mobil. Nah, udah nggak perlu khawatir lagi deh ke sana ke marinya!

Selain memudahkan, ketujuh aplikasi di atas juga bisa diunduh secara gratis di Play Store atau AppStore. Anggap aja aplikasi-aplikasi tersebut asisten pribadi kita yang membantu kita biar lebih matang dalam merencanakan perjalanan dan pastinya nggak lebih repot. Meskipun udah ada aplikasi, kamu juga nggak bisa sepenuhnya mengandalkan teknologi sampai lupa menikmati perjalanan. Kamu juga bisa bertanya kepada orang-orang setempat atau mencoba go show aja! Yang penting, pastikan setiap perjalanan kamu selalu seru ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
730SHARES