5 Wisata Alam Jakarta yang Cocok buat Isi Waktu Liburanmu Bersama Keluarga

01 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Jakarta gudangnya seribu satu permasalahan. Mulai dari banjir, macet, hingga kejahatan yang semakin hari kian meresahkan. Tentunya, bagi para pekerja, terutama yang bekerja di Jakarta, kemacetan adalah momok yang sangat menakutkan. Gara-gara macet, kita sulit untuk datang tepat waktu mengingat kemacetan di Jakarta yang terkadang sulit untuk ditebak. Kalau udah begitu, siapa yang patut dipersalahkan? Kemacetannya? Salah! Kita sebagai pengguna jalanlah yang mesti disalahkan. Tapi, yang lebih salah lagi sih berbagai kebijakan dari pemerintah yang hingga saat ini belum bisa menyelesaikan persoalan klasik seperti ini. Ups! Udahan ah main salah-salahinnya.

Berbicara tentang Jakarta, kayaknya sulit banget buat mendapatkan ruang hijau yang teduh untuk kita bisa bersantai. Namun ternyata, ada beberapa lokasi wisata alam Jakarta yang patut banget buat kamu kunjungi untuk menghilangkan rasa penatmu setelah lelah bekerja plus bermacet-macet ria.

Nah, wisata alam mana saja yang bakalan direkomendasikan oleh YuKepo buat kamu? Langsung aja kita simak bareng-bareng. Yuk, main!

1. Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng memiliki lebih dari 4000 pohon yang rindang dengan 60 varietas. Terletak di Jalan Haji Kelik, Jakarta Barat, wisata alam yang satu ini memiliki fasilitas yang cukup baik. Mulai dari arena bermain anak, lintasan buat jogging, danau, hingga pusat jajanan selera rakyat alias pujasera. Danau yang terdapat di tempat ini pun bisa digunakan untuk kegiatan memancing, lho. Selain itu, fasilitas umum yang ada di sini juga cukup menunjang, seperti musala, lahan parkir, dan juga toilet. 

2. Setu Babakan

Di sini, para pengunjung akan lebih diperkenalkan oleh budaya Betawi secara lebih dekat. Misalnya saja rumah adat serta baju adat milik suku asli Jakarta ini. Kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Betawi, seperti karedok hingga laksa. Tepian dari Setu Babakan pun menjadi spot yang cukup populer di kalangan wisatawan. Nah, pada waktu tertentu, akan ada pertunjukkan seni budaya Betawi, lho, di sini. Biasanya pengunjung tidak dikenai tarif masuk. Kamu hanya dikenai biaya parkir sebesar 2 ribu hingga 5 ribu rupiah. Jadwalnya? Setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore. Lokasi? Setu Babakan terletak di Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

3. Museum Tengah Kebun

Kamu tidak akan dipungut biaya sepeser pun untuk dapat masuk ke museum ini. Namun, kamu nggak bisa sendirian buat dapat memasuki museum karena pihak museum mewajibkan kamu untuk datang bersama rombongan minimal 7 orang dan maksimal 12 orang. Selain itu, kamu arus memberi tahu pihak museum dari jauh-jauh hari jika ingin datang mengunjungi museum.

Di sini kamu bisa melihat banyak benda antik. Mulai dari fosil pohon berusia 248 juta tahun masehi dari masa Triassic yang ada di Pulau Jawa hingga fosil kerang berusia 230 juta tahun masehi dari masa Jurassic yang ada di Maroko. Total ada sekitar 2814 koleksi yang ada di dalam rumah seluas 700 meter persegi milik Sjahrial Dalil ini. kesemua koleksi terbesar luas di area kebun seluas 3500 meter persegi. Lokasi? Museum ini berada di Jl. Kemang Timur Raya No. 66, Jakarta Selatan.

4. Hutan Mangrove PIK

Selain sejuk, Hutan Mangrove PIK ini juga cocok buat arena wisata bersama keluarga. Suasananya yang asri dengan banyaknya rerimbunan mangrove membuat kamu bakalan betah deh buat berlama-lama di sini. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu hindari ketika mengunjungi tempat ini. Hindari untuk membawa kemera DSLR atau kamera lainnya karena kamu bakalan mendapatkan denda sebesar RP1 juta bahkan lebih karena pihak pengelola hanya membolehkan para pengunjung untuk memotret dengan menggunakan kamera ponsel.

Di sini, kamu juga bisa belajar untuk menanam mangrove, lho. Kamu tinggal mengikuti short course dengan membayar Rp150 ribu untuk tiap proses pembelajarannya. Kalau kamu ingin nama kamu terpampang sebagai penanam dari pohon mangrove yang kamu tanam, kamu perlu membayar RP500 ribu untuk hal tersebut. Lokasi wisata yang berada Jalan Garden House, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara ini buka pada pukul 7 pagi dan tutup pada pukul 6 sore. 

5. Pulau Tidung

Siapa yang tak kenal dengan pulau yang satu ini? Pulau Tidung menjadi salah satu tempat favorit dari para wisatawan yang ingin berlibur di Jakarta. Pulau yang terletak di Kepulauan Seribu ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu, fasilitas yang terdapat di sini juga bisa dibilang lengkap. Nah, Pulau Tidung ini sendiri terbagi atas dua, yakni Tidung Besar dan Kecil. Kedua pulau tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan yang dinamakan Jembatan Cinta. Mitosnya sih jika pasangan melompat ke air dari jembatan tersebut, maka hubungannya akan langgeng gitu deh. 

Itu dia lima rekomendasi wisata alam yang ada di Jakarta buat kamu yang ingin berlibur. Ternyata di Jakarta banyak juga ya wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Jadi, kapan kamu mau pergi ke sana nih?

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES