5 Tempat Wisata Dunia yang Berubah Akibat Ulah Norak Turis. Jadi Nggak Seindah Dulu!

14 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Di dunia ini, ada banyak tempat wisata bersejarah yang bisa kamu kunjungi. Tapi jangan harap bahwa situs bersejarah tersebut penampakannya persis dengan yang ada di jaman dahulu kala karena kini semuanya telah berubah akibat kelakuan turis.

Banyak wisatawan yang nggak ngerti gimana jadi pengunjung yang baik dan sopan sehingga beberapa tempat wisata di bawah ini harus menelan pil pahit: warisan sejarahnya telah berubah akibat ulah manusia yang sok kekinian. Check it out!

1. Piramida Giza di Mesir yang nggak semegah dulu lagi

Salah satu dari tujuh keajaiban yang asli, hanya Piramida Agung Giza-lah yang tersisa. Tentu jaman Mesir Kuno dulu nggak akan kepikiran kalau makam rajanya akan menjadi tempat wisata di masa depan. Saat ini kawasan piramida ini nggak semegah dulu.

Banyaknya wisatawan yang memanjat secara ilegal. Bangunan piramidanya, Sphinx, dan bangunan bersejarah lainnya nggak sekokoh dulu. Bahkan ada bangunan yang nggak bisa diperbaiki seperti sedia kala. Sedihnya, kawasan piramida di Mesir dikabarkan nggak akan bertahan lama jika para turis tetap nggak menjaga perilakunya di kawasan tersebut.

2. Machu Picchu di Peru yang ada larangan untuk nggak telanjang

Tahukah kamu bahwa sekarang ada peringatan “Dilarang Telanjang di Sini” di kawasan wisata Machu Picchu? Dulunya sih nggak ada, tapi entah kenapa banyak turis yang berperilaku yang nggak-nggak saat di kawasan wisata ini. Pengelola kawasan Machu Picchu pun harus memberlakukan aturan yang sbenarnya nggak perlu, bahkan harus ditulis di belakang setiap tiket masuk. Tren turis kayak gini akan mengancam keberlangsungan warisan budaya masyrakat Peru. Siapapun yang pertama kali memicu ide gila kayak gini, nggak sepatutnya diikuti apalagi tempat ini dianggap suci oleh sebagian besar warga negara Peru.

3. Venesia di Italia yang macet di perairannya

Dulu, Venesia adalah kota kecil yang indah. Ibaratnya Venesia adalah desa cantik yang populer di Italia karena pemandangannya yang unik. Tapi kini Venesia adalah tempat wisata yang paling didambakan oleh wisatawan mancanegara.

Selama musim puncak, kota terapung yang indah ini dikunjungi lebih dari 80.000 turis per hari, sehingga padat di mana-mana. Bahkan, beberapa tempat wisata utama jadi nggak bisa diakses. Parahnya lagi, banyak wisatawan yang datang ke Venesia dengan kapal pesiar yang membuat lalu lintas di jalur air jadi berantakan dan macet. Ternyata di air bisa macet juga ya dan ini gara-gara turis. Ckckck.

4. Angkor Wat di Kamboja yang penuh dengan coretan grafiti

Dengan bangga ditampilkan di bendera Kamboja, kuil kuno ini menawarkan arsitektur Khmer bergaya klasik dan merupakan salah satu daya tarik utama negara ini. Sementara uang dari pariwisata digunakan untuk memperbaiki struktur bangunan, ada penyebab utama kehancuran Angkor Wat yang sulit dihentikan. Apalagi kalau bukan ulah turis.

Bukan hanya dari jejak kaki di lantai, banyak grafiti yang merusak dinding. Jika pemerintah tidak mengambil tindakan untuk membatasi turis, situs warisan dunia ini bisa aja hancur dalam waktu dekat. Lagian, ngapain sih ke Angkor Wat bawa-bawa cat semprot dan bikin graffiti?

5. British Museum di Inggris yang koleksinya dipegang sembarangan

Meskipun terletak di negara maju, bukan berarti Inggris luput dari turis-turis norak yang nggak tahu aturan. Baru-baru ini, British Museum mengampanyekan untuk nggak sembarangan dalam memegang benda-benda bersejarah yang dipamerkan di museum tersebut. pernah ada kejadian anak-anak yang meraba bagian payudara patung Ratu Mesir yang udah berusia 3500 tahun, memanjat artefak berharga, hingga membuang sampah di sarkofagus! Duh, norak banget ya? Bahkan banyak turis dewasa yang melakukan pelecehan ke pengunjung lain di keramaian. Kalau udah kayak gini, seisi museum jadi rusak semua deh!

Itu tadi tempat-tempat wisata yang banyak berubah karena ulah turis. Padahal kalau turis-turis itu nggak norak, pasti kelestariannya lebih terjaga. Please, kalau pergi ke mana pun jangan norak ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES