5 Taman Nasional di Indonesia ini Populer Banget di Mata Dunia. Jelajahi Yuk!

26 Agustus 2017
|Olphi Disya

Negara kita memiliki ragam pesona yang tak ada habisnya. Salah satunya adalah potensi wisata dari taman nasional. Konon, Indonesia memiliki lebih dari 50 taman nasional yang terbagi atas konservasi alam, situs warisan dunia, perairan, dan sebagainya. Nah, berikut ini YuKepo merangkum 5 taman nasional unik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Karena kepopulerannya sudah diakui sama dunia. Kemasi ranselmu dan rencanakan liburanmu di kelima taman nasional berikut ini!

1. Melihat langsung habitat asli hewan purbakala di Taman Nasional Komodo

Terletak di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Komodo yang namanya telah mendunia ini membuat takjub siapapun yang mengunjunginya. Di sinilah habitat hewan asli purbakala Indonesia yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Taman Nasional Komodo terdiri dari 3 pulau utama, yaitu Pulau Komodo, Rinca, dan Padar serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Habitat komodo ini merupakan panorama yang indah dari sabana, hutan hujan, pantai putih, karang yang indah, dan laut biru bersih.

Nggak hanya menakjubkan di daratan, biota lautnya pun membuat siapapun akan jatuh cinta. Perairan Komodo adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia yang memiliki pemandangan bawah laut dengan 385 spesies karang yang indah, hutan bakau, dan rumput laut sebagai rumah bagi ribuan jenis ikan, spons, lumba-lumba, paus, penyu hijau dan berbagai jenis ikan hiu dan ikan pari. Keren, 'kan?

2. Taman Nasional Bunaken menyimpan sejuta pesona bawah laut yang tak boleh dilewatkan

Bagi kamu pecinta alam bawah laut, belum sah kalau belum ke Taman Nasional Bunaken yang terletak di lepas pantai Sulawesi Utara ini. Air lautnya yang bening, membuat para divers dan pecinta snorkeling betah berlama-lama di bawahnya. Menyaksikan ribuan spesies ikan dan terumbu karang yang cantik bak surga bawah laut yang berwarna-warni. Selain itu, Taman Nasional Bunaken juga menjadi spot terbaik bagi para scuba diving untuk dijelajahi.

Serunya lagi, laut Bunaken tak hanya menyimpan kekayaan biota lautnya, namun juga pemandangan yang tak kalah menarik. Kamu bisa menikmati indahnya pantai di sekitar Taman Nasional Bunaken dan berpindah-pindah dari satu kapal ke kapal lainnya. Jangan lupa juga mampir ke penangkaran penyu, ya!

3. Siap-siap bertemu dengan orangutan yang menggemaskan di Taman Nasional Tanjung Puting

Inilah habitat asli orang utan khas Pulau Kalimantan yang telah tersohor bahkan hingga mancanegara. Terletak di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Taman Nasonal Tanjung Puting ini memang sangat layak untuk dikunjungi. Tak hanya alamnya yang menarik, berkunjung ke sini juga akan menambah wawasan kita akan rehabilitasi orangutan sebagai hewan yang dilindungi.

Kamu bisa menelusuri sungai-sungai yang dikelilingi hutan lebat. Kesunyiannya membuat kamu benar-benar merasa dekat dengan alam bebas. Ada 3 lokasi tempat rehabilitasi orangutan, yaitu di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, dan Camp Leakey yang membuatmu berkesempatan untuk bertemu langsung primata khas Kalimantan. Berlibur ke sini akan membuatmu lebih peka dan semakin menyayangi hewan langka yang menjadi kebanggan Indonesia ini. Siap-siap terharu ketika bertemu dengan orangutan yang sedang sakit, nih.

4. Jadi pengalaman seru yang tak terlupakan kalau ke Taman Nasional Way Kambas

Berdiri sejak tahun 1985, Taman Nasional Way Kambas memang sangat populer sebagai habitat asli Gajah Sumatera. Nggak hanya sebagai tempat penangkaran, taman nasional ini juga sebagai pusat rehabilitasi hingga pusat pelatihan gajah. Bahkan, Taman Nasional Way Kambas memiliki rumah sakit gajah satu-satunya di Indonesia yang dinamai Rumah Sakit Gajah Rubini Atmawidjaja di Lampung Tengah.

Sebagaimananya taman nasional, kawasan ini sangat mendukung pelestarian gajah di lingkungan aslinya. Dilingkupi dengan ekosistem hutan dataran rendah beserta rawa air tawar dan hutan pantai. Tak hanya gajah, kamu pun bisa menjumpai badak di Kuala Kambas atau berkemah di Way Kanan. Kamu akan menyaksikan langsung bagaimana gajah dirawat serta dilatih. Cocok banget nih untuk kamu yang pecinta hewan liar!

5. Taman Nasional Baluran buatmu serasa berlibur ke Afrika, lho!

Dijuluki dengan Africa van Java pada kawasan Savana Bekol, Taman Nasional Baluran memang memiliki daya tarik yang tak ada habisnya. Savana Bekol merupakan padang rumput terluas di Pulau Jawa. Karena hamparan luas dan pemandangannya sangat unik di mana terdapat ragam satwa liar yang berkeliaran bebas di sana, maka dari itu savana ini disebut-sebut sebagai Afrikanya Pulau Jawa.

Terletak di Situbondo, kawasan ini memang memiliki kekayaan alam yang sangat mempesona. Terdapat ratusan jenis tumbuhan, puluhan spesies mamalia dan lebih dari 150 spesies burung. Kamu juga bisa memotret beberapa hewan lain yang sering mencari makan di kawasan Taman Nasional Baluran, seperti banteng, kijang, hingga burung merak. Seru, 'kan?

Gimana? Makin tertarik untuk menyambangi taman nasional yang tersebar di seluruh Indonesia? Kalau favoritmu atau yang ada di daerahmu yang mana nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES