5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Bagasi Hilang di Bandara

06 November 2017
|Olphi Disya
Travel
0SHARES

Perasaan bahagia setelah jalan-jalan akan buyar seketika apabila bagasimu hilang. Udah pasti panik, bingung, dan kecewa. Kok bisa nggak ada ya? Kamu pun nggak tahu harus berbuat apa dan gimana caranya agar bagasimu bisa kembali ke pangkuanmu. Oke, daripada kamu jadi nggak bisa tidur menunggu nasib bagasi, lebih baik kamu ikuti petunjuk berikut ini.

1. Simpan catatan detil penerbanganmu

Pastikan kamu memiliki catatan mengenai maskapai, bandara mana aja yang kamu datangi apabila kamu transit, hingga jam keberangkatan dan tiba. Dengan catatan ini kamu akan lebih mudah untuk melaporkan kehilangan pada bagian Lost and Found bandara di mana kamu merasa kehilangan bagasi. Pastikan juga bagasi yang hilang itu bagasi kabin atau bagasi tercatat yang kamu berikan saat check-in di bandara keberangkatan.

2. Buat laporan kehilangan

Biasanya, ketika kamu melaporkan kehilangan pada pihak bandara, mereka memintamu untuk melampirkan Surat Keterangan Hilang dari kepolisian. Maka dari itu, nggak ada salahnya kamu juga membuatnya dalam waktu 24 jam setelah kejadian ke pihak kepolisian. Memang sih ribet, tapi kamu bisa coba ke polisi bandara terdekat dan membuat laporan. Jangan lupa identitas diri dan boarding pass untuk memperkuat bukti laporanmu, ya!

3. Memantau terus informasi bagasimu

Setelah kamu lapor, kamu harus pantau terus nasib bagasimu. Jika dalam waktu tiga hari kabar bagasimu tak kunjung ada kepastian, kamu harus segera melapor ke pihak maskapai penerbangan yang kamu gunakan untuk melacak layanan bagasi di bandara. Kamu juga bisa mendatangi langsung kantor maskapainya. Dan bagasimu akan dinyatakan hilang bila dalam tiga minggu nggak ditemukan. Jadi jangan sampai terlupakan, tuh!

4. Urus klaim bagasi sesegera mungkin

Kalau yang hilang adalah bagai tercatat, kamu bisa mengajukan klaim kehilangan pada maskapai yang kamu gunakan. Sebelum itu, kamu harus membaca dulu prosedur ganti rugi yang dapat diklaim pada pihak maskapai. Hal ini udah diatur dalam perundang-undangan, dan kamu bisa meminta ganti rugi sesuai yang tertera dalam prosedur. Ingat, hanya bagasi yang tercatat ya. Kalau bagasi kabin yang dibawa oleh penumpang sih nggak bisa dikaim.

5. Kalau kamu ada asuransi perjalanan, jangan lupa diklaim juga

Beberapa asuransi perjalanan juga ada yang memberikan layanan atau fitur klaim untuk kehilangan bagasi. Tapi kamu harus mempelajarinya dengan saksama, jangan sampai kamu menuntut klaim kehilangan bagasi padahal paket asuransi yang kamu pilih nggak meng-cover hal tersebut. maka dari itu, pilih dengan baik paket asuransi perjalananmu dan catat atau simpan juga prosedur yang tertera agar lebih mudah saat klaim.

Intinya, jangan keburu panik. Ikuti prosedur dan tanyakan pada pihak bandara atau maskapai kalau ada yang nggak kamu pahami. Semoga bagasimu baik-baik aja, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES