5 Fakta Unik tentang Kutub Utara Ini Bikin Kamu Ingin Segera Ke Sana!

18 Agustus 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Kebayang nggak sih kalau kamu berkesempatan untuk liburan ke Kutub Utara? Bagi kamu yang berjiwa petualang dan punya rasa penasaran yang tinggi, Kutub Utara bisa dijadikan salah satu pilihan destinasi wisata anti-mainstream. Banyak yang belum tahu bahwa ada banyak hal menarik yang ada di Kutub Utara. Bukan hanya hamparan es yang luas, Lingkaran Kutub Utara juga memiliki beragam keunikan yang akan membuatmu berdecak kagum. Penasaran? Yuk, simak lima fakta unik Kutub Utara berikut ini!

1. Kutub utara punya musim juga, kok

Sama seperti di belahan bumi lainnya, suhu di sini cukup bervariasi bergantung pada waktunya dalam setahun. Suhu terpanas di Kutub Utara berada pada bulan Juli, yaitu berkisar 32 derajat. Temperatur pada bulan Februari turun menjadi 31 derajat di bawah nol. Jumlah cahaya setiap hari bergantung pada waktu dalam setahun juga. Alaska serta Norwegia dan negara-negara Lingkaran Arktik lainnya masing-masing menghadapi enam bulan di siang hari bolong dan enam bulan yang hampir mengalami kegelapan total karena hanya bagian sudutlah yang mendapat sinar matahari.

2. Kamu bisa jadikan Kutub Utara sebagai destinasi wisata

Meski terbilang mahal, kamu tetap bisa berpetualang di Kutub Utara. Quark Expeditions menawarkan berbagai macam ekspedisi, mulai dari Penjelajahan Spitsbergen, kapal pesiar sebelas hari di sekitar Pulau Norwegia (mulai dari 4.995 USD per orang), hingga The Ultimate Arktik Adventure yang berlayar dari Rusia ke tempat paling utara di muka bumi, mengunjungi Franz Josef Land, dan mengunjungi Samudera Arktik (mulai dari 23,995 USD per orang). Cobalah untuk pergi ke sana dari bulan Juni sampai pertengahan Juli agar dapat melihat beruang kutub dan perburuan walrus di habitat aslinya. Jika kamu pergi ke sana dari pertengahan Juli sampai pertengahan Agustus, kamu akan dapat melihat bunga dan flora Arktik lainnya tengah bermekaran, atau jika kamu pergi ke sana dari pertengahan Agustus sampai September, kamu akan dapat melihat burung-burung mulai bermigrasi ke arah selatan.

3. Ada kehidupan di Kutub Utara, lho

Ketika kondisinya mungkin dianggap terlalu berat bagi kebanyakan manusia, ada suku Inuit asli yang tinggal di Kanada utara dan Alaska. Di bagian luar Lingkaran Arktik kamu bisa menyaksikan langsung kehidupan alam liar yang berisi beruang kutub, paus Orca, rubah kutub Arktik, dan rusa Svalbard. Konon, ada hewan yang nggak akan kamu lihat di Kutub Utara, yaitu penguin karena umumnya penguin tinggal di Kutub Selatan. Beberapa spesies burung penguin terbang yang disebut auks, guillemots, dan puffins dapat dilihat di sekitaran Arctic Circle.

4. Kutub utara bukanlah tempat terdingin di dunia

Tahukah kamu, meski dengan suhu di bawah 31 derajat, Kutub Utara bukanlah tempat terdingin di bumi, lho. Kutub Selatan (suhu musim dingin rata-rata -76 derajat Fahrenheit) berbeda dengan Kutub Utara. Kutub Selatan memiliki permukaan layaknya selembar es tebal yang ada di atas Antartika. Terletak di lebih dari 9.000 kaki di atas permukaan laut, Antartika juga merupakan benua tertinggi di dunia. Sementara itu, Kutub Utara terdiri dari lapisan es Arktik tipis yang berada hampir di atas permukaan laut. Hal inilah yang memungkinkan kawasan Kutub Utara menyerap panas dari Samudera Arktik lebih besar daripada Kutub Selatan.

5. Ada pemandian air panas di sana

Jika kamu berada di Lingkaran Kutub Utara yang dingin, kamu harus menemukan cara untuk mendapatkan kehangatan. Chena Hot Springs yang terletak sekitar satu jam di luar Fairbanks, Alaska, memiliki sumber panas bumi alami di sebuah danau batu yang dikelilingi oleh pemandangan alam. Selain berendam air hangat, sumber mata air panas yang buka dari pukul 7 pagi sampai tengah malam ini akan menyuguhkanmu pemandangan Aurora Borealis yang keren (paling keren dilihat antara bulan Agustus dan Mei). Sejumlah sumber air panas juga dapat ditemukan di Kepulauan Svalbard Norwegia, di Islandia (Sumber Air Panas Landmannalaugar yang terkenal), dan di Rusia-Scientific American, sumber air panas di Oymyakon, Siberia, kota terdingin di bumi.

Kutub Utara memang menjadi tempat yang nggak biasa buat dikunjungi oleh orang-orang. Butuh persiapan fisik dan mental yang ekstra agar bisa bertahan hidup selama berpetualang ke sana dan yang pasti, butuh membawa banyak uang karena dipastikan akan sulit menemukan ATM di sana!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES