5 Bahaya Snorkeling yang Dapat Mengancam Keselamatanmu

24 Maret 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
71SHARES

Menyelami keindahan bawah laut merupakan pengalaman yang luar biasa. Berenang bersama ikan-ikan sambil menikmati pesona dari terumbu karang menjadi hal yang gak akan terlupakan. Namun, jika kamu tidak berhati-hati ketika menyelam, maka bisa saja nyawamu akan terancam. Terutama ketika bersnorkeling tanpa adanya pendampingan dari tenaga profesional. Mungkin bagi yang sudah mahir, menyelam adalah sebuah kebiasaan.

Namun, bagi mereka yang baru pertama kali melakukan kegiatan ini, ada beberapa hal yang wajib diketahui agar tidak membahayakan keselamatanmu saat menyelam. Apa saja itu? Yuk, kita salami bareng-bareng!

1. Menyelam hingga di luar batas

Berenang bersama ikan-ikan di laut memang menyenangkan. Namun, jangan sampai kamu terlena sehingga keluar dari batas zona aman. Kenapa? Karena bisa jadi di luar zona tersebut terdapat bahaya yang mungkin bisa saja mengancam keselamatanmu. Oleh karena itu, tetap perhatikan posisi di mana kamu berada.

2. Menahan nafas terlalu lama

Salah satu cara agar waktu menyelam yang kita dapatkan adalah kemampuan menahan nafas yang cukup lama di dalam air. Memang bagus jika kamu kuat menahan nafas berlama-lama. Namun, jangan pernah memaksakan dirimu ketika nafasmu sudah tinggal sedikit lagi. Lebih baik kamu kembali ke permukaan untuk sekadar mengambil nafas sebelum kembali menyelam ke dasar laut.

3. Memegang biota laut

Meskipun kamu orangnya tuh serba penasaran dengan apa yang kamu lihat, tapi jangan pernah coba-coba untuk memegang biota yang ada di laut lepas. Karena bisa jadi biota laut yang kita pegang mengandung racun yang sangat mematikan. Misalnya saja ikan batu yang racunnya dapat membunuh kamu dalam sekejap mata.

4. Panik saat menyelam

Ketika tengah menyelam dan kamu menyadari ada sesuatu yang tidak beres dengan peralatan menyelammu, cobalah untuk tetap bersikap tenang. Jangan sampai kamu panik karena kepanikanmu malah akan membuat situasi semakin runyam. Jadi, ketika ada yang tidak beres, usahakanlah untuk tetap tenang sambil kamu berenang ke permukaan.

5. Tidak memakai pelampung

Bagi yang sudah mahir berenang, tak ada pelampung bukan menjadi hambatan bagi mereka untuk menyelam. Namun, bagi mereka yang tidak bisa berenang dan baru pertama kali melakukan kegiatan snorkeling, sangat disarankan untuk tetap memakai pelampung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu yang baru pertama kali mencoba snorkeling bisa melatih kemampuanmu dengan mengunjungi Karimunjawa yang ada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kenapa? Karena di sini, lautnya terkenal dengan ombaknya yang sangat teramat tenang dan bahkan tidak berombak.

Itu dia lima hal yang dapat mengancam keselamatanmu ketika bersnorkeling. Jadi, jika kamu memutuskan untuk mencoba kegiatan seru yang satu ini, kamu sudah harus mempersiapkan segalanya sebelum terjun ke lapangan. Biar lancar semuanya. Oke oke?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
71SHARES