10 Tips Aman Lewati Pemeriksaan di Bandara. Nggak Deg-degan Lagi, Deh!

06 September 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Bagi kamu yang akan berpergian dengan menggunakan pesawat, tentu akan melewati serangkaian pemeriksaan di bandara. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan, ketertiban, hingga keselamatan selama di bandara hingga memasuki pesawat terbang.

Tapi terkadang, proses pemeriksaan bandara ini cukup ribet dan memakan waktu yang lama. Nah, biar kamu bisa melewati pemeriksaan bandara dengan aman, nyaman, dan sejahtera kamu bisa ikuti tips berikut ini, ya!

1. Pilih jalur antrean paling cepat

Sebelum masuk, kamu bisa memantau terlebih dulu mana jalur antrean yang paling cepat. Kalau bisa, hindari mengantre di belakang lansia, anak-anak, atau yang membawa banyak barang karena biasanya mereka lebih lama melewati pintu pemeriksaan.

2. Lepas ikat pinggang

Metal detector akan mendeteksi berbagai jenis benda-benda logam, tak terkecuali ikat pinggang. Maka dari itu, sebelum mengantre, kamu bisa melepas ikat pinggangmu dulu dan masukkan ke dalam tas kecil sehingga mudah dipakai kembali.

3. Lepas perhiasan logam

Perhiasan yang terbuat dari logam pun tentu tak luput dari pemeriksaan metal detector. Perhiasan yang berbahan logam seperti emas, perak, dan sebagainya akan disuruh lepas oleh petugas bandara. Tapi hati-hati jangan sampai ketinggalan, ya.

4. Lepas aksesori tubuh berbahan logam

Hampir sama dengan perhiasan logam, benda-benda kecil yang mungkin luput dari penglihatanmu seperti kunci hingga uang logam pun wajib dilepaskan. Maka dari itu aksesori seperti jam tangan di tubuhmu sebaiknya udah clear dari bahan-bahan logam.

5. Lepaskan jaket dan masker saat melewati pintu pemeriksaan

Kalau kamu pakai jaket dan masker saat masuk pintu pemeriksaan, sebaiknya kamu langsung lepaskan. Kecuali kamu berhijab dan mengenakan pakaian dalam lengan pendek, biasanya diminta untuk menunjukkan apakah jaketmu bisa dilepas atau nggak.

6. Gunakan tas kecil untuk menyimpan paspor dan smartphone

Selalu siapkan tas kecil, entah itu berbentuk tas selempang atau tas pinggang yang berfungsi untuk menyimpan paspor, boarding pass, dompet, dan smartphone kamu. Tas kecil akan memudahkan kamu untuk mengambil barang-barang yang kamu butuhkan tanpa perlu membongkar tas besarmu lagi.

7. Jangan bawa benda terlarang ke dalam kabin

Sebenarnya sudah ada peraturan benda apa saja yang nggak boleh kamu bawa ke dalam kabin. Seperti benda tajam, cairan dalam botol besar, benda berbau tajam, dan yang memicu kebakaran atau berbau. Oleh karena itu, kamu juga harus selalu patuhi aturan ini, ya!

8. Kalau nggak bawa tas kecil, manfaatkan baki atau nampan yang disediakan

Gimana kalau kamu nggak punya tas kecil? Tenang, kamu bisa memanfaatkan baki atau nampan yang disediakan sesaat akan memasukkan barang-barangmu ke mesing x-ray. Pastikan kamu teliti dalam mengambil kembali barang-barang berhargamu jangan sampai ada yang tertinggal.

9. Masukkan tas terlebih dahulu sebelum melewati walkthrough

Masukan barang bawaanmu satu per satu ke dalam mesin x-ray. Pastikan semuanya udah di atas lajur mesin x-ray. Barulah kamu bisa melewati walkthrough yang dilengkapi metal detector untuk selanjutnya kamu yang akan diperiksa.

10. Jangan mengeluarkan lelucon apapun saat pemeriksaan

Nah, ini terlihat sepele, tapi penting banget bagi kelanjutan dan masa depan kamu. Jangan pernah mengeluarkan lelucon apapun saat pemeriksaan, seperti:

“Saya bawa bom lho, Pak. Tapi bentuknya bom-bom car. Hehehe”

...kalau kamu nggak mau berakhir di penjara. Lebih lengkapnya kamu bisa tonton video di atas, ya!

Nah, itu tadi adalah tips aman melewati pemeriksaan bandara. Yang penting, patuhi peraturannya dan selalu waspada akan barang bawaanmu, ya. Have a safe flight!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES