10 Gedung Parlemen Termegah dari Berbagai Negara Ini Bakal Bikin Kamu Terkesima

18 Juni 2017
|Olphi Disya

Kalau kamu pernah jalan-jalan lewat Senayan, Jakarta, mungkin kamu akan melihat gedung parlemen negara kita. Tapi apakah gedung parlemen kita adalah yang paling megah? Ternyata, di luar sana ada gedung-gedung parlemen termegah lainnya lho. Siap-siap terkesima ya dengan gedung-gedung parlemen dari beberapa negara berikut.

1. The Hungarian Parliament, Budapest, Hungaria

Gedung Parlemen Hungaria adalah salah satu gedung parlemen paling megah di dunia. Terletak di tepi Sungai Danube, gedung ini adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Budapest. Dibangun pada tahun 1885 dan selesai pada tahun 1904.

2. The Palace of Westminster, London, Inggris

Terletak di tepi sungai Thames, memang sangat indah dan besar pula. Jika kamu melihatnya dengan saksama, itu akan memberi nuansa seni dan arsitektur abad ke-19 ketika banyak budaya mengambil bentuk baru.

3. The Capitol, Washington DC, Amerika Serikat

Capitol merupakan tempatnya Kongres Amerika Serikat yang identik dengan warna putih sejak bangunan itu didirikan. Terkenal dengan sebutan gedung putih atau White House, monumen yang megah ini mulai dibangun pada tahun 1793 dan selesai pada tahun 1800.

4. The Reichstag, Berlin, Jerman

Reichstag adalah tempat pertemuan parlementer di negara tersebut, dan telah berdiri sejak tahun 1999. Bangunan arsitektur kontemporer namun vintage ini adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Jerman, terutama karena terdapat kubah kaca.

5. Centre Block, Ottawa, Kanada

Gedung Parlemen Kanada terletak di Ottawa, Ontario, dan memang menjadi salah satu gedung parlemen paling indah di dunia, terutama karena menara jam di tengahnya, yang berdiri terlalu tinggi untuk melihatnya dalam sekejap.

6. The Secretariat Building, New Delhi, India

Dibangun pada tahun 1910 untuk berbagai kegiatan administrasi negara, gedung sekretariat di New Delhi, India, ibarat sebuah istana. Bangunan yang indah ini memiliki area yang sangat luas dengan rumput hijau dan danau air mancur. 

7. Binnenhof, Den Haag, Belanda

Binnenhof di Belanda adalah bangunan parlemen tertua di dunia yang masih digunakan. Gedung ini dibangun sekitar abad ke-13 dan menjadi tempat sentral untuk melaksanakan kegiatan politik Republik Belanda sejak tahun 1584 dan juga menjadi tempat perdana menteri. 

8. The Palace of Parliament, Bucharest, Rumania

Istana Parlemen di Bucharest adalah salah satu gedung parlemen yang paling menarik di dunia karena konstruksinya. Merupakan bangunan sipil terbesar di dunia yang digunakan untuk fungsi administratif. Pembangunannya dimulai pada tahun 1984 dan berakhir pada tahun 1997.

9. Houses of Parliament, Cape Town, Afrika Selatan

Gedung parlemen yang terletak di Cape Town ini memiliki tiga bagian yang dibangun pada waktu yang berbeda. Yang pertama dibangun pada akhir abad 19, yang kedua di tahun 1920, dan bagian akhir dibangun pada tahun 1980.

10. Beehive, Wellington, Selandia Baru

Beehive di Selandia Baru mulai dibangun pada tahun 1969 dan selesai pada tahun 1989. Bentuk bangunan ini seperti sarang lebah, makanya dinamakan begitu. Kayaknya bangunan setinggi 236 kaki ini memang pantas disebut sebagai gedung parlemen dengan desain terkeren ya.

Gimana? Tertarik untuk berkunjung ke gedung-gedung parlemen itu? Atau pengen coba bekerja di sana? Yang pasti gedung-gedung parlemen ini memiliki keindahan serta keamanan yang ketat banget. Meskipun beberapa ada yang dijadikan tempat wisata tapi kamu nggak bisa sembarangan berfoto ria di sini lho.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES