10 Destinasi Wisata Indonesia Ini Mirip Banget dengan yang Ada di Luar Negeri!

27 Januari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi

Siapa sih yang nggak kepengen buat jalan-jalan ke luar negeri? Tentu saja itu merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa yang mungkin gak semua orang bisa dapetin. Melihat berbagai pemandangan yang nggak bisa kita temukan di dalam negeri menjadi memori yang sangat indah untuk dikenang selama hidup.

Namun, seiring dengan perjalanan waktu dan juga pembangunan yang terus menerus dilakukan oleh pemerintah, infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia pun terus mengalami kemajuan. Dewasa ini pun banyak dijumpai destinasi wisata lokal yang tentunya nggak kalah sama yang ada di luar negeri.

Tapi, jika kamu ngotot pengen ngerasain untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang ada di luar negeri, kamu mungkin bisa cobain sepuluh destinasi lokal yang ada di Indonesia, tapi juga ada di luar negeri. Lho, kok bisa? Iya, bisa! Karena kesepuluh destinasi wisata ini mirip banget dan hampir nggak ada bedanya dengan yang ada di luar negeri. Wah, kalau begini sih mendingan jalan-jalan keliling Indonesia aja deh! Ya, kan? Nah, destinasi wisata apa saja sih yang dimaksud oleh YuKepo itu? Langsung aja deh kita kepoin bareng-bareng. Yuk, kepo!

1. Brown Canyon vs Grand Canyon

Amerika Serikat dikenal memiliki banyak sekali destinasi yang menakjubkan. Salah satunya adalah Grand Canyon yang ada di utara Arizona ini. Namun, kalau kamu nggak punya budget buat ke sana, lebih baik kamu pergi ke Semarang. Kenapa? Soalnya di sana ada tuh tempat yang mirip banget sama Grand Canyon. Namanya adalah Brown Canyon!

2. Masjid Agung Semarang vs Masjid Nabawi

Masih di wilayah Semarang, kali ini ada yang namanya Masjid Agung Semarang. Nah, lho? Kenapa tempat ibadah umat Islam ini dibawa-bawa ke sini? Iyap! Soalnya, masjid kebanggaan masyarakat Semarang ini mirip banget sama Masjid Nabawi yang ada di Arab Saudi. Wah, wisata rohani kamu bakalan indah banget nih kalau mengunjungi tempat ini. Ya, meskipun memang tak seindah jika kita mengunjungi Masjid Nabawi.

3. Patung Yesus Toraja vs Christ the Redeemer

Masih tentang wisata rohani, kali ini datang dari Tana Toraja, Ada apa sih di sana? Di sana ada banyak banget pemandangan alam yang cukup menakjubkan. Salah satu ikon di sana adalah sebuah patung Yesus tertinggi yang ada di dunia. Kalau dilihat, patung Yesus ini mirip sekali dengan patung Christ the Redeemer yang ada di Rio de Janeiro, Brazil. Benar? Nah, tinggi patung yang ada di Tana Toraja ini mencapai 40 meter, lho, sedangkan tinggi dari patung yang ada di Brazil hanya 38 meter. 

4. Gua Gong vs Gua Phong Nha

Kali ini kita jalan-jalan ke Pacitan dengan mengunjungi gua terbesar yang ada di Asia Tenggara, yakni Gua Gong. Di dalam gua ini, kita bisa melihat beragam stalaktit dan stalaknit yang menggantung di langit gua serta berbagai gemerlap lampu yang ada di dalamnya. Nah, ternyata gua ini mirip banget sama Gua Phong Nha yang ada di Vietnam sana, lho. Menurutmu, kerenan yang mana nih?

5. Taman Nasional Baluran vs Savana Afrika

Ketika kita mendengar kata “Afrika”, maka yang terbesit dalam pikiran kita adalah sebuah padang yang luas di mana ada padang pasir dan juga padang rumput di beberapa wilayah. Selain itu, kita juga bisa membayangkan banyak sekali hewan-hewan liar yang tengah berlarian di padang savana tersebut. Nah, gambaran pemandangan tersebut ternyata dapat kamu temukan juga di Taman Nasional Baluran yang ada di Propinsi Jawa Timur ini, lho!

6. Pasar Terapung Kuin vs Bangkok Floating Market

Pernah nonton iklan di salah satu stasiun televisi yang menggambarkan para pedagang tengah menjajakan dagangannya di atas perahu? Nah, nyatanya peristiwa jual beli tersebut benar adanya dan itu terdapat di Pasar Terapung Kuin yang ada di Banjarmasin. Selain di Pasar Terapung Kuin, pasar semacam ini juga ada di Pasar Terapung Lok Baintan. Keunikan pasar ini ada juga di Thailand dengan nama Bangkok Floating Market. Jadi, nggak perlu jauh-jauh ke Bangkok buat belanja di pasar semacam ini. Cukup dengan pergi ke Banjarmasin, kamu udah bisa tuh belanja di atas perahu yang terapung di atas sungai.

7. Patung Budha tidur Mojokerto vs patung Budha Tidur Wat Pho

Kalau kamu mengunjungi Thailand, kamu pasti nggak akan melewatkan salah satu destinasi wisata berupa keindahan dari patung Budha tidur Wat Pho. Nah, ternyata di Indonesia juga ada patung yang seperti ini, lho. Terletak di Mojokerto, Jawa Timur, patung budha kebanggaan masyarakat Mojokerto tersebut memiliki panjang 22 meter dan lebar 6 meter serta tinggi 4,5 meter yang menjadikan patung tersebut sebagai patung sleeping Budha terbesar ketiga di dunia setelah Thailand dan Nepal.

8. Punthuk Setumbu vs Bagan

Keindahan sunrise yang ada di Punthuk Setumbu, Magelang sama persis dengan keindahan sunrise yang ada di Bagan, Myanmar. Terletak di Desa Karangrejo, Magelang, lokasi dari Punthuk Setumbu ini disebut oleh para wisatawan dengan sebutan Nirwana Sunrise Phutuk Setumbu. Benar-benar keren sih ini keduanya!

9. Monumen Simpang Lima Gumul vs Arc De Triomphe

Nggak usah jauh-jauh ke Paris, Prancis, buat menikmati pemandangan dari Arc De Triomphe. Di Indonesia juga ternyata ada bangunan yang seperti itu, lho. Namanya Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri. Nah, kalau Arc De Triomphe dibangun untuk menghormati para pejuang yang telah bertempur dan gugur di medan perang, kalau Monumen Simpang Lima Gumul dibangun karena terinspirasi dari kisah Raja dari Kerajaan Kediri yang bernama Jongko Joyoboyo yang ingin menyatukan lima wilayah yang ada di Kabupaten Kediri.

10. Raja Ampat vs Phi Phi Island

Raja Ampat yang terletak di Propinsi Papua ini memang memiliki keindahan tebing bercampur laut yang sungguh memesona. Keindahan dari Raja Ampat ini ternyata dimiliki juga oleh Phi Phi Island yang ada di Thailand. Nah, daripada kamu ke Thailand, mending juga ke ujung timur Indonesia ini. Dijamin selain pemandangan alam yang ditunjukkan oleh tempat tersebut, kamu juga bisa merasakan keindahan dari budaya masyarakat setempat.

Nah, itu dia sepuluh destinasi wisata di Indonesia yang mirip banget dengan yang ada di luar negeri. Eh, apa kebalik yaa yang di luar negeri yang mirip sama yang ada di Indonesia? Hahaha. Pokoknya, Indonesia itu sangat kaya dan kamu nggak akan merasa menyesal deh untuk mengunjungi pesona alam dan budaya yang ada di bumi pertiwi ini. Malah kamu bakalan ngerasa bersyukur banget karena bisa tinggal di Indonesia. Gak percaya? Silakan buktikan sendiri!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
SHARES