Yummy! 7 Camilan Lezat Berbahan Dasar Singkong Ini Pas di Lidah Orang Indonesia

07 Juli 2018
|Reza Pratama
3.9 KSHARES

Tentu masyarakat kita sudah sangat akrab dengan makanan merakyat yang satu ini. Singkong atau ketela adalah makanan yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian. Mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, singkong di beberapa wilayah di Indonesia menjadi makanan pokok pengganti nasi. Meski sering dicap sebagai makanan desa, tetapi kenikmatannya tak bisa dipungkiri lagi. 

Umbi-umbian yang bertekstur keras ini ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam kudapan lezat. Menjadi sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, singkong biasanya diolah dengan cara digoreng dan direbus. Namun selain kedua cara tersebut, masih ada beberapa olahan singkong yang tak kalah nikmat. Kira-kira bisa diolah menjadi makanan apa saja ya? Berikut 7 makanan lezat berbahan dasar singkong.

1. Sate Cenil

Nggak cuma sate ayam dan kambing, ternyata ada juga sate cenil yang bercita rasa manis dan gurih. Berbentuk bulat kecil dan berwarna-warni, biasanya cenil ditaburi parutan kelapa di atasnya sebagai penambah rasa gurih. Cenil merupakan salah satu jajanan pasar yang kini keberadaannya sudah mulai jarang ditemui. 

2. Comro

Makanan yang berasa dari tanah Sunda ini memang menjadi salah satu jajanan legendaris yang masih digemari banyak orang sampai saat ini. Comro sendiri merupakan akronim dari bahasa Sunda yang berarti "Oncom di jero" atau bahasa Indonesianya "Oncom di dalam". Comro bisa kamu temukan di tukang gorengan. 

3. Getuk

Terlihat empuk seperti puding, getuk begitu populer di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Getuk terbuat dari singkong yang direbus dan ditumbuk halus. Biasanya diberi taburan kelapa di atasnya. 

4. Misro

Saudara kembar dari comro, misro juga merupakan akronim dalam bahasa Sunda yang berarti "Amis di jero" atau bahasa Indonesianya "Manis di dalam". Rasa manisnya sendiri berasal dari gula merah yang berada di dalam adonan singkong. 

5. Tape

Bagi warga Jawa Barat pasti nggak asing dengan makanan manis yang satu ini. Tape atau peuyeum merupakan hasil dari olahan singkong yang difermentasi menggunakan ragi. Teksturnya yang empuk dengan rasa manis dan sedikit asam membuat tape menjadi makanan favorit banyak orang. 

6. Sawut

Olahan singkong yang satu ini mungkin sudah mulai jarang terlihat keberadaannya. Cara pembuatan sawut sendiri adalah dengan memarut singkong. Hasil parutannya pun dibuat kasar menyerupai serabut. Tetapi soal rasa, bakal bikin kamu nggak berhenti ngemut. 

7. Lemet

Lemet merupakan makanan khas Sunda yang dibuat dari parutan singkong, gula merah, dan kelapa. Dari bentuknya mungkin sedikit terlihat seperti lemper, karena sama-sama dibungkus menggunakan daun pisang. 

Gimana, menurutmu? Dari penampilannya saja sudah terlihat enak. Mungkin bagi sebagian anak muda, masih begitu asing dengan jajanan-jajanan di atas. Walaupun sudah mulai langka, kamu masih bisa menemukan jajanan singkong di pasar-pasar tradisional. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
3.9 KSHARES