Yuk Hidup Sehat dengan 7 Manfaat Hebat dari Daun Kelor Ini!

07 Agustus 2017
|Robertus Ari

Daun kelor sudah dikenal lama sebagai tanaman obat yang kaya akan nutrisi. Bahkan, masyarakat Mesir kuno telah menggunakan minyak kelor untuk mengobati lebih dari tiga ratus macam penyakit. Pada tahun 1999, seorang peneliti bernama Fuglie L.J. memublikasikan hasil penelitiannya mengenai tanaman kelor dalam buku yang berjudul “The Miracle Tree: Moringa oleifera: Natural Nutrition for the Tropics”. Dalam bukunya tersebut, ia menyebutkan bahwa daun kelor ternyata mengandung kadar nutrisi yang tinggi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, mineral kalsium, zat besi, kalium, dan protein yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh manusia. Tidak hanya itu, daun kelor juga mengandung lebih dari empat puluh antioksidan.

Kalau kamu penasaran apa saja khasiat hebat daun ini, YuKepo telah merangkum segudang manfaat daun kelor yang baik untuk kesehatan kamu. Yuk, ah langsung kepoin!

1. Mengobati penyakit liver atau organ hati

Di Eropa, daun kelor telah banyak digunakan sebagai salah satu bahan alami pembersih liver atau organ hati. Daun hebat ini disebut memiliki kemampuan phytotherapy atau kemampuan melindungi organ hati dari kerusakan, seperti penyakit hepatitis dan sirosis.

2. Mencegah penyakit diabetes

Diabetes menjadi salah satu ancaman terbesar bagi masyarakat modern saat ini disebabkan pola hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang mengandung kadar gula berlebih. Daun kelor mengandung vitamin D yang tinggi dan asam askorbat yang berperan dalam proses sekresi insulin. Mengonsumsi daun kelor setiap hari bisa membantu kamu terhindar dari penyakit diabetes, terutama bagi kamu yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit tersebut.

3. Memperkuat kekebalan tubuh kamu

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh adalah salah satu sistem organ penting dalam tubuh yang berfungsi mempertahankan tubuh dari serangan penyakit, termasuk kuman dan paparan zat berbahaya, seperti racun, radikal bebas, maupun zat kimia. Daun kelor mengandung senyawa klorofil atau zat hijau daun yang telah terbukti berperan dalam proses detoksifikasi racun dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, kandungan klorofil ini lebih tinggi daripada sayuran pada umumnya.

4. Mampu mencegah penyakit jantung

Banyak faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, di antaranya adalah kurangnya konsumsi asam lemak yang baik bagi jantung dan tingginya asupan kolesterol dalam tubuh. Kandungan asam lemak omega tiga yang tinggi pada daun kelor ini ternyata mampu menjaga jantung kamu dari ancaman penyakit berbahaya.

5. Merangsang produksi ASI bagi ibu menyusui

Studi membuktikan bahwa daun kelor mengandung senyawa galactagogues yang mampu merangsang produksi hormon prolaktin pada ibu yang baru melahirkan. Hormon prolaktin adalah hormon yang berperan dalam produksi ASI dalam tubuh seorang wanita. Daun kelor bisa diberikan tiga hari setelah seorang wanita melahirkan untuk merangsang produksi ASI. Daun kelor juga direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui yang sulit mengeluarkan ASI dan ingin memberikan ASI ekslusif kepada bayinya tanpa tambahan susu formula.

6. Mencegah dan mengobati kanker ganas

Saking banyak manfaatnya, daun kelor memiliki julukan "the tree of life" karena daun hebat ini bisa mencegah dan mengobati penyakit berat seperti kanker. Daun kelor mengandung senyawa isothiocyanate benzil yang mampu mencegah pembentukan sel tumor dan kanker. Mengonsumsi daun kelor secara rutin bisa mencegah timbulnya penyakit kanker dan meningkatkan kualitas hidup seseorang. Selain itu, daun kelor mengandung lebih dari empat puluh jenis antioksidan yang mampu melawan efek radikal bebas - yang menyebabkan mutasi dan kelainan pada sel-sel tubuh.

7. Menyembuhkan penyakit batu ginjal

Batu ginjal adalah salah satu kelainan yang terjadi pada organ ginjal akibat akumulasi zat-zat sisa yang tidak bisa disaring oleh ginjal. Jika dibiarkan, batu ginjal bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal yang dikenal dengan sebutan gagal ginjal. Daun kelor mengandung beberapa senyawa kimia, seperti alkalid moringin, moringinan, dan pterigospermin. Kandungan ini mampu mengatasi zat-zat ‘nakal’ yang mengendap dalam ginjal. Daun kelor juga mampu merangsang urinasi atau produksi urin serta menghancurkan batu yang terbentuk dalam kandung kemih.

Tak banyak yang tahu bahwa daun kelor memiliki sejuta manfaat kesehatan bagi tubuh. Bahkan, penyakit ganas pun bisa diobati dengan daun ini. Jadi, yuk sama-sama kita perbanyak mengonsumsi daun hebat ini, biar tubuh bisa selalu fit dan sehat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
SHARES