Yang Berkulit Sawo Matang, Cobain 9 Tips Make-up Ini. Cantik Itu Bukan Putih!

03 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Sebel nggak sih kalau ingat dulu kita sering dicekoki dengan iklan-iklan kosmetik yang menawarkan pemutih kulit? Belum lagi model-model yang ditampilkan pun selalu yang berkulit cerah. Padahal, kebanyakan wanita Indonesia dianugerahi kulit sawo matang yang nggak kalah aura cantiknya dengan yang bening-bening.

Untungnya dunia sudah berubah, kulit gelap sekarang tidak lagi dianggap sebelah mata lho, girls. Malahan menjadi satu keunikan tersendiri.

Nah, untuk kamu yang berkulit gelap atau sawo matang, tim Yukepo punya beberapa tips make-up yang bisa kamu coba untuk menonjolkan kecantikan kulit eksotismu. 

1. Tetap gunakan sunscreen

Banyak asumsi yang mengatakan kulit gelap lebih tahan menghadapi sinar matahari daripada kulit berwarna cerah yang lebih sensitif. Kenyataanya, tingkat sensitivitas kulit seseorang tidak tergantung warna kulit, jadi sebagai pelindung dari sinar ultraviolet yang berbahaya kamu tetap perlu menggunakan sunscreen. 

2. Pilih warna foundation yang cocok dengan warna kulitmu

Jangan termakan iklan yang bilang cantik itu putih. Jadi pilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulitmu. Kalau kamu memilih warna foundation yang terlalu terang dan hanya kamu aplikasikan pada bagian wajah, maka akan terlihat tidak sinkron dengan warna kulit leher, tangan, dan kakimu. 

3. Untuk kamu yang punya tipe kulit kering, selalu gunakan pelembab

Kalau kamu punya warna kulit sawo matang dan tipenya kering, maka wajahmu akan terlihat semakin kusam. Gunakan pelembab atau BB cream dulu sebelum mengaplikasikan make-up. 

4. Make-up untuk mata

Biasanya daerah mata orang yang berkulit gelap juga akan terlihat lebih gelap, sehingga akan sulit jika harus menggunakan eye shadow berwarna terang dan nude. Biasanya orang cenderung menggunakan eye shadow dengan warna-warna gelap. Smoky eyes bisa kamu padukan dengan warna-warna mengilap seperti emas dan silver di bagian tengah kelopak mata. Bagian matamu akan makin kece dan menonjol.

Kabar baiknya, sekarang kamu tidak perlu khawatir, kalau kamu ingin mencoba menggunakan warna-warna terang kamu bisa melapisi kelopak matamu dengan eye-based warna putih sebelum menggunakan eye shadow.  

5. Bagian bibir

Cara paling penting sebelum membeli produk lipstik adalah mencoba memoleskannya di bagian punggung tangan untuk mengetahui apakah shade-nya sesuai dengan yang kamu inginkan. Untuk kulit gelap, lagi-lagi shade berwarna lebih gelap dari warna kulit disarankan, seperti coffee shades, plum, dan burgundy. Tetapi, kini banyak juga beauty vlogger yang membuktikan bahwa warna-warna nude dan terang bisa juga dipadukan dengan kulit eksotismu.

Namun, harus tetap hati-hati, pilih warna-warna dengan shade peach, coral, pink kalem, nude, dan hindari warna pink mencolok yang akan membuat kulitmu terlihat kusam. Hindari pula menggunakan lipstick dengan efek glossy. 

6. Lipliner

Biasanya warna bibir kamu akan juga lebih gelap dari kulitmu atau bergradasi. Untuk bibir yang bergradasi atau punya warna yang berbeda antara bagian tepi dengan tengahnya, akali dengan mengaplikasikan lipliner di bagian tepi untuk memperjelas warna lipsticmu. 

7. Pemulas pipi

Pemulas pipi untuk kulit eksotis biasanya masih seputaran shade bronze, tembaga, dan coklat, tetapi lagi-lagi saat ini kamu bisa juga menggunakan pemulas pipi dengan warna-warna yang lebih berani. Disarankan masih di shade peach dan coral. 

8. Gunakan bronzer untuk memberikan highlight di bagian wajahmu

Bronzer akan sangat cocok untuk kamu yang berkulit eksotis. Dia bisa membuat kulitmu makin glowing dan tidak kusam. 

9. Jangan terlalu banyak mengaplikasikan bedak

Untuk kamu yang berkulit gelap, sebenarnya foundation dan bronzer sudah cukup membuat wajahmu flawless dan glowing. Namun, jika kamu ingin mengaplikasikan bedak, disarankan jangan terlalu tebal, sebab sebenarnya warna kulit kamu sudah kece banget dan cantik alami. 

Nah, gimana dengan tips make-up buatmu yang punya kulit sawo matang? Nggak sabar ingin mencoba, 'kan? Ada satu lagi nih tips yang harus kamu aplikasikan. Percaya diri! Semoga berguna ya, girls! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES