Wow, 10 Aktivitas Sepele Ternyata Ini Bisa Tingkatkan Kemampuan Otakmu. Penting Nih!

28 Oktober 2017
|Galih Wisnu Brata
Tips
0SHARES

Setiap orang pasti memiliki kemampuan berpikir yang berbeda-beda. Ada yang cepat dan ada pula yang lambat. Bagi mereka yang berkemampuan berpikir lambat akan melakukan beberapa cara agar bisa mengimbangi yang berpikir cepat. Semua itu tergantung oleh kapasitas yang ada di dalam otakmu.

Tapi, tahukah kamu ternyata ada beberapa aktivitas sepele yang bisa meningkatkan kemampuan otakmu? Yuk langsung saja kita simak informasinya.

1. Bernyanyi saat mandi

Saat mandi, tak sedikit orang yang melakukan aktivitas ini. Sambil mengguyur tubuh dengan air, nggak sedikit yang akan mengeluarkan suara terbaiknya. Bernyanyi saat mandi, selain menyenangkan, dapat meningkatkan kemampuan ingatan otak. Bahkan dapat menguatkan imun tubuh dan menurunkan tekanan darah. Hal tersebut disebabkan bernyanyi ketika mandi bisa menghilangkan stres sehingga muncullah pikiran-pikiran positif yang mempengaruhi keadaan tubuh.

2. Duduk tegak

Posisi duduk seperti apa yang biasa kamu lakukan? Kalau kamu biasanya duduk dengan bersender, atau dengan membungkuk, mulai sekarang duduklah dengan posisi yang tegak. Apalagi saat kamu sedang belajar atau bekerja. Kenapa? Dengan duduk tegak, tentunya akan mempengaruhi postur tubuh menjadi lebih baik. Selain itu, bisa membantu meningkatkan kesiagaan dan kemampuan berpikir.

3. Tertawa

Tertawa dikenal sebagai obat mujarab penghilang stres. Eitsss, tapi jangan tertawa sendiri tanpa sebab ya, nanti malah dikira stresnya terlampau parah. Pada saat tertawa, hormon endorfin yang membantu menurunkan stres dilepaskan. Tingkat stres yang turun, membuat pikiran lebih terbuka untuk ide dan pendapat baru. Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian Alice dari University of Maryland. Dari penelitiannya, disimpulkan bahwa tertawa membantu orang untuk memecahkan masalah dengan lebih baik.

4. Corat-coret

Corat-coret juga bisa meningkatkan konsentrasi dalam belajar. Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Jackie Andrade, dosen Psikologi di Plymouth University, Inggris, pada 2009. Aktivitas corat-coret mampu mengaktifkan bagian otak yang bertugas untuk merencanakan sesuatu, mengerjakan suatu hal, dan berkonsentrasi. Jadi buat para orang tua, jangan marah kalau di buku anak banyak corat-coret.

5. Melamun

Kalian pasti pernah melamun? Ternyata aktivitas ini membuat otak menjadi lebih baik. Melamun memberikan kesempatan kepada dua bagian otak untuk aktif secara bergantian. Hal tersebut dapat membangkitkan kreativitas, melatih ketajaman otak, dan meningkatkan kinerja memori jangka pendek. Tapi yang harus diketahui kemampuan otak meningkat karena lamunan yang positif, bukan yang negatif, apalagi lamunan jorok.

6. Mengerjakan TTS

Masih ada kah di antara kalian yang suka mengerjakan teka-teki silang? Mungkin sudah banyak yang meninggalkan TTS karena dianggap permainan jadul yang hanya cocok buat para orang tua. Kalau kalian masih mengerjakannya, alangkah baiknya dipertahankan. Mengisi TTS ternyata bisa meningkatkan kecerdasan. Kita dituntut untuk berpikir dan mengingat hal-hal yang kecil sehingga otak kita seperti diasah.

7. Mengunyah permen karet

Ada kabar gembira nih bagi para pecinta permen karet. Menurut sebuah studi, aktivitas mengunyah permen karet membuat seseorang memiliki kemampuan mengingat dan konsentrasi 25% lebih baik daripada yang tidak. Hal tersebut disebabkan menguyah permen karet mempengaruhi aktivitas bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat dan konsentrasi. Alasan lainnya, darah yang menuju otak bertambah sehingga kemampuan otak juga bertambah.

8. Menggerakkan bola mata

Menggerakkan bola mata ke kanan dan ke kiri selama 30 detik dapat membuat daya ingat meningkat sebesar 10%. Selain itu, juga dapat memperbaiki ingatan hingga 15%. Hal tersebut telah dibuktikan dalam sebuah penelitian meskipun alasannya cenderung spekulatif. Menggerakkan bola mata ke kanan dan ke kiri diyakini mampu mengaktifkan dan menghubungkan otak kanan dan otak kiri sehingga kemampuan otak menjadi bertambah.

9. Mengepalkan tangan

Mengepalkan tangan kanan sebelum melakukan sesuatu dan mengepalkan tangan kiri saat mengingat sesuatu dipercaya bisa meningkatkan kerja memori otak. Dengan mengepalkan tangan beberapa wilayah di otak menjadi aktif. Saat mengepalkan tangan kanan, otak kiri aktif dan saat mengepalkan tangan kiri, otak kanan yang aktif. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian meskipun masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut.

10. Sarapan

Kamu sering melewatkan sarapan pagi? Atau malah kamu nggak suka sarapan pagi? Saat ini juga kamu harus mulai kebiasaan baru, sarapan pagi. Dengan menyantap sarapan, otak akan mampu menyerap berbagai hal. Selain itu, daya ingat juga akan menjadi lebih kuat. Sarapan menjadi momen paling tepat untuk isi ulang glukosa yang selama 6 hingga 8 jam kosong karena tidur. Glukosa merupakan sumber energi bagi semua aktivitas, termasuk berpikir.

Nah, informasinya menarik bukan? Jadi meningkatkan kemampuan otak bisa dilakukan dengan aktivitas sederhana seperti yang telah disebutkan. Tapi ya jangan cuma melakukan itu saja, tentunya kalian perlu belajar dengan giat. Aktivitas-aktivitas itu hanya sebagai penunjang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES