Waspada! Nyeri Haid Bisa Jadi Tanda 7 Penyakit Ini

11 November 2017
|Mega Fitriyani
Tips
0SHARES

Menstruasi adalah kondisi saat dinding rahim meluruh menjadi darah haid. Saat proses ini, otot rahim menjadi tegang, dan berkontraksi, untuk membantu proses peluruhan tersebut. Proses inilah yang menimbulkan rasa nyeri atau yang disebut disminore saat seseorang sedang datang bulan. Jika rasa nyerinya sampai menggangu aktivitas, hati-hati, kamu perlu mewaspadai penyakit-penyakit ini:

1. Endometriosis

Penyakit ini adalah kondisi kronis di mana jaringan endometrium yang ada di dalam rahim, ditemukan di luar rahim. Sementara itu, penyakit ini juga membuat lesi pada endometrium. Pertumbuhan ini sering membuat jaringan parut, yang juga dapat menghambat tuba fallopi,  dan menghalangi sel telur dan sperma bertemu.

2. Fibroid Rahim/mioma

Penyakit ini merupakan pertumbuhan non kanker yang terjadi di dinding rahim. Ukurannya beraneka ragam, mulai dari ukuran mikroskopis hingga sebesar bola basket. 

3. Adenomiosis

Penyakit ini adalah kondisi saat jaringan endometrium tumbuh ke dalam dinding otot rahim. penyakit ini biasanya muncul pada saat seseorang sudah memiliki anak, dan berada pada akhir masa subur. 

4. Radang Panggul

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, yang biasanya ditularkan melalui interaksi seksual. 

 

5. Stenosis serviks

Penyakit ini disebabkan oleh penyempitan serviks, dan biasanya jarang sekali terjadi. Saluran yang sempit ini menyebabkan aliran darah menstruasi terhambat, dan menyebabkan tekanan yang menyakitkan rahim.

6. Dismenore sekunder

Penyakit ini biasanya muncul pada usia 20-an. Rasa nyeri karena penyakit ini berlangsung lebih lama daripada rasa nyeri yang normal dialami kebanyakan wanita, dan akan menghilang saat masa menstruasi berakhir. Penyebabnya bisa karena kista ovarium, radang panggul, mioma, atau penggunaan alat kontrasepsi IUD (spiral)

 

7. Pelvic Inflammatory Disease ( PID )

PID merupakan infeksi pada organ reproduksi wanita, yang juga dapat diketahui tandanya lewat rasa nyeri yang berlebihan saat haid. PID biasanya dapat disebakan oleh penyakit kelamin. 

Buat kamu yang sering merasakan nyeri haid berlebihan hingga menggangu aktivitas, segeralah periksakan diri ke dokter. Semoga saja penyakit-penyakit itu tidak menyerangmu. Namiun, jika sampai hal itu menyerangmu, jangan khawatir, semakin cepat kamu mengetahuinya, semakin besar pula kemungkinanmu untuk sembuh. Tetap semangat, ya, girls. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES