Wanita Berusia 30-an dan Mau Diet? 6 Cara Sehat ini Tepat Buatmu!

08 September 2017
|Robertus Ari
2SHARES

Dengan bertambahnya usia, kesehatan dan ketahanan tubuh pasti akan ikut menurun. Bagi wanita yang sudah masuk usia 30-an, perlu lebih memperhatikan hal yang menyangkut dengan badanmu ini. Sebab, masuk usia kepala tiga, masalah kesehatan, hormon, hingga osteoporosis harus diwaspadai.

Kamu adalah wanita yang memasuki usia 30 tahun dan punya niatan untuk diet? Sebagai solusi melakukan diet sehat dengan menu makan yang tepat, sebenarnya bisa membantu kamu untuk mendapatkan kondisi tubuh yang lebih baik. Supaya nggak salah langkah, yuk pelan-pelan terapkan tips diet yang paling tepat untuk wanita usia 30-an ini!

1. Meningkatkan metabolisme dari asupan makanan

Tingkat metabolisme menjadi salah satu ancaman wanita ketika menginjak usia 30-an. Padahal, di usia kepala tiga tersebut kamu harus terus beraktivitas dengan energi yang tinggi. Untuk itu, wanita perlu untuk menjaga tingkat metabolisme. Hal ini sekaligus untuk menunda penuaan.

Ahli Gizi Anju Sood menyarankan, wanita perlu seimbang dalam asupan gizi, seperti protein, lemak, dan karbohidrat, jika tiga hal tersebut bisa seimbang, niscaya metabolismu akan tetap terjaga.

2. Perbanyak kebutuhan serat

Makanan tinggi serat bagus untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Konsumsi makanan berserat sangat cocok untuk wanita yang memasuki usia 30-an. Cobalah perbanyak makanan seperti buah, sayuran, dan hindari juga makanan olahan yang mengandung lemak jenuh serta gorengan.

3. Memperbaiki fungsi hormon

Ketika mamasuki usia 30-an, sangat mungkin terjadi fungsi hormon yang mulai berubah, bahkan secara drastis. Untuk mengakali hal ini, wanita perlu untuk mengkonsumsi dari tanaman herbal atau adaptogen, misalnya seperti tulsi, matcha, dan ashwagandha. Ketiga tanaman itu mampu untuk menjaga hormon kamu. Akan lebih baik juga jika menambahkan buah berry.

4. Mulai membangun energi

Makanan yang kaya akan zat besi sangat bagus untuk membangun energi bagi wanita. Sebab, wanita pada umumnya akan kehilangan banyak zat besi ketika masa menstruasi. Untuk itu, kamu perlu mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, kacang polong, daging merah, sayur hijau, dan kismis.

5. Jika memiliki berencana untuk mulai menikah dan membangun keluarga

Bagi kamu yang berencana untuk menikah dan membangun keluarga, perlu menambahkan vitamin folat untuk mencegah bayi terlahir cacat. Vitamin ini sangat bagus bagi wanita yang sedang hamil.

Selain itu, kadar zat besi dan yodium juga bagus untuk melindungi bayi selama masa kehamilan. Konsumsi pula aneka sayur hijau, kacang-kacangan, bayam, dan buah jeruk.

6. Menjaga kesehatan agar tulang lebih baik

Pengeroposan tulang atau osteoporosis juga menjadi ancaman bagi wanita yang sudah menginjak usia 30 tahun. Sebab semakin bertambahnya umur, kadar estrogen juga menurun sehingga mempengaruhi kepadatan tulang.

Untuk itu, asupan kalsium sangat diperlukan dengan cara memperbanyak vitamin D. Sebab, wanita butuh setidaknya 1000 mg kalsium setiap harinya. Sumber kalsium ini bisa kamu dapatkan dari keju, susu, dan juga brokoli.

 

Tanpa melakukan program diet ketat yang melarang makan ini dan itu, cara di atas bisa membuatmu lebih mengontrol konsumsi harianmu, lho. Kebutuhan dalam tubuh perlu kamu penuhi, dan tentunya kamu juga perlu memperhatikan kesehatanmu. Umur yang sudah tidak muda, akan membuat seseorang rentan sakit juga. So, selamat mencoba ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
2SHARES