Wajah Terlihat 'Cakey' Setelah Memakai Foundation? Hindari dengan 5 Cara Ini!

07 Juni 2018
|Chandra W.
2.1 KSHARES

Setiap perempuan pasti selalu ingin tampil sebaik mungkin. Kalau bisa muka mulus tanpa kerutan dan jerawat. Kalau nggak bisa, ditutupi pakai makeup. Ketika wajah sedang nggak bersahabat dengan kemunculan komedo, jerawat, hingga kerut halus, foundation menjadi salah satu elemen yang diharapkan dapat menutupinya agar wajah tetap terlihat halus dan paripurna. Tapi nggak jarang hasilnya malah cakey alias nggak terlihat menyatu antara makeup dan wajah. Kayak pakai dempul begitu lah kira-kira. Supaya nggak cakey, begini caranya. 

1. Pastikan sudah cuci muka dan eksfoliasi

Skin care yang tepat menentukan ketahanan makeup yang kamu pakai. Pastikan wajah sudah bersih dan lakukan eksfoliasi secara rutin. Cukup satu atau dua kali seminggu saja. Gunanya agar sel kulit mati terkelupas, wajah halus dan permukaannya lebih ramah untuk dipakaikan makeup. 

2. Menggunakan face mist dan foundation primer

Gunakan face mist pada awal sebelum mulai makeup untuk melembapkan wajah dan terakhir setelah selesai makeup agar tahan lama. Sementara itu, primer dapat digunakan sebelum memakai foundation. Fungsinya, mencegah foundation lumer dan mengontrol minyak berlebih. Wajah jadi nggak terlihat cakey dan justru tampak segar. 

3. Tint eye primer

Bekas jerawat, kantung mata, hingga kulit kemerahan biasanya ditutupi dengan concealer. Tapi, tanpa disadari concealer terkadang sering membuat makeup jadi terkesan berat. Untuk menghindari kesan tersebut, gunakan tint eye primer alih-alih concealer. 

4. Gunakan beauty blender

Alih-alih menggunakan brush, gunakan beauty blender untuk memulaskan foundation ke wajah. Hasilnya lebih rata, bisa juga untuk memulaskan concealer dan loose powder. Jangan lupa lembapkan dengan sedikit air sebelum digunakan. 

5. Jangan memakai berlapis concealer

Ikuti juga langkah yang benar jika menggunakannya di area mata, yaitu dengan menariknya menjadi bentuk segitiga terbalik ke arah hidung (ke bawah). Hal ini dilakukan untuk menghindari perbedaan warna yang mencolok antara area mata dan hidung serta memberi efek highlight ke wajah. Menggunakan concealer berlapis-lapis juga malah semakin membuat wajah terlihat cakey. 

Jangan lupakan langkah-langkah di atas sebelum memakai foundation ya. Ingat, memulaskannya tebal-tebal ke wajah nggak serta merta menghasilkan tampilan yang bagus lho. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
2.1 KSHARES