Wajah Bersih dan Merona Bisa Terwujud, Asal Rutin Pakai 7 Masker Alami Ini

unsplash.com

Memiliki wajah yang bersih, sehat, putih dan merona mungkin menjadi impian bagi banyak orang. Baik itu perempuan maupun laki-laki. Tidak menutup kemungkinan di era sekarang ini banyak juga kaum Adam yang melakukan perawatan pada kulit, terutama wajahnya.

Banyak dari mereka yang melakukan perawatan karena memang dari dalam dirinya memiliki perhatian lebih terhadap masalah kulit. Tidak sedikit juga yang terobsesi dari para selebriti Korea. Kalau sudah begini, perawatan menjadi kebutuhan utama juga dalam kehidupan.

Nggak harus ke aesthethic mahal, kamu juga bisa menggunakan bahan alami yang mudah didapat atau bahkan sudah tersedia di rumah. Ini adalah bahan yang bisa digunakan untuk masker alami yang sehat dan murah.

1. Tomat

unsplash.com

Tomat dipercaya dapat menjadi obat alami ampuh untuk mencegah jerawat karena kandungan asam salisilatnya. Selain itu, tomat juga berfungsi untuk mencegah penuaan, menghaluskan kulit dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Bagaimana sih cara membuat masker dari tomat?

Pertama, haluskan terlebih dahulu satu buah tomat hingga menyerupai bubur. Kemudian untuk tahap selanjutnya ini opsional. Kamu bisa menambah satu sendok teh gula yang berfungsi sebagai scrub wajah, kemudian diaplikasikan ke wajah.

Jika ingin mengaplikasikan bubur tomat ke wajah tanpa gula, tidak masalah. Oleskan tomat yang sudah dihaluskan ke wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Lalu bersihkan wajah dan bilas dengan air hangat. Terapkan masker tomat ini secara rutin.

2. Timun

unsplash.com

Timun yang kaya mineral bisa memberikan manfaat pada wajah. Di antaranya yaitu membantu menghilangkan efek mata panda, menghidrasi kulit wajah, mencerahkan, mengatasi wajah yang berminyak dan maaih banyak lagi. Cara pembuatan masker menggunakan timun pun cukup mudah.

Pastikan timun yang digunakan tidak terlalu keras dan segar. Kamu bisa menghaluskan dengan blender atau mengiris tipis timun yang digunakan. Jika sudah, aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Kamu akan merasakan sensasi kesegaran yang berasal dari timun.

Setelah kurang lebih 15 menit, bilas dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengaplikasikan masker timun ini tiga kali seminggu sebelum menjelang tidur di malam hari.

3. Putih telur

unsplash.com

Masker putih telur terbukti dapat mengencangkan dan mengenyalkan kulit wajah. Untuk mencegah bau amis, kamu bisa menambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis ke dalam maskermu. Setelah itu, oleskan di wajah hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat dan diikuti air dingin.

4. Kopi
unsplash.com

Untuk membuat masker kopi, kamu perlu menambahkan gula di dalam maskermu. Gula yang kamu tambahkan dapat menjadi scrub wajah yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati saat kamu memijat halus kulit wajah.

Kamu bisa campurkan satu sendok teh kopi dan gula. Beri air, aduk hingga membentuk pasta. Setelah itu, pasta kopi ini bisa kamu aplikasikan ke wajah. Gosok perlahan kulit wajahmu agar tidak terjadi iritasi.

5. Bengkoang
ceritamedan.com

Untuk mencerahkan kulit, kamu bisa mengaplikasikan masker bengkoang secara rutin. Bagaimana cara buatnya ya?

Parut bengkoang terlebih dahulu hingga lembut, kemudian campurkan dengan air dan peras. Yang kamu gunakan untuk masker wajah adalah sari bengkoangnya. Aplikasikan ke wajahmu dan diamkan kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

6. Jeruk nipis atau lemon

unsplash.com

Kamu bisa gunakan air perasan kedua jeruk ini untuk masker wajah. Air jeruk berfungsi untuk menangkal radikal bebas, mencegah tumbuhnya jerawat dan mengangkat sel kulit mati.

Untuk jeruk nipis, kamu perlu membelahnya terlebih dulu baru kemudian dioleskan ke wajah. Untuk jeruk lemon, kamu perlu memerasnya dan air perasan tersebut aplikasikam ke wajah. Diamkan air jeruk di wajah hingga mengering atau sekitar 30 menit. Bilas wajah menggunakan air bersih. Untuk yang berkulit sensitif, kamu perl berhati-hati ketika mengaplikasikannya di wajah, ya.

7. Kulit jeruk

unsplash.com

Tidak hanya air jeruk dan buahnya saja yang bermanfaat, namun siapa sangka kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah. Kulit jeruk bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam di wajah.

Kamu perlu menjemurnya hingga kering, lalu tumbuk hingga halus dan tambahkan air hingga berbentuk pasta. Kemudian, aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Beberapa bahan alami di atas dapat digunakan sebagai masker alami di rumah. Selain mudah dibuat, harganya cukup murah. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit nggak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Dengan bahan sederhana pun kamu tetap bisa merawat kulit. Yang penting kamu selalu tekun dan konsisten.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Serem Abis! Ini 5 Video Iklan Paling Menyeramkan yang nggak Cocok Buat Para Penakut! | Keepo.me

Serem Abis! Ini 5 Video Iklan Paling Menyeramkan yang nggak Cocok Buat Para Penakut! | Keepo.me

Inspirasi Gaya Simplicity Ala 10 Selebriti Wanita Tanah Air

Inspirasi Gaya Simplicity Ala 10 Selebriti Wanita Tanah Air

Bikin Baper, Detik-Detik Jirayut Meninggalkan Thailand! | Keepo.me

Bikin Baper, Detik-Detik Jirayut Meninggalkan Thailand! | Keepo.me

Tips Belanja Barang Bermerek Preloved Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Tips Belanja Barang Bermerek Preloved Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Mahasiswa Indonesia Ini Ceritakan Kisahnya Bertemu BJ Habibie di Jerman | Keepo.me

Mahasiswa Indonesia Ini Ceritakan Kisahnya Bertemu BJ Habibie di Jerman | Keepo.me

Inspirasi First Date Makeup Look Ala Jessica Iskandar

Inspirasi First Date Makeup Look Ala Jessica Iskandar

loading