Wajah Bersih Bebas Komedo? Nggak Mustahil dengan 9 Trik Ini!

unsplash.com

Komedo menjadi musuh bebuyutan bagi hampir sebagian besar orang. Kotoran yang bersarang di pori-pori wajah ini memang menjadi salah satu permasalahan yang paling umum dialami oleh hampir setiap orang, baik itu perempuan maupun laki-laki.

Masalah komedo yang dialami setiap orang pasti berbeda. Ada yang mengeluh karena komedo putih atau whitehead, namun ada juga penyebabnya yang lain yaitu komedo hitam atau blackhead.

Untuk membersihkan komedo putih, mungkin akan lebih sulit jika dibandingkan dengan komedo hitam. Namun, bukan berarti komedo tidak dapat dibersihkan dan dicegah. Berikut ini adalah beberapa tips agar terbebas dari komedo yang membandel.

1. Es batu dan jeruk nipis

unsplash.com

Mungkin kamu sudah pernah disarankan untuk mencoba masker racikan ini. Untuk yang baru mengetahui cara pertama ini, jangan beranggapan bahwa kamu bisa menggunakan es batu biasa.

Untuk menggunakan es batu jeruk nipis ini, kamu hanya perlu air jeruk nipisnya yang kemudian direbus hingga mendidih. Setelah itu, masukkan ke dalam lemari pendingin hingga beku. Sebelum mengaplikasikan es batu jeruk nipis ini, pastikan sudah membersihkan wajahmu, ya.

Jika sudah mencuci muka, ambil es batu yang sudah membeku. Cara mengaplikasikannya pun mudah. Tinggal usap secara perlahan ke area wajah, terutama ke bagian yang ditumbuhi komedi. Cara ini akan menyebabkan komedo mengering dan mengurangi rasa nyeri di wajah akibat jerawat.

2. Baking soda

unsplash.com

Kamu juga dapat membersihkan komedo dengan baking soda. Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya memerlukan baking soda dan air. Campurkan sedikit dari kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta.

Kemudian, kamu bisa langsung mengaplikasikannya ke wajah. Diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air bersih. Alangkah baiknya tidak menggunakan cara ini setiap hari karena dapat menyebabkan kulit wajah kering.

3. Pasta gigi

unsplash.com

Mengoleskan pasta gigi pada jerawat dipercaya dapat membuat jerawat mengering. Lalu, bagaimana dengan komedo? Ternyata pasta gigi juga dapat mengangkat komedo yang membandel sekaligus menghaluskan kulit wajah.

Untuk menggunakan masker dari pasta gigi, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke bagian yang berkomedo. Kemudian diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk sebagian orang, mereka juga menambahkan baking soda yang berfungsi sebagai scrub wajah.

4. Putih telur
unsplash.com

Cara satu ini terbukti cukup ampuh untuk memberantas komedo dari wajah. Caranya sesederhana mengocok putih telur hingga berbusa. Kemudian, ambil tissue secukupnya dan letakkan di area wajah yang berkomedo. Oles telur putih yang sudah dikocok tadi ke atas tissue

Tunggu hingga mengering sekitar 30 menitan. Jika sudah mengering, kamu bisa mencabut tissue dari bagian bawah ke atas. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air bersih.

5. Scrub lemon
unsplash.com

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan lemon dan garam atau gula pasir sebagai bahan dasar masker kamu untuk mengangkat komedo. Cara membuatnya adalah dengan mencampur air lemon dengan garam atau gula pasir. Kemudian aplikasikan ke wajah, sembari dipijat perlahan.

Jika sudah selesai, cuci wajah dengan air hangat. Campuran antara air lemon dengan garam maupun air lemon dengan gula pasir yang seperti scrub ini berfungsi untuk mengangkat komedo dan sel kulit mati di wajahmu.

6. Cuci muka secara teratur

unsplash.com

Mau kulit wajah bersih tapi masih malas cuci muka? Jangan mimpi deh untuk punya kulit wajah terbebas dari komedo. Justru dengan rutin membersihkan muka, kamu bisa terhindar dari komedo.

Usahakan sebelum dan setelah bangun tidur, kamu mencuci wajahmu dengan sabun khusus pencuci muka. Namun, jangan sampai terlalu sering mencuci muka karena dapat menyebabkan iritasi kulit wajah.

7. Jangan memencet komedo

unsplash.com

Kamu bisa saja mengambil langkah mudah untuk membersihkan komedo dengan cara memencetnya supaya cepat keluar. Namun, cara ini sangat tidak disarankan karena dapat memperparah kondisi kesehatan kulit wajahmu yaitu akan timbul peradangan. Jadi buat yang punya kebiasaan memencet komedo, harus dihentikan sekarang juga, ya.

8. Hindari makanan berlemak

unsplash.com

Selain penanganan dari luar, kamu juga harus memperhatikan makanan dan camilan yang sering dikonsumsi. Sebaiknya kamu mengurangi makan makanan yang berlemak. Lemak yang kamu makan tidak hanya menumpuk dalam tubuh, tapi juga dapat mengisi pori-pori kulit hingga menimbulkan jerawat dan komedo.

9. Gunakan masker atau penutup wajah saat bepergian
unsplash.com

Kamu harus tahu bahwa komedo yang muncul di permukaan kulit kamu adalah akibat dari kotoran yang berasal dari lingkungan yang bercampur dengan lemak di pori-pori kulit. Untuk menghindari timbulnya komedo, usahakan untuk menghindari debu dengan menggunakan masker kain atau penutup wajah saat bepergian. 

Itulah tadi beberapa tips untuk mengatasi komedo pada kulit wajah. Yang harus kamu perhatikan adalah kebersihan alat dan bahan yang digunakan untuk membersihkan komedo agar tidak timbul masalah baru seperti infeksi dan peradangan pada kulit wajah. Jangan lupa untuk terus rutin menjaga kesehatan dan kebersihan kulit untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bak Langit dan Bumi, Begini Kisah Rumah Reyot di Tengah Apartemen Mewah Thamrin! | Keepo.me

Bak Langit dan Bumi, Begini Kisah Rumah Reyot di Tengah Apartemen Mewah Thamrin! | Keepo.me

Inspirasi Gaya Hijabers yang Simpel dan Elegan Ala Zaskia Adya Mecca

Inspirasi Gaya Hijabers yang Simpel dan Elegan Ala Zaskia Adya Mecca

Tak Punya Riwayat di Keluarga, Ibu Muda di Banyumas Lahirkan Bayi Kembar 4! | Keepo.me

Tak Punya Riwayat di Keluarga, Ibu Muda di Banyumas Lahirkan Bayi Kembar 4! | Keepo.me

8 Mix and Match Ini Bikin T-shirt Putih Biasa Jadi Lebih Berkelas

8 Mix and Match Ini Bikin T-shirt Putih Biasa Jadi Lebih Berkelas

Lebih Parah Dari Indonesia, ini Isi UU KUHP Versi USA, No 13 Bikin Muntah! | Keepo.me

Lebih Parah Dari Indonesia, ini Isi UU KUHP Versi USA, No 13 Bikin Muntah! | Keepo.me

Rutinkan Kebiasaan Ini Sebagai Bentuk Rasa Sayang ke Rambutmu

Rutinkan Kebiasaan Ini Sebagai Bentuk Rasa Sayang ke Rambutmu

loading