Usir Bintik Hitam di Wajah yang Sering Bikin Risi, 7 Bahan Alami Ini Juara Banget!

unsplash.com

Salah satu permasalahan kulit selain jerawat adalah munculnya dark spot atau bintik hitam. Dark spot bisa muncul pada area pipi, dahi, hidung dan bagian lainnya. Banyak wanita yang dibikin risih dengan kemunculan tak terduga ini.

Bintik hitam ini bisa muncul ketika kulitmu terpapar sinar matahari terus-terusan dan tidak pakai sunscreen. Akibatnya, melanin yang diproduksi jadi berlebihan sehingga membuat kulit terlihat lebih gelap. Untuk menghilangkannya juga butuh biaya yag tidak murah, apalagi jika mau treatment pakai laser.

Sebelum dark spot muncul di mukamu, ikuti langkah perawatan alami di bawah ini, girls. Hemat sekaligus ampuh untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah.

1. Nggak perlu pake foundation berlapis-lapis, pakai masker lemon sebagai langkah awal untuk menyingkirkan bintik ini

fineartamerica.com

Buat jus lemon, saring, dan tiriskan dalam sebuah wadah. Gunakan kapas untuk mengaplikasikannya pada wajah, tunggu 20 menit. Setelah itu, bilas lalu bisa pakai rutinitas perawatan pagimu. Beberapa penelitian membukitkan bahwa kandungan asam sitrat dan vitamin C yang tinggi pada lemon baik untuk menyamarkan noda gelap. Untuk kulit sensitif sebaiknya tidak memilih langkah ini.

2. Selain untuk pengganti nasi, kentang juga memberikan manfaat untuk mengatasi dark spot

mealhack.com

Kentang memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, potassium, zinc, fosfor dan mineral yang dapat membantu produksi kolagen di kulit. Selain itu, bisa bantu untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu pertumbuhan sel-sel baru.

Iris tipis kentang yang sudah dikupas, tempelkan pada area dark spot dan diamkan selama 10 menit. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Lidah buaya memang termasuk tanaman ajaib untuk tumpas berbagai masalah kulit

thanhnien.vn

Aloe vera mengandung 90% asam amino, vitamin A, B, C, E dan beta-karoten yang membantu mengatasi jerawat, bintik hitam, bruntusan dan membuat kulit tetap segar dan lembap. Gel lidah buaya yang diambil langsung dari daun adalah cara terbaik untuk menghilangkan bintik-bintik hitam dan perubahan warna kulit yang tidak merata. Oleskan gelnya di area bintik hitam selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. 

4. Oatmeal bukan hanya bernutrisi untuk sarapan sehatmu, tetapi juga bagus untuk skincare routine-mu
www.objectifs-fitness.com

Oatmeal membantu menyeimbangkan kandungan minyak di kulit, cocok banget untuk kulit kering dan berminyak. Teksturnya yang lembut menjadikan oatmeal sebagai scrub yang baik digunakan untuk menghilangkan noda gelap.

Cukup larutkan 3 sendok makan oatmeal dan 1 makan air. Ratakan di wajah dandiamkan selama 30 menit. Setelah kering, gosok pelan wajahmu supaya sel kulit matinya terangkat tanpa sisa. Rutinkan seminggu tiga kali untuk hasil yang lebih terlihat.

5. Kunyit yang biasa kita temui di dapur menyimpan khasiat yang baik untuk kulitmu
khoobsurati.com

Kunyit mengandung kurkumin, yang merupakan antioksidan kuat yang melawan radikal bebas dan membantu menghilangkan dark spot di wajah. Oleskan kunyit yang sudah dihancurkan hingga lembut pada area bintik-bintik hitam, diamkan selama 15 menit lalu bilas.

6. Nanas segar yang ternyata bisa untuk menghilangkan bintik hitam

www.organicfacts.net

Nanas kaya akan antioksidan, vitamin A, dan C yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan melawan radikal bebas. Sehingga kulit kamu akan terbebas dari bintik gelap yang mengganggu. Aplikasikan jus nanas yang sudah diambil sarinya di area yang berbintik. Biarkan kering lalu bilas dengan air bersih.

Boleh lakukan 3 kali dalam seminggu, tapi jangan gunakan jus nanas yang beli di toko ya. Kandungan pengawet dan bahan kimia lainnya dapat merusak kulitmu.

7. Suka makan jeruk? Kalau iya, jangan buang kulitnya

style.hnonline.sk

Kulit jeruk mengandung lebih banyak vitamin C dan kalsium yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan meremajakan sel kulit baru daripada buahnya. Kulitnya bagus untuk menghilangkan bintik hitam dengan cepat.

Campurkan 1 sendok makan kulit jeruk dan 2 sendok makan yogurt, hancurkan hingga teksturnya mengental seperti pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 25 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

Bahan dari alam memang memiliki khasiat yang bagus karena tidak mengandung banyak kandungan kimia. Semakin sering menggunakan perawatan alami akan semakin bagus hasilnya. Meski rutin memakai masker alami, kamu tetap harus menggunakan sunscreen untuk mencegah timbulnya dark spot dan memberikan perlindungan ekstra kulit kamu dari paparan sinar matahari. Semoga dark spot kamu cepat hilang ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Dandanan 7 Selebriti di Pemotretan Majalah Ini Menuai Kritikan Pedas, Kontroversial!

Dandanan 7 Selebriti di Pemotretan Majalah Ini Menuai Kritikan Pedas, Kontroversial!

Wanita di 10 Negara Ini Nggak Sedikit yang Cantik, Tapi Lebih Pilih untuk Menjomblo

Wanita di 10 Negara Ini Nggak Sedikit yang Cantik, Tapi Lebih Pilih untuk Menjomblo

Asik! Nggak Cuma Enak Buat Camilan, Makan Kuaci Ternyata Juga Punya Banyak Manfaat

Asik! Nggak Cuma Enak Buat Camilan, Makan Kuaci Ternyata Juga Punya Banyak Manfaat

Sepanjang Sejarah, 10 Kontes Kecantikan Ini Masuk Kategori Anti Mainstream di Dunia

Sepanjang Sejarah, 10 Kontes Kecantikan Ini Masuk Kategori Anti Mainstream di Dunia

Cantiknya Geisha Itu Memikat, Tapi Harus Buka Mata Dulu Soal Fakta Mereka

Cantiknya Geisha Itu Memikat, Tapi Harus Buka Mata Dulu Soal Fakta Mereka

Cari Tahu Gadis yang Jadi Primadona di Sekolah Jepang Itu Mudah, Ini Tandanya!

Cari Tahu Gadis yang Jadi Primadona di Sekolah Jepang Itu Mudah, Ini Tandanya!

loading