Unik dan Lezat, Menu Olahan Mangga Ini Ternyata Gampang Dibuat!

2.4 KSHARES

Buah mangga memang paling pas kalau dimakan di musim panas kayak gini deh. Selain rasanya yang manis dan segar, buah mangga ini juga bisa diolah menjadi berbagai jenis kudapan yang bikin ngiler. Yah, kalau ingat makanan olahan mangga sih biasanya ingat negara Thailand ya.

Tapi ternyata kamu nggak perlu kok merogoh kocek dalam ataupun pergi jauh ke negara tetangga demi mencicipi olahan lezat dari buah berwarna kuning dengan daging lembut yang satu ini loh. Berikut Yukepo kasih resep sederhana dari menu olahan mangga yang anti ribet tapi tetep super enak. Coba bikin yuk.

1. Mango Sticky Rice

Cita rasa manis dan segarnya mangga bercampur dengan gurihnya ketan dan santan, siapa tahan!

Bahan :

- 200gr Beras Ketan (Cuci bersih dan rendam dengan air kurang lebih 1-2 jam)

- 1,5 Liter air (Secukupnya)

- Daun Pandan (Bisa 1-2 lembar, sesuai selera dan ikat membentuk simpul) 

- 1 Liter Santan

- 1 Buah Mangga, iris tipis (atau sesuai selera)

- Gula dan Garam secukupnya

- Biji Wijen

 

Cara membuat :

1. Masak air hingga mendidih, masukkan beras ketan, garam dan daun pandan. Aduk rata hingga matang, lalu tiriskan.

2. Campurkan santan dan gula, aduk hingga merata dan mendidih dengan api kecil.

3. Sajikan ketan, irisan mangga yang sudah didinginkan & siram dengan kuah santan.

4. Taburkan biji wijen sebagai pemanis penampilan

2. Mango Thai

Minuman yang lagi hitz ini memang cocok buat melepas dahaga seharian. Seger banget deh!

Bahan :

- 3 Buah Mangga (Atau sesuai selera)

- 200 cc air

- 1 sdm madu

- Segelas es batu

- 1 cup yoghurt

- 1,5 sdm susu kental manis

- Whipped Cream (Sesuai selera)

 

Cara membuat : 1. Kupas 1 buah mangga, potong bentuk dadu kecil dan dinginkan.

2. Blender 2 buah mangga dengan air dan es batu (atau bisa diganti air dingin jika tidak ada es batu)

3. Masukkan jus mangga, tambahkan whipped cream yang sudah dicampur dengan yoghurt dan susu.

4. Hiasi dengan dengan potongan mangga yang sudah dingin diatasnya

3. Mango Sticky Ice Cream

Es krim stik dari mangga memang nggak ada duanya! Murah, enak dan gampang dibuat.

Bahan :

- 2 Buah mangga

-  1 Sachet susu kental manis (Putih)

-  ½  gelas air (Atau secukupnya)

- Gula / Madu (Secukupnya)

 

Cara membuat :

1. Kupas mangga, kemudian blender dengan susu kental manis, gula atau madu secukupnya dan ½  gelas air.

2. Masukkan kedalam cetakan ice cream atau cetakan agar-agar

3. Masukkan kedalam Freezer dan tunggu selama 1 hari atau hingga es krim mengeras

4. Cabut dari cetakan dan siap dinikmati

4. Ice Mango Tea

Ice Mango Tea

Kalau bosen sama es teh biasa, bisa lho dikreasikan dengan buah mangga. Yup, Ice Mango Tea siap mencerahkan hari kamu!

Bahan :

- 2 Buah mangga

- 2 Kantong teh celup

- 3 Gelas air (atau sesuai selera)

- 1 buah Jeruk nipis

- Gula (sesuai selera)

- Daun mint

 Cara membuat :

1. Kupas mangga dan blender hingga halus dan dinginkan

2. Siapkan teh (campur air yang sudah dipanaskan dengan 2 kantong teh celup dan sedikit gula, aduk rata, dan dinginkan)

3. Campurkan mangga yang sudah dihaluskan kedalam the

4. Tambahkan perasan jeruk nipis dan  daun mint, Es Teh Mangga siap disajikan

5. Dried Mango

Butuh cemilan sehat? Dried Mango atau asinan mangga ini dijamin bikin nggak berhenti ngunyah.

Bahan :

- 2 buah mangga

- ½ gelas jus lemon

- ½ gelas air

- Siapkan oven dan kain katun tipis

Cara membuat :

1. Panaskan oven (suhu 62°C)

2. Potong mangga dengan bentuk yang konsisten

3. Campurkan air dan jus lemon, kemudian celupkan potongan buah kedalamnya

4. Siapkan kain katun tipis sebagai alas oven. Kemudian panggang irisan mangga sekitar 4-12 jam dengan posisi oven sedikit terbuka.

5. Amati dan cicipi jika sudah keras, kemudian hidangkan

6. Mango Pudding

Bahan :

- 2 buah mangga

- 1 bungkus agar-agar (bening)

-  100gr gula pasir

- 100ml susu cair

 

Cara membuat :

1. Kupas dan haluskan mangga

2. Masak air, bubuk agar-agar, susu cair, pure mangga dan gula pasir dengan api sedang. Aduk sampai rata dan mendidih.

3. Masukkan ke dalam wadah, diamkan sejenak

4. Dinginkan dan Mango Pudding siap disajikan

7. Rujak Mangga

Nggak cuma buat ibu-ibu hamil yang sedang ngidam, rujak mangga bisa dinikmati semua orang yang lagi butuh kesegaran.

Bahan :

- 2 buah mangga muda

- 5 buah cabai merah

- 3 buah cabai setan

- Sedikit terasi, bakar hingga harum

- 3sdm gula pasir

- Air secukupnya

 

Cara membuat :

1. Kupas mangga muda dan potong-potong

2. Haluskan cabai merah, cabai setan, gula pasir dan terasi yang sudah dibakar (jangan terlalu halus, usahakan cabainya masih bertekstur)

4. Campurkan potongan mangga dengan bumbu dan tambahkan sedikit air. Rujak Mangga siap dinikmati

Tidak hanya enak dikonsumsi langsung, buah mangga juga bisa jadi bahan dasar cemilan dan minuman yang super segar. Dan yang terpenting, semua olahan mangga ini sudah pasti sehat dan juga nggak menguras kantong guys. Jadi tunggu apa lagi, ayo bikin sekarang juga!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
2.4 KSHARES