Tirukan 8 Kebiasaan Ini, Biar Postur Tubuh Tetap OK dan Nggak Bungkuk Terlalu Dini

28 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Punya postur tubuh yang nggak sempurna tidak hanya memperburuk penampilan, tetapi juga akan mengganggu kondisi kesehatanmu. Kamu akan lebih sering merasa pegal dan lelah karena peredaran darah yang kurang lancar. Efek jangka panjangnya pun bisa lebih buruk misalnya bisa mengubah cara berjalanmu dan tentunya membatasi gerak-gerikmu. Kamu jadi nggak selentur dulu lagi.

Tanpa disadari, ternyata postur tubuhmu yang sekarang ini sangat mempengaruhi masa depanmu nantinya. Kebiasaan yang kamu anggap sepele dan kayaknya biasa aja, bisa bikin ruang gerak tubuhmu nantinya jadi serba terbatas.

Mumpung masih belum terlanjur dan kejadian, ada baiknya kamu ubah kebiasaan yang kurang baik ini dan coba dengan kebiasaan yang baru. Biar sampai tua nanti, postur tubuh, tulang, badan, dan kesehatanmu tetap fit!

1. Duduk tegak

Saat bekerja di depan komputer, secara tidak sadar kita bisa saja membungkuk untuk melihat layar lebih dekat selama berjam-jam tiap harinya. Kamu pun merasa punggungmu makin hari makin sering pegal. Makanya berusahalah duduk tegak.

Dukung usahamu dengan menggunakan kursi dan meja yang ukuran tingginya sesuai dengan ukuran tubuhmu. Pastikan punggung dan lehermu tegak, kemudian kaki menapak dengan sempurna. Pilih saja kursi yang adjustable, sehingga bisa disesuaikan tingginya dengan meja.

Lakukan juga perenggangan secara periodik saat harus duduk di depan layar komputer, sebab seringkali kita tidak sadar sudah membungkuk terlalu lama.

2. Saat menyetir atau mengendarai motor

Sama saat bekerja, ketika duduk di belakang kemudi biasanya pun kita sering membungkuk. Jika kamu menyetir mobil sesuaikan saja kursi kemudimu sehingga kamu nggak perlu membungkuk dan punggungmu bisa bersandar ke kursi dengan nyaman.

Lain halnya dengan naik motor, akan lebih susah sebab tidak ada sandaran untuk menopang punggungmu. Caranya adalah biasakan untuk duduk tegak dengan menyesuaikan jarak duduk dengan stang motor menggunakan kedua tanganmu. Carilah posisi paling nyaman agar punggungmu tidak membungkuk.  

3. Terlalu lama membungkuk menatap layar smartphone

Ketika menggunakan smartphone, otomatis kepala kita akan menunduk ke bawah. Jika posisimu salah, kamu akan merasakan sakit pada bagian leher, bahu, serta lengan yang kamu gunakan untuk memegang smartphone. Ubah kebiasaanmu dengan lebih sering meletakkan smartphone selevel dengan mata, atau gunakan penyangga agar bisa meletakkannya di meja.

4. Kebiasaan menggunakan gadget sambil bermalas-malasan di kasur

Bermalas-malasan sambil memainkan smartphone dan laptop memang menyenangkan, tetapi kamu telah berbuat buruk pada tubuhmu sendiri. Kebiasaan bersender pada punggung bagian atas dapat merusak postur tubuhmu. Efek jangka pendeknya kamu akan lebih sering merasakan pegal di bagian pinggang dan tentunya punggung.

5. Terlalu lama duduk

Tidak hanya kebiasaan duduk yang salah, terlalu lama duduk saja sudah bisa menimbulkan masalah. Makanya, saat harus bekerja dalam keadaan duduk cobalah ambil jeda sejenak. Kamu bisa beberapa kali untuk berdiri, melakukan peregangan, atau berjalan-jalan.

6. Berdiri dan berjalan dengan benar

Saat berjalan seringkali kita menundukkan kepala, ini akan membuat otot leher menegang serta punggung menjadi melengkung. Untuk itu ketika berdiri cobalah untuk tegak, posisi dagu sejajar dengan tanah, dan berjalanlah dengan menapakkan tumit terlebih dahulu baru telapak kaki, bukan sebaliknya.  

7. Saat tidur

Pilih matras yang selalu kembali ke bentuk semula, hindari matras yang sudah melengkung karena terlalu lama dipakai. Tidur dengan posisi miring atau telentang lebih dianjurkan. Jika kamu merasa sakit di bagian punggung karena lelah bekerja seharian, kamu disarankan tidur miring dan meletakkan bantal di antara dua kakimu atau di bawah kedua lututmu.

8. Olahraga teratur

Olahraga teratur bisa membantumu mengembalikan postur tubuhmu yang mulai berubah. Berjalan kaki, lari, atau lakukan senam aerobik untuk melenturkan otot-otot yang kaku bisa jadi pilihan. Kalau ada uang lebih coba pilates yang bisa jadi terapi untuk tulang belakangmu.  

Untuk bisa menjaga postur tubuh bisa tetap bak dan sempurna memang nggak mudah. Ternyata, ada banyak juga hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki hal ini. Dimulai dari dirimu sendiri, nggak ada salahnya untuk berkomitmen dan mulai membiasakan diri pelan-pelan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES