Tips Mengatasi Keringat Berlebih Supaya Aktivitas Tak Ikut Terganggu

www.pexels.com

Saat tubuh memproduksi keringat, ini adalah tanda bahwa tubuhmu bekerja baik. Namun sebagian orang menganggap bahwa keringat itu justru merepotkan di momen tertentu. Apalagi bagi orang yang tubuhnya mengeluarkan keringat berlebih.

Hal ini memang umum terjadi. Seseorang yang mengeluarkan keringat berlebih itu kemungkinan memiliki kelenjar keringat yang lebih banyak dari orang pada umumnya. Bisa jadi hal ini dipengaruhi oleh masalah kesehatan seperti hiperhidrosis. Ini adalah kondisi seseorang mudah berkeringat ketika cuaca tak panas bahkan ketika tidak aktif bergerak.

Beragam penyebab ini menimbulkan yang mempengaruhi rasa percaya diri. Setidaknya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi keringat berlebih. Biar aktivitasmu tak terganggu juga tentunya.

1. Jangan terlalu sering makan makanan pedas

pexels.com

Buat sebagian orang Indonesia, rasanya belum sah makan kalau tidak menyantap makanan pedas. Untuk yang memiliki masalah hiperhidrosis atau memiliki kelenjar keringat berlebih, mengonsumsi makanan ini perlu dikurangi.

Bayangkan saja kalau makan pedas di cuaca panas, bakal sebasah apa tubuhmu karena keringat yang bercucuran. Hal ini bertujuan untuk menghindari produksi keringat yang semakin menggila. Sebaiknya, diganti menu makanan dengan yang tidak pedas berlebihan. Dengan begitu, kelenjar keringatmu tidak bekerja terlalu keras.

2. Kenakan pakaian berbahan katun yang menyerap keringat

pexels.com

Mengenakan pakaian berbahan katun juga bisa membantu untuk mengatasi masalah keringat berlebih. Katun jauh lebih nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik ketimbang bahan sintetis dan polyester.

Kalau harus mengenakan kemeja saat bekerja, pilih kemeja yang dibuat dari bahan 100% katun asli. Kalau perlu, pakai singlet berbahan adem yang tidak terlalu tebal untuk mencegah keringat merembes ke permukaan kemeja.

3. Hindari pemakaian kaus kaki lebih dari sekali

pexels.com

Buat yang memiliki masalah keringat berlebih, memang bakalan harus sering mengganti apa saja yang dipakai dalam waktu yang tidak terlalu lama. Salah satunya adalah kaus kaki. Jangan pakai kaus kaki yang sudah dipakai sekali. Cuci dan pakai sepasang kaus kaki baru bersih yang wangi.

Selain itu, kamu juga perlu melepas sepatu dan memakai sandal saat tidak diperlukan. Supaya alas kakimu tidak bau dan bakteri dari keringat yang di kaus kaki tidak menyebar dan menjadi polusi udara.

4. Jangan memakai pakaian ketat
pexels.com

Memakai pakaian longgar sangat disarankan ketika kamu ingin mengurangi keringat di tubuh. Kulit jadi lebihleluasa untuk bernafas dan area lekukan tubuh tidak akan gerah. 

5. Mengontrol emosi
pexels.com

Apa kaitannya emosi dan keringat? Jelas ada! Saat panik dan emosi sedang naik, keringat yang keluar akan lebih banyak daripada biasanya. Hal ini berlaku saat kamu merasa stres, marah, dan merasakan emosi lainnya.

Mengontrol emosi paling tidak bisa membantu untuk mengurangi kecemasan yang otomatis akan mengurangi produksi keringat yang mengucur deras dari tubuhmu. Sederhana, 'kan?

6. Menjaga berat badan

pexels.com

Jika diperhatikan, orang dengan berat badan berlebih cenderung mengeluarkan keringat lebih banyak dari orang lain yang bertubuh ideal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama karena adanya lipatan tubuh yang rapat dan banyak. Keringat dapat muncul dari dalam lipatan tersebut dan ini membuat udara jadi sulit masuk.

Selain itu, orang dengan berat badan berlebih juga membutuhkan energi lebih untuk dapat terus bergerak. Hal ini yang kemudian memicu kenaikan suhu tubuh dan produksi keringat jadi lebih sering dan banyak.

7. Pakai deodoran yang mengandung antiperspirant

pexels.com

Salah satu cara untuk setidaknya meminimalisir penyebaran kuman pada ketiak, tidak berbau menyengat, bahkan memblokade kelenjar keringat sesaat adalah menggunakan deodoran yang mengandung antiprespiran. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter supaya bisa diresepkan secara khusus.

Pasalnya, deodoran biasa hanya membantu ketiak agar tidak terlalu bau. Tapi tidak mampu mengatur sementara produksi keringat di tubuh.

Memiliki masalah dengan keringat berlebih itu memang terkadang merepotkan. Terlebih lagi buat kamu yang pekerjaannya diharuskan untuk berinetraksi dengan banyak orang penting dalam satu waktu. Berkeringat bakalan bikin minder. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips di atas untuk mengurangi produksi keringat yang terjadi pada tubuhmu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Siap Guncang Box Office, Ini Daftar Film Superhero yang Bakal Tayang 2020-2022 | Keepo.me

Siap Guncang Box Office, Ini Daftar Film Superhero yang Bakal Tayang 2020-2022 | Keepo.me

Style Agen Rahasia Ala Suzy di Drama Vagabond

Style Agen Rahasia Ala Suzy di Drama Vagabond

Mau Konten Audio yang Jernih? Pakai Aplikasi Perekam Suara PC Ini! | Keepo.me

Mau Konten Audio yang Jernih? Pakai Aplikasi Perekam Suara PC Ini! | Keepo.me

Style Ikonik Billie Eilish Ini Jadi Identitas Penampilannya di Banyak Acara

Style Ikonik Billie Eilish Ini Jadi Identitas Penampilannya di Banyak Acara

Lupakan Rasa Pahitnya, Manfaat Pare Ini Berikan Efek Baik untuk Badan dan Wajahmu | Keepo.me

Lupakan Rasa Pahitnya, Manfaat Pare Ini Berikan Efek Baik untuk Badan dan Wajahmu | Keepo.me

Tips Merawat Kulit yang Sesuai dengan Masalah Wajah dan Budget

Tips Merawat Kulit yang Sesuai dengan Masalah Wajah dan Budget

loading