Tips Memilih Sabun Wajah yang Tepat untuk Kulit Wajah

pexels.com

Kulit wajah memang menjadi salah satu area yang sensitif dibanding bagian kulit lainnya. Memilih produk yang bersentuhan langsung dengan area ini juga harus melalui pertimbangan yang tepat.

Jika salah memilih produk, taruhannya adalah mudahnya terserang masalah kulit. Mulai dari jerawat, kering, maupun jadi terlalu berminyak. Facial wash sendiri membantu membersihkan kotoran dari pori-pori wajah.

Produk ini juga berfungsi untuk mengatasi minyak dan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Nggak cuma itu, fungsi sabun wajah bisa memaksimalkan kondisi dan tekstur kulitmu apabila kandungannya sesuai dengan kebutuhan.

1. Cari tahu komposisi bahan yang terkandung

allure.com

Mencari tahu komposisi bahan yang terkandung dalam sebuah produk dirasa cukup perlu, bahkan wajib. Ini untuk menghindari risiko mengalami alergi karena ketidakcocokan dengan bahan yang terkandung di dalam sabun wajah.

Terlebih lagi untuk yang memiliki kulit sensitif. Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit jika tidak kunjung menemukan sabun wajah di drugstore.

2. Pahami jenis kulit dan kebutuhan

pexels.com

Memahami jenis kulit itu wajib. Apakah kamu memiliki jenis kulit yang sensitif, berminyak, atau cenderung kering? Sah-sah saja mencari tahu jenis kulit sendiri. Kamu bisa atur jadwal dengan dokter kulit supaya bisa lebih pasti jawabannya.

Selain itu, cari tahu juga apakah kulit wajahmu termasuk kulit yang dehidrasi atau tidak. Hal ini dimaksudkan agar dapat mendapatkan produk sabun wajah yang memang diperuntukkan sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Saat dipakai, diharapkan produknya tidak membuat breakout bahkan over-hydrate.

3. Amati kondisi wajah setelah menggunakan sabun wajah

pexels.com

Mengamati kondisi wajah setelah menggunakan sabun wajah juga dirasa perlu. Hal ini karena biasanya efek dari penggunaan sabun wajah itu akan langsung terlihat setelah penggunaan.

Meskipun embel-embel kulit cerah tidak selalu terbukti, dengan mengamati kondisi kulit wajah. Bisa jadi bakal terasa kaku, kering, dan bahkan berminyak. Jika terjadi seperti itu, lebih baik hentikan penggunaan facial wash ini.

4. Amati tanda alergi
pexels.com

Mengamati apakah terdapat tanda-tanda alergi setelah menggunakan produk sabun wajah yang dibeli itu juga perlu. Tanda alergi seperti gatal dan wajah yang memerah panas bisa mengindikasikan ketidakcocokan dan penolakan wajah terhadap kandungan bahan di dalam produk tersebut. Jika menemukan tanda seperti di atas, ada baiknya segera hentikan pemakaian.

5. Cek review produk dari orang dengan tipe wajah sama
realsimple.com

Mencari tahu review melalui situs terpercaya dari reviewer yang memiliki jenis kulit yang sama denganmu juga sangat membantu. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam sebuah produk bisa bereaksi sama dengan orang yang memiliki jenis kulit yang sama. Meskipun tidak akan sama persis, kamu bisa mengamati plus dan minus dari ulasan tersebut.

6. Rekomendasi dokter kulit

pexels.com

Kalau merasa kurang cocok menggunakan produk umum yang dijual di drugstore, mungkin kamu bisa beralih ke produk sabun wajah yang direkomendasikan oleh dokter spesialis kulit. Selain guna mengetahui jenis kulit, dokter akan menyarankan produk bahkan meresepkan produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan wajahmu.

7. Bahan alami

pexels.com

Kalau memang sudah melakukan seluruh tips yang disarankan namun tak kunjung juga mendapatkan sabun wajah yang benar-benar sesuai dengan kulit wajah, kamu bisa beralih ke produk alami. Air cucian beras misalnya.

Bahan alami ini katanya memang manjur untuk mencerahkan kulit wajah dan bikin kenyal. Selain itu, kamu bisa juga berkreasi dengan menciptakan masker dari beras yang ditumbuk.

Menemukan produk facial wash yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita memang perlu. Hal ini berguna untuk menghindari ketidakcocokan yang dapat membuat wajah kita jadi bermasalah.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Waduh! Driver Ojol Ini Dapat Order untuk Bukakan Pintu Toilet | Keepo.me

Waduh! Driver Ojol Ini Dapat Order untuk Bukakan Pintu Toilet | Keepo.me

Tips Cantik Ala Cleopatra yang Masih Dipraktikkan Hingga Saat Ini

Tips Cantik Ala Cleopatra yang Masih Dipraktikkan Hingga Saat Ini

Deretan Momen Kocak Ini Malah Bikin Pernikahan Gagal Sakral! | Keepo.me

Deretan Momen Kocak Ini Malah Bikin Pernikahan Gagal Sakral! | Keepo.me

Hairstyle Ala Selebriti Hollywood yang Timeless

Hairstyle Ala Selebriti Hollywood yang Timeless

Bikin Seru! 10 Tempat Outbound Malang untuk Acara Kantor & Keluarga | Keepo.me

Bikin Seru! 10 Tempat Outbound Malang untuk Acara Kantor & Keluarga | Keepo.me

Menu Makanan untuk Diet yang Rasanya Enak Banget

Menu Makanan untuk Diet yang Rasanya Enak Banget

loading