Tips Jitu Buat Bedain Pomade, Wax, dan Gel. Panduan Wajib Buat Para Pria!

15 Desember 2017
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Buat yang peduli sama tatanan rambut, para cowok pasti akan berkenalan dengan beberapa benda sakral ini. Pomade, wax, dan gel. Yah, paling tidak salah satu dari tiga benda ini pernah kamu pakai sesekali dulu.

Tapi, kamu tahu nggak kalau ternyata mereka adalah benda yang punya tekstur dan fungsi yang berbeda. Bahkan, hasil yang didapat rambut pun jelas beda.

Nah, supaya kamu nggak salah paham dan ketuker lagi, Yukepo sudah menyiapkan informasi ciamik buat membedakan antara pomade, wax, dan gel. Yuk segera kepoin, boys!

Pertama, kita bahas pomade dulu ya. Pomade terbuat dari bahan minyak dan mengandung lemak. Biasanya bahan yang digunakan adalah minyak kelapa, wax, lanolin, dan wewangian khusus untuk memberi aroma pada pomade.

Pomade gak cuma terbuat dari minyak lho. Ada juga pomade yang water based atau berbahan dasar air. Bedanya, pomade yang water based ini bisa larut dalam air dan lebih mudah dicuci dibandingkan pomade yang oil based.

Karena pomade berbahan dasar minyak, nggak aneh kalau pomade ngasih kesan berkilau dan klimis teratur pada rambut. Umumnya pemakaian pomade ini akan membuat rambut lebih gampang diatur dan nggak kaku. Gaya rambut yang pake pomade ini biasanya yang disisir ke belakang atau yang membentuk jambul.

Kedua, wax. Wax ini punya tekstur yang lebih kental karena terbuat dari bahan lilin atau wax. Beda sama pomade, wax ini gak ngasih efek minyak karena emang bukan oil based ya. Wax yang umum dijual di pasaran adalah solid wax, gel wax, dan cream wax.

Beda bahan pembuatan, beda juga hasilnya dong. Wax ini bisa bikin rambut kamu keliatan lebih kaku, terlihat basah, dan rambut bisa ditata ulang tanpa rasa lengket. Tapi, buat yang rambutnya halus dan panjang, pemakaian wax ini kurang cocok. Wax juga bisa bikin rambut kamu keliatan lebih bervolume lho. Eh, bedanya lagi, wax ini lebih mudah dicuci karena bukan oil based.

Terakhir, gel. Gel atau hair gel jenis minyak rambut yang lebih kasar, lebih kaku, dan lebih keras dibandingin sama wax. Kandungan resintang dalam gel yang bisa bikin kesan kaku dan keras tapi tetap ngasih kesan basah pada rambut. Kesan basah ini efek dari gel yang sebenernya bahan dasar utamanya itu air lho.

Efek keras dan kaku yang dihasilkan gel ini cocok nih buat kamu yang pengen pake gaya rambut mohawk. Tapi, hasil keras dan kaku dari gel bikin rambut kamu bisa acak-acakan lagi kalau mau ditata ulang. Kelemahan lainnya, karena gel berbahan dasar air, jadi gel ini nggak bisa bertahan lama ya.

Itu dia tuh perbedaan antara pomade, wax, dan gel maksudnya. Sekarang udah tau 'kan apa bedanya mulai dari bentuk, hingga hasilnya pada rambut. Sekarang kamu bisa makin paham kan sama kebutuhan gaya rambut kamu? Selamat merawat rambutmu ya, semoga segera jadi ganteng!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES