Tips Buat Kamu yang Akan Menghadapi Wawancara Kerja, Ingat 5 Hal ini

10 Desember 2017
|Muhammad Multazam
578SHARES

Wawancara merupakan salah satu tahap penting pada seleksi karyawan di berbagai perusahaan. Secara singkat wawancara adalah motode langsung untuk pihak Human Resources Development (HRD) suatu perusahaan mengenali dirimu secara lebih dekat.

Tahapan ini biasanya berada pada tingkatan akhir dalam sebuah seleksi kerja. Jadi tidak heran mengapa, proses wawancara ini sangat menegangkan.

Namun di balik itu semua pada dasarnya ada beberapa tips khusus yang bisa menjadi jurus jitu bagi yang ingin mengikuti tahapan wawancara. Tips tersebut, 99% bisa membuat pewawancara untuk yakin kepada diri kamu dan memilihmu menjadi salah satu karyawan di perusahaannya.

1. Kunci pertama tetaplah tenang. Jangan sampai gugup berlebihan agar wawancara kerja tak jadi berantakan

Grogi membuatmu terlihat ragu-ragu dalam memberikan jawaban pertanyaan yang diajukan. Ragu dalam memberi jawaban sangat mempengaruhi penilaian. Sehingga mengapa tips terpenting dalam wawancara kerja adalah tetap santai.

2. Pelajari pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan

Di website-website penyedia informasi pekerjaan, banyak sekali menyediakan contoh-contoh pertanyaan yang kemungkinan besar akan ditanyakan pada saat wawancara, oleh karena itu pelajari dan siapkan jawaban pasti.

3. Pastikan datang dengan attitude yang baik. Agar pewawancara terpikat pada kesan pertama

Ada beberapa tata krama pokok yang harus diperhatikan, budaya Indonesia sangat mengedepankan sopan dan santun. Oleh karena itu, saat wawancara perlihatkan bahwa kamu memiliki tata krama yang baik. Awali dengan salam, jangan duduk sebelum dipersilahkan, dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

4. Kenali seluk beluk perusahaan yang kamu lamar

Seperti ketika ingin melamar kekasih, tentunya kamu sudah tahu semua apa yang ada pada pilhananmu sehingga yakin memilih dia. Inilah hal yang juga berlaku pada proses wawancara perusahaan. Ketika kamu mengenal perusahaan yang kamu lamar, peluang untuk diterima memang akan lebih besar.

Itulah mengapa, sebelum melakukan wawancara kerja sebaiknya kamu rajin-rajin mencari informasi tentang perusahaan tersebut. Nggak lucu juga kan kamu mengirim lamaran kerja pada perusahaan yang sama sekali tak kamu ketahui track record-nya.

5. Pilih penampilan yang menunjang keberhasilan dalam wawancara kerja. Rapi dan tidak berlebihan

Setelah empat hal diatas siap, jangan lupa untuk terlebih dahulu mempersiapkan busana yang paling sesuai permintaan pihak pewawancara. Tentunya busana paling umum adalah sopan. Hal yang paling penting juga dalam berbusana ketika seleksi kerja adalah tidak menggunakan pakaian berbahan jeans, apakah itu celana jeans atau jaket jeans. Bagi wanita, jangan menggunakan pakaian yang terlalu terbuka, ataupun pakaian yang terlalu ketat.

Itulah 5 tips singkat bagi kamu yang akan mengikuti wawancara kerja. Diharapkan untuk selalu mempersiapkan segala tahapan yang akan kamu lalui dalam proses seleksi karyawan. Karena sepandai apapun kamu, tidak akan berarti apabila ketika wawancara kamu menjadi orang yang pasif dan ragu-ragu dalam memberikan jawaban.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Multazam
"personal blog mltazam.com"
578SHARES