Tidur Nggak Berkualitas Ternyata Bahaya. Terapkan 7 Cara Tidur yang Baik Ini, Yuk!

06 September 2017
|Naftalia Inge Fabian

Bagi sebagian orang, tidur menjadi suatu hal yang sangat mudah dilakukan. Tapi ada juga lho beberapa orang yang mengalami kesulitan saat harus pergi tidur. Padahal, normalnya manusia dewasa harus tidur paling sedikit 8 jam. Mungkin itu disebabkan cara tidur yang salah. So, bersyukurlah kalian semua yang bisa tidur di mana pun dan kapan pun. Karena ternyata, tidur yang nggak berkualitas itu berbahaya, lho! Banyak risikonya, antara lain rawan terserang penyakit seperti diabetes, serangan jantung dan kanker, juga menimbulkan tingkat konsentrasi yang terus menurun, bisa juga menyebabkan berat badan merangkak naik. Nggak mau kan ngalamin semua itu cuma karena masalah tidur yang nggak berkualitas? Maka dari itu, Yukepo mau kasih kalian tips cara tidur yang baik, benar dan berkualitas. Kepoin yuk!

1. Atur jadwal tidur

Kebanyakan dari penderita insomnia mengalami gangguan pada jam tidur. Mereka bisa terjaga sampai dini hari, kemudian tidur hingga siang hari. Kejadian seperti ini tentunya tidak baik bagi kondisi kesehatan kita. Oleh karena itu, usahakan untuk mengatur jadwal tidur dan bangun kalian. Pasang alarm atau tanda pengingat lainnya, dan lakukan rutin selama seminggu. Kalau sudah lewat seminggu, maka tubuh kalian akan dengan sendirinya menyesuaikan tanpa butuh alarm lagi. Tidur jadi teratur deh!

2. Jangan ada cahaya

Memang ada beberapa orang yang tidak bisa tidur dalam gelap, tapi ternyata setelah diteliti, keadaan ruangan yang tanpa cahaya sedikitpun mampu membuat kita terlelap lebih tenang dan berkualitas. Dan lebih mengejutkannya lagi, jika kita tidur dalam kondisi gelap, resiko penyakit seperti kanker dan depresi akan berkurang. Kondisi tubuh ketika bangun tidur juga akan lebih siap dan terasa segar. Tipsnya buat yang nggak bisa tidur dalam keadaan gelap, coba perlahan dengan memakai lampu tidur yang remang-remang. Lama-kelamaan kamu bakal berani kok tidur gelap-gelapan. Coba cara tidur seperti ini, yuk!

3. Jaga privasi

Kok privasi sih? Iya dong, maksudnya, jangan sampai kalian mengerjakan pekerjaan kantor ataupun pekerjaan sekolah di atas kasur. Kalau kamu terbiasa mengerjakannya sembari bersantai-santai di atas kasur, bisa-bisa alam bawah sadar kamu menganggap kalau kasur itu bukan jadi tempat istirahat lagi. Dan hal itu bisa menyebabkan kamu sulit tidur. Nggak mau kan nantinya sehabis capek-capek mengerjakan tugas atau PR, malah jadi nggak bisa tidur? Jangan sampai deh!

4. Matikan hp

Sering kali kita lupa waktu ketika bermain handphone bukan? Ternyata prinspin main HP agar cepat ngantuk itu salah besar, guys! Justru ketika kita terlalu lama menatap layar ponsel, energi kita akan terus terkuras dan kita tidak ingat sudah berapa lama kita terjaga. Selain mengganggu jam tidur, mata kita juga akan kelelahan. Akibatnya, tidur jadi tidak berkualitas dan kesehatan mata juga jadi terganggu. Waduh, dobel resiko nih kalau gini. Coba deh buat mematikan ponsel ketika hendak beranjak tidur, atau minimal jangan bermain HP. Perbaiki cara tidurmu mulai sekarang ya.

5. Olahraga?

Olahraga yang dilakukan rutin setiap hari memang bisa membantu tubuh menjadi lebih bugar, juga meningkatkan kualitas tidur pada seseorang. Tapi jangan sampai salah porsi ya. Olahraga yang baik ialah pada pagi atau sore hari. Kalau kamu melakukan olahraga fisik yang cukup berat pada malam sebelum pergi tidur, yang ada bukannya badan kamu jadi kelelahan dan gampang terlelap, tapi justru sebaliknya, badan kamu akan terjaga lebih lama dan enggan untuk beristirahat.

6. Kebersihan nomor 1

Apa sih hubungannya menjaga kebersihan kamar dan badan dengan kualitas tidur kita? Sedikit banyak, kebersihan akan mampu meningkatkan kualitas dan cara tidur kita, guys. Coba saja bayangkan, kita tidur dalam kondisi badan berkeringat ditambah kasur yang berantakan dengan seprei belum diganti satu tahun. Hiy! Bukannya tidur nyenyak yang kita dapat, justru tidur tidak nyaman bahkan tidak bisa tidur, belum lagi kuman-kuman yang berbahaya bagi tubuh. Nggak berarti harus mandi malam kok, cukup pastikan tubuh dalam kondisi bersih, begitu juga dengan pakaian yang kita kenakan juga dengan kondisi kasur serta perlengkapannya seperti bantal, sprei dan selimut.

7. Jangan makan berat

Hal penting lainnya untuk mendapatkan tidur berkualitas ialah menjaga pola makan. Usahakan untuk makan malam sekurang-kurangnya 2 jam sebelum kita terlelap. Karena bahaya akan mengincar ketika kita langsung pergi tidur setelah makan makanan yang berat. Asam lambung akan naik dan mengganggu kesehatan kita. Tubuh juga akan tetap bekerja selama kita tidur, sungguh nggak sehat bukan? Meski mungkin bisa tidur, tapi itu nggak bakal jadi tidur yang berkualitas, guys.

Tidur itu adalah saat di mana tubuh kita beristirahat sembari memulihkan kembali tenaga untuk esok hari, itu sebabnya menjaga tidur yang berkualitas sangatlah penting. Jangan malas untuk menciptakan tidur yang berkualitas ya! Jangan banyak begadang dan tidur yang cukup. Jangan lupa untuk menerapkan cara tidur yang baik seperti yang telah dijelaskan di atas, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
SHARES