Tersesat di Hutan dan Bekal Habis? Cari Saja 10 Tumbuhan Ini. Bisa Dimakan!

12 Oktober 2017
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Bagi yang suka menghabiskan waktu untuk menyambangi alam seperti gunung maupun hutan, tentu perlu menyiapkan bekal yang cukup saat perjalanan kalian. Tidak ada salahnya membawa kebutuhan dengan jumlah lebih banyak dari yang dibutuhkan karena bersentuhan dengan alam tidak dapat diduga apa yang akan terjadi. Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa saja menimpa kalian, misalnya tersesat.

Tersesat di hutan tidak akan begitu menyulitkan jika kita tetap tenang dan menguasai teknik bertahan hidup saat tersesat. Salah satunya ialah dengan mengetahui jenis tumbuhan yang aman untuk dikonsumsi. Alam telah menyediakan sumber daya yang melimpah dan aman dikonsumsi manusia.

Maka dari itu, kita harus mempelajari banyak hal sebelum melakukan perjalanan alam, salah satunya mengenali jenis-jenis tumbuhan hutan yang aman dikonsumsi. Yukepo udah nyiapin 10 jenis tumbuhan yang aman kamu makan kalau kamu kehabisan bekal makanan saat di hutan nih. Siapa tahu kamu butuh!

1. Asparagus

Asparagus adalah jenis sayuran yang bisa tumbuh di alam liar. Asparagus sebagian besar tumbuh di Eropa, Afrika Utara, Asia Barat, dan Amerika Utara. Asparagus liar mempunyai tangkai yang tipis. Tumbuhan ini banyak mengandung vitamin C, tiamin, kalium, dan vitamin B6. Kandungan zat-zat tersebut yang bikin asparagus liar aman dikonsumsi, guys. Asparagus bisa dimakan mentah atau juga direbus.

2. Cattail

Cattail atau ekor kucing biasa tumbuh di daerah rawa atau lahan yang basah. Cattail banyak tumbuh di Amerika Utara dan Inggris. Sebagian besar bagian cattail aman untuk dimakan. Sebelum makan, pastinya cattail harus dicuci sampai bersih. Bagian terbaik dari tumbuhan ini adalah bagian berwarna putih dan letaknya dekat dengan bagian bawah. Kamu bisa makan cattail secara langsung atau bisa juga direbus terlebih dulu.

3. Blackberry

Blackberry termasuk buah liar yang aman untuk dimakan. 100% aman, guys. Buahnya yang berwarna merah, berukuran kecil, batangnya berwarna merah dan memiliki duri panjang adalah ciri dari buah blackberry ini. Biasanya blackberry banyak tumbuh di semak-semak. 

4. Kudzu

Tumbuhan kudzu nggak cuma aman untuk dikonsumi, tapi tumbuhan liar ini juga punya manfaat untuk pengobatan lho. Anti inflamasi dann meredakan sakit kepala adalah manfaat dari Kudzu. Tumbuhan ini banyak ditemukan tumbuh liar di hutan. Kalau suka, kamu bisa makan langsung daunnya. Bagian akarnya juga aman dikonsumsi kok.

5. Dandelion

Bunga liar yang satu ini banyak tumbuh di daerah pegunungan di Indonesia. Bunga dandelion mempunyai warna kuning cerah yang membuatnya terlihat cantik. Dandelion mengandung vitamin A, vitamin C, dan beta karoten. Rasa dari bunga dandelion memang agak pahit, sih. Tapi kalian bisa merebusnya terlebih dulu untuk menghilangkan rasa pahitnya. Eh, nggak cuma bunganya lho yang bisa dimakan. Biji, akar, dan daunnya juga bisa dimakan kok.

6. Daylily

Bunga liar yang berwarna orange cerah ini ternyata aman dikonsumi lho. Bagian yang aman dikonsumi bagian bunganya aja ya. Kuncup bunga yang belum mekar bisa banget dimasak seperti sayuran. Pastinya setelah dimasak rasanya jadi nggak terlalu pahit.

7. Chickweed

Tumbuhan tahunan ini mempunyai bunga yang berbeda, bunganya berwarna putih dan berbentuk bintang. Chickweed biasanya dianggap sebagai gulma yang mengganggu, tapi ternyata daun dan batangnya bisa untuk dikonsumsi dengan dimakan langsung atau mentah. Bahkan chickweed ini sumber yang kaya akan pottasium dan kalsium.

8. Selfheal

Selfheal adalah tanaman liar yang berbunga cantik dengan warna ungu. Bagian yang aman untuk dimakan adalah batang dan daun mudanya. Selfheal mengandung vitamin C, A, dan K serta flavonoid. Nama tumbuhan ini sesuai dengan manfaatnya yang bisa menyembuhkan. Menggunakan selfheal sebagai obat kumur bisa mengobati sariawan, sakit tenggorokan, dan juga infeksi gusi. 

9. Mallow

Meskipun Mallow termasuk tumbuhan liar, Mallow mempunyai rasa yang cukup lezat untuk dikonsumsi. Mallow bisa dikonsumsi secara mentah seperti jenis sayuran hijau lainnya. Biji mallow juga bisa dikonsumi selama masih berwarna hijau dan bertekstur lembut.

10. Pineapple Weed

Pineapple weed sering dianggap sebagai gulma. Padahal, pineapple weed termasuk tanaman liar yang aman dan cukup lezat untuk dikonsumsi. Bunga pineapple weed bisa dikeringkan untuk kemudian dibuat tepung. Pineapple weed juga bisa digunakan untuk membuat teh seperti tanaman chamomile.

Itu dia jenis tumbuhan yang aman dikonsumsi kalau kamu kehabisan bekal makanan saat di hutan. Kamu perlu menyiapkan banyak hal sebelum melakukan perjalanan alam, karena alam selalu memiliki misterinya sendiri. jadi jangan pernah remehkan alam ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES