Ternyata, Sariawan Ada 6 Macam Lho. Yuk Cari Tahu Cara Nyembuhinnya yang Cepat!

23 September 2017
|Robertus Ari
0SHARES

Mungkin, ini salah satu penyakit kecil yang begitu menyebalkan bagi banyak orang! Ya, sariawan bisa sangat mengganggu kamu dalam beraktivitas sehari-hari. Untuk makan terganggu, minum jadi nggak menikmati, bahkan berbicara pun jadi tak nyaman karena menahan perih yang tak tertahan.

Namun ternyata, sariawan punya jenis-jenisnya loh. Yuk, ketahui apa saja sih jenis sariawan dan bagaimana cara mengobatinya. Ternyata, beda penyakit, beda juga penanganannya!

 

1. Sariawan mayor

Ciri sariawan mayor punya cekungan agak dalam di bagian lukanya. Ukuran luka ini bisa 8 sampai 10 millimeter dengan tepi luka yang tak beraturan. Nah, di situlah rasa nyeri yang luar biasa muncul. Sariawan mayor ini sembuh sendiri dengan waktu yang cukup lama, yaitu 4 sampai 5 minggu.

2. Sariawan minor

Ukuran sariawan ini cukup kecil, kisaran 2-4 milimeter. Namun jumlah luka atau ulser bisa sampai 5 sekaligus. Untuk sembuh, sariawan minor memakan waktu dari 3 sampai 7 hari.

3. Sariawan therpetiformis

Sariawan herpetiformis mirip dengan herpes, bentuk luka kecil-kecil yang dangkal tapi jumlahnya cukup banyak. Bahkan, jumlah ulser tersebut bisa sampai 100, dengan ukuran 1 sampai 2 milimeter. Namun sariawan ini akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 sampai 2 minggu.

4. Stomatitis aphtous

Sariawan jenis ini punya ciri dengaan warna pucat atau kuning, dan kemerah-merahan di bagian tepi luka. Penyebab sariawan ini bisa kurangnya vitamin, virus, daya tahan tubuh berkurang, hingga stres. Untuk lama kesembuhan bisa memakan waktu sampai 20 hari.

5. Sariawan iritasi

Sariawan juga bisa disebabkan oleh iritasi yang mengakibatkan lapisan mukosa mulut terluka. Hal ini biasanya disebabkan karena kawat gigit, tergigit, penyakit gusi, hingga alergi hal-hal tertentu. Namun sariawan ini bisa sembuh sendiri selama 4 hingga 10 hari.

6. Bagaimana cara mengobati sariawan-sariawan ini?

Secara umum, beragam jenis sariawan tadi sembuh dengan sendirinya. Namun, memang membutuhkan waktu beberapa hari atau minggu. Kalau kamu tidak sabar menunggu tenang saja, kamu bisa melakukan hal-hal kecil untuk mengobati sariawan ini.

Kamu bisa lebih banyak makan buah, hindari stres, perbanyak asupan vitamin C dan B-kompleks, serta hindari makan pedas. Cara ini bisa mempercepat kesembuahan sariawan kamu. Namun jika sariawan tak kunjung sembuh dari waktu yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter, ya.

Nah, sekarang kamu tahu 'kan macam dari penyakit mulut yang sepele tapi bikin segala aktivitas terganggu ini? Pengobatannya pun sederhana sebenarnya. Tinggal dari kamunya saja mau menjaga kesehatan bagian tubuh ini atau tidak. Yuk kita penuhi kebutuhan vitamin C harian, biar nggak ngeluh sariawna terus.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES