Ternyata, Ini 5 Manfaat Air Cucian Beras yang Belum Banyak Orang Tahu!

rula.co.id

Memang segala sesuatu ada manfaatnya, baik buruknya tidak menjadi batasan suatu tersebut untuk bisa memberikan manfaat kepada kita. Hanya saja, terkadang kita tidak mengetahui manfaat apa yang ada di balik hal tersebut. Ini disebebakan banyak hal seperti ilmu kita sendiri yang belum sampai atau mungkin, malas buat cari tahu lebih dalam.

Salah satu hal yang memiliki banyak manfaat yang mungkin kita sendiri susah percaya adalah air bekas cucian beras. Mungkin kita sering langsung membuang air bekas cucian beras tersebut, tunggu dulu! Mungkin hal ini jangan sampai diulangi setelah membaca artikel ini, karena telah mengetahui manfaat dari air bekas cucian beras tersebut. Psst, katanya bisa bikin kulitmu mulus juga, lho! Langsung kepoin aja yuk, daripada penasaran.

1. Mencegah sembelit

Sumber Gambar

Bagi kamu yang sedang sembelit, mungkin bisa menggunakan air beras untuk menghilangkan sembelit. Caranya cukup mudah, ambil air bekas cucian beras saat nasi sedang dimasak. Saat rice cooker-mu sudah mulai mendidih, coba buka  dan ambil segera air berasnya. Lalu, tuangkan di wadah dan berikan sedikit garam, setelah itu bisa kamu minum. Kandungan patinya ternyata bisa bikin ususmu nggak rewel lagi.

2. Mencegah rambut rontok dan bercabang

Sumber Gambar

Kamu pasti juga nggak nyangka kalau ternyata air rendaman ini bisa mengurangi rambut rontok parah. Caranya juga cukup mudah. Pertama, setelah keramas tuangkan air beras pada rambut. Harus diingat bahwa air bekas cucian beras yang dituangkan sebelumnya sudah diencerkan dengan air biasa kemudian dilanjutkan dengan mengunakan ujung jari untuk memijat rambut selama kurang lebih 10 menit. 

3. Menghilangkan bekas jerawat

www.kumpulanpenyakit.com

Mungkin jerawat menjadi problem bagi semua orang, apalagi buat menghilangkan bekasnya, susah banget. Solusi instan yang ditawarkan, kebanyakan adalah dengan menggunakan obat-obatan kimia. Padahal, bisa saja bikin wajahmu semakin rusak karena kandungannya.

Nah, kalau kamu lebih suka sama yang alami, pakai saja rendaman beras ini untuk ngilangin bekas jerawat di wajahmu. Oleskan endapannya ke spot bekas jerawatnya. Setelah kering, baru deh dibilas.

4. Mongobati iritasi kulit
lifestyle.liputan6.com

Sebuah studi dermatologi menyebutkan bahwa penggunaan air cucian beras selama 15 menit setiap dua kali sehari pada pasien dermatitis atopic, dapat menjadi obat bagi iritasi yang dialaminya. Iritasi memang sering menyebalkan oleh karena itu mungkin air bekas cucian beras kini menjadi solusi.

5. Mengobati luka bakar
Sumber Gambar

Menggunakan air beras pada bagian kulit yang terbakar karena terpapar terik matahari, bisa mengobati luka itu, lho. Jangan lupa untuk kemudian membilas dengan air dingin setelah sekitar 6 menit.

Itulah beberapa manfaat penggunaan air bekas cucian beras, yang mungkin banyak dari kita belum tahu. Semoga setelah membaca artikel ini, kita jadi tahu manfaat tersembunyinya dan nggak membuangnya begitu saja ya. Siap tahu kamu tiba-tiba mengalaminya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Penjual Ombus-ombus di Pasar Medan Ini Nyanyiin Lagu Jokowi, Beritanya Langsung Viral!  - Keepodotme

Penjual Ombus-ombus di Pasar Medan Ini Nyanyiin Lagu Jokowi, Beritanya Langsung Viral! - Keepodotme

7 Cara Merawat Wajah Putih Alami Kayak Artis Korea. Biar Kamu Makin Cantik!

7 Cara Merawat Wajah Putih Alami Kayak Artis Korea. Biar Kamu Makin Cantik!

Permohonan Amnesti Untuk Kepiluan Baiq Nuril - Keepodotme

Permohonan Amnesti Untuk Kepiluan Baiq Nuril - Keepodotme

Terapkan 9 Pose Ini Saat Foto Bareng Pasangan. Jangan Keliru, Biar Nggak 'Gatot'!

Terapkan 9 Pose Ini Saat Foto Bareng Pasangan. Jangan Keliru, Biar Nggak 'Gatot'!

5 Tempat Wisata Favorit Saat Berkunjung ke Malaysia - Keepodotme

5 Tempat Wisata Favorit Saat Berkunjung ke Malaysia - Keepodotme

10 Makanan Paling Recommended Buat Kamu yang Diet dan Pingin Langsing. Coba Yuk!

10 Makanan Paling Recommended Buat Kamu yang Diet dan Pingin Langsing. Coba Yuk!

loading