Tas Kulitmu Bisa Awet 10 Tahun, Asal 7 Kiat Merawat Ini Nggak Kelewat!

28 April 2018
|vony zamrudiyah

Berbagai brand berlomba-lomba memproduksi tas berbahan kulit dengan berbagai desain yang unik. Model yang fashionable dan up-to-date, jelas para kaum hawa semakin tergila-gila. Pun buat para cowok, nggak sedikit yang jatuh hati dengan bahan ini. Kamu pun rela merogoh kocek lebih untuk mengadopsi beberapa tas kulit dengan warna dan model yang kamu suka.

Memang tak bisa dipungkiri, memakai tas ini bisa membuat penampilan kamu terlihat semakin modis. Selain itu, ada kesan dewasa dan formal juga. Punya banyak koleksi boleh, tapi yakin sudah tahu cara merawatnya yang baik dan benar?

Udah tahu kalau tas kulit yang tidak terawat bisa ditumbuhi jamur? Sebelum mendadak jamuran, rawat tasmu dengan cara yang tepat biar tas selalu seperti baru dan tahan lama!

1. Simpan di tempat yang kering

Rapikan tas kamu ditempat yang kering ya. Apabila tas disimpan dalam suhu ruangan yang lembap, bisa memudahkan tas berjamur. Selain itu, paparan sinar matahari langsung secara terus-menerus dapat mengubah warnanya. Jangan heran kalau baru beli tapi udah keliatan buluk aja.

2. Gunakan body lotion untuk menghilangkan noda

Saat tas kesayanganmu terkena percikkan noda minuman dan saus makanan, harus banget buat segera dibersihkan! Dilap pakai tisu aja belum cukup untuk menghilangkannya. Bersihkan menggunakan body lotion pada bekas noda tas kamu. Kalau nggak segera dibersihkan, bisa-bisa nodanya nempel, membekas, dan nggak bisa hilang.

3. Gunakan baking soda untuk menghilangkan bau tak sedap

Memakai tas kulit terlalu sering menyebabkan polusi udara yang ada di jalanan menempel di tas kesayanganmu. Sehingga menyebarkan bau apek. Cara mudah menghilangkan bau apeknya yaitu dengan menaruh kantong berisi baking soda ke dalam tas kamu selama semalaman. Baking soda akan menyerap kotoran yang menempel di tas kamu. Dijamin besoknya bau apeknya sirna deh.

4. Gunakan bedak bayi untuk menjaga kelenturan kulit

Seperti manusia yang selalu membutuhkan body lotion biar tidak kering, tas kulit membutuhkan bedak tabur bayi agar keelastisannya bisa terjaga. Oleskan bedak tabur bayi secara merata pada tas kulit kamu. Biarkan bedak taburnya meresap selama seharian. Lakukan seminggu 1 kali jika kamu ingin tas kulit kamu tetap terjaga kualitasnya.

5. Gunakan pembersih tas khusus seperti handuk microfiber atau kapas

Biasakan membawa lap khusus tas kulit kamu, bisa menggunakan handuk microfiber untuk membersihkan noda yang tiba-tiba hinggap di tas kulitmu. Jangan biasakan menggunakan tisu basah dan saddle soap, karena kandungannya terlalu kuat bisa bikin tekstur tas kulit rusak dan mengelupas.

6. Gunakan secara bergantian

Semua pasti punya tas kulit lebih dari satu, ya ‘kan? Tetapi siapa sangka kalau tas kulit yang kamu simpan dengan maksut biar lebih awet malah bikin tas kamu jamuran.

Terlalu lama disimpan di luar ruangan, kelembapan kulit dan kelenturannya menjadi berkurang sehingga mudah berjamur. Kalau kamu memang pengen tas kulitmu lebih awet lagi, gunakan secara bergantian ya mulai sekarang.

7. Usahakan gunakan cover khusus tas saat menyimpannya dalam lemari. Menggantungnya akan merusak bentuk aslinya

Kebanyakan merek tas kulit ternama seperti LV, Hermes, dan Chanel memberikan kantong tas untuk dapat  menyimpan tas kesayanganmu. Namun jika tas kulitmu tidak memilikinya, kamu bisa membuat sendiri. Agar tas kamu tidak terkontaminasi oleh kotoran yang bisa memunculkan jamur.

Cukup beli sarung bantal yang ukurannya sepadan dengan tas kamu. Langkah terakhir ini, jika kamu lakukan dengan baik sangat penting juga untuk menjaga bentuk model tas kamu agar tetap seperti baru.

Merawat tas kulit memang butuh perhatian ekstra. Asalkan kamu tau triknya, pasti kualitas tas kesayanganmu akan tetap terjaga. Kalau sayang, meluangkan waktu semenit untuk merawat tas bukan hal sulit, 'kan? Coba deh praktikkan, biar tas kulit kesayangan kamu bebas dari noda, jamur, dan pastinya jadi tahan lama seperti tas baru terus deh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
vony zamrudiyah
"Learning by doing"
SHARES