Tanpa Perlu Ditaruh Kulkas, Ini Cara Bikin Sambal Ulegmu Awet Berhari-hari. Maknyus!

10 Maret 2018
|Dwi Ayu Silawati
1SHARES

Kemaslahatan anak rantau itu sering sekali dipertaruhkan. Karena tidak bisa selamanya makan enak. Beda kalau kamu tinggal di rumah. Bisa merasakan masakan Ibu tiap kali makan. Belum lagi kalau kamu suka dengan sambal buatan ibu, anugerah tiada tera memang enaknya!

Kalau pas lagi di kost dan ngidam sambal sebagai penambah selera tapi males beli gimana? Cuma buat sekali makan lagi. 'Kan sedih. Bikin sendiri aja!

Kamu nggak perlu khawatir, karena sambal yang pedas, endeus, dan awet berhari-hari tanpa masuk kulkas. Caranya? Nah, langsung aja siapkan bahan dan langsung eksekusi resep ini di dapur!

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Tentunya kamu butuh cabai, terserah mau merah atau hijau. Tetapi yang wajib adalah cabai rawit. Kemudian kamu juga butuh bawang putih, bawang merah, dan tomat.

Pilih bahan-bahan yang segar agar kualitas sambalmu juga baik. Apalagi nantinya akan kamu konsumsi dalam beberapa hari ke depan. 

2. Masak atau tumis bahan-bahan tersebut

Agar kualitasnya awet, kamu harus memastikan bahan-bahanmu matang. Jadi, tumis dulu semua bahan tadi dengan sedikit minyak hingga harum dan melunak, kira-kira 5-10 menit, alias setengah matang.

Kamu juga bisa merebusnya, jika tidak ingin terlalu banyak minyak. Dengan memasak bahan terlebih dahulu, kamu pun akan lebih mudah ketika menghaluskannya. 

3. Haluskan hingga sempurna

Setelah dimasak, siapkan cobek untuk menghaluskan bahan-bahan tadi. Kamu juga bisa menggunakan blender atau food processor agar lebih cepat. Namun, tentu rasa dan teksturnya tidak akan seorisinal yang menggunakan cobek.

Tambahkan merica, garam, dan sedikit gula sebagai bumbu. Tambahkan juga terasi jika perlu. Kamu juga bisa mengganti gula pasir dengan gula merah agar rasanya lebih autentik. 

4. Masak lagi hingga matang

Tadi kamu sempat memasak bahanmu hingga setengah matang. Kali ini kamu harus memastikan sambal yang sudah halus tadi matang. Gunakan sedikit minyak dan tumis sambalmu hingga tanak. Ini salah satu rahasia alami agar berbau sedap alias tidak langu, serta awet hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu. 

5. Biarkan dingin dulu sebelum dimasukan ke wadah

Setelah matang, biarkan sambalmu agak dingin sebelum dimasukan ke wadah. Pastikan wadahmu tertutup dan kedap udara ya, agar terjamin rasa dan kualitasnya. 

6. Simpan di lemari es atau suhu ruangan

Kamu bisa menyimpan sambalmu di suhu ruangan atau lemari es agar lebih tahan lama. Sesekali kamu bisa memanaskan atau menumis lagi sambalmu agar hangat saat akan disantap. 

7. Terakhir, bedakan sendok makan dengan sendok untuk mengambil sambal

Saat akan mengambil sambal usahakan menggunakan sendok yang bersih. Jangan gunakan sendok yang sudah kamu gunakan sebagai alat makan untuk mengambil sambal dari wadah. Bakteri dari air liur, juga sisa makanan akan mengendap dan akan membuat sambalmu cepat basi. 

Buruan siapkan sambal rumahanmu untuk bekal merantau. Jadi nggak ada deh yang namannya LDR sama sambal lagi saat jauh dari rumah. Cukup seminggu sekali bikin, bisa awet sampai hari Minggu. Cocok banget 'kan buat kamu yang mager kalau harus nguleg tiap hari.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
1SHARES