Tanpa Minum Obat dan ke Dokter, Sembuhkan Sakit Kepalamu dengan 7 Cara Ini

07 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Sakit kepala merupakan jenis penyakit yang paling sering menyerang manusia, layaknya flu. Meskipun tergolong penyakit ringan yang bisa datang dan hilang kapan saja, sakit kepala atau pusing pasti mengganggu aktivitas dan bikin sebel kalau terjadi terlalu sering.

Nah, ternyata sakit kepala punya beberapa penyebab yang juga bisa kita atasi sendiri lho! Jadi, sebelum pergi ke dokter atau minum obat ketahui dulu kenapanya, baru pertolongan pertamanya. Ini dia bocorannya!

1. Karena tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah terjadi ketika tekanan darah kita mencapai angka di bawah 90/60 mmHg. Ini bisa terjadi karena kita dehidrasi, faktor makanan yang kita konsumsi, perubahan posisi tubuh yang tiba-tiba. Misalnya dari berbaring langsung berdiri. Juga bisa karena pengaruh obat-obatan. Namun, beberapa orang memang memiliki kecenderungan tekanan darah rendah, selama tidak ada keluhan dan masalah, itu normal-normal saja.

Perlu diwaspadai jika kamu yang terbiasa memiliki tekanan darah normal dan merasakan pusing tiba-tiba, berkeringat dingin, dan sesak napas. Kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan minum air putih dan suplemen. Kamu juga bisa melakukan pencegahan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung natrium atau garam, buah-buahan, sayuran hijau, dan hindari olahraga berat. Namun, jika masih belum juga teratasi kamu tetap harus konsultasi ke dokter. 

2. Gara-gara dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan, kita jadi nggak bisa konsentrasi. Selain akan timbul rasa haus, kita juga cenderung merasa pusing. Ini terjadi biasanya ketika kamu olahraga terlalu berat tanpa sarapan terlebih dahulu. Bahkan ketika tidur dan kita dehidrasi biasanya kita akan terbangun dan segera minum.

Sebenarnya sudah banyak tanda yang dihasilkan tubuh ketika kita dehidrasi, misal urin kita jadi lebih pekat warnanya dan tentunya sakit kepala. Tentunya, ketika kamu pusing coba minum lebih banyak air. 

3. Masalah dengan telinga bagian dalam

Pusing juga bisa disebabkan karena masalah dalam telingamu. Misalnya saja ketika telingamu kemasukan air atau udara, rasanya pasti sangat nggak enak. Jika kamu pusing, coba cek apakah selama ini kamu punya masalah di bagian telinga, misal salah satu telinga terasa tersumbat dan sakit karena terlalu banyak kotoran atau cairan.

Periksakan diri ke dokter untuk diagnosa yang lebih tepat, kemudian hindari dulu konsumsi kafein, garam, apalagi rokok dan alkohol. Ingat, telinga, tenggorokan, dan hidung saling terkoneksi. 

4. Vertigo

Tanda-tanda vertigo adalah kepalamu rasanya pusing dan benda-benda sekitarmu terasa berputar. Terkadang terjadi ketika kamu baru bangun tidur. Ketika kamu merasakannya, tenangkan diri jangan terlalu banyak bergerak, dan coba pejamkan mata, biasanya hanya terjadi dalam hitungan menit. Namun, jika tak kunjung berhenti dan terjadi beberapa kali, kamu wajib ke dokter. 

5. Stres

Pusing juga bisa disebabkan karena stres, panik atau gugup yang hebat. Kamu bisa merasakan sensasi pusing kemudian ingin muntah. Ini bisa menyerang siapa saja, namun besar kecilnya dampak dari hal ini bisa bervariasi. Ketika kamu mulai merasakannya, kamu bisa melakukan terapi sederhana dengan menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan-lahan, minum minuman hangat seperti teh atau jahe.

Namun, lagi-lagi jika kamu terus merasakannya dan seringkali berlebihan, kamu perlu mengunjungi dokter dan melakukan beberapa terapi untuk mengurangi panic attack ini. 

6. Migrain

Gejala migrain atau sakit kepala sebagian mungkin sering kita rasakan ketika lelah, tegang di bagian leher kebanyakan karena terlalu lama bekerja dengan posisi tertentu. Untuk ini, kamu perlu melakukan sedikit peregangan, minum obat alami seperti jahe atau feverfew. Feverfew sejenis tanaman yang bermanfaat untuk mengurangi pusing, sekarang sudah dijual dalam bentuk tablet. Kamu bisa sediakan itu untuk pengganti obat parasetamol. 

7. Radang telinga

Lagi-lagi telinga juga bisa membuat kita pusing. Sama seperti ketika kita flu, radang telinga juga menimbulkan efek sakit kepala. Selain itu biasanya juga ditandai dengan kehilangan keseimbangan (mirip vertigo), berkurangnya kemampuan pendengaran, keluarnya cairan dari dalam telinga, dan muntah-muntah.

Untuk ini kamu perlu langsung menemui dokter, kemudian beristirahat dan minum banyak air putih untuk mempercepat pemulihan.  

Ternyata penyebab sakit kepala bisa bermacam-macam, mulai dari sakit kepala ringan yang bisa kamu atasi sendiri sampai yang perlu penanganan khusus tanpa perlu mengonsumsi obat sebagai pertolongan pertamanya. Mulai sekarang, yuk lebih aware dengan kesehatan kita sendiri! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES