Tak Hanya Untuk Kudapan Berbuka Puasa, Kurma Ternyata Punya Sederet Manfaat Untuk Kecantikan

16 Mei 2018
|Chandra W.
144SHARES

Satu kudapan yang hampir selalu tersedia di meja makan saat bulan Ramadan adalah kurma. Buah yang hanya tumbuh di Timur Tengah ini memang sangat cocok untuk hidangan pembuka saat berbuka puasa. Rasa manisnya pas, tidak berlebihan, cukup untuk menggantikan sedikit kalori yang habis saat puasa. Tapi tahukah kamu bahwa kurma juga ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan?

1. Rambut rontok? Bisa diatasi dengan pasta kurma

Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah karena kekurangan vitamin dan nutrisi rambut. Kurma kaya akan zat besi yang dapat menguatkan akar rambut. Caranya, cukup haluskan buah ini hingga menjadi pasta, oleskan ke kulit kepala, biarkan 10 menit lalu bilas hingga bersih. 

2. Rambut tipis juga bisa diatasi dengan minyak kurma

Tak hanya buahnya, minyak kurma juga memiliki manfaat untuk rambut. Untuk kamu yang berambut tipis dan ingin menebalkan rambut, pijat kepala dengan minyak kurma yang mengandung nutrisi dan vitamin yang dapat membantu rambut tumbuh tebal dan indah.

3. Menjaga elastisitas kulit

Jika kamu termasuk salah satu orang yang takut menua, pasti kulit adalah bagian tubuh yang paling penting untuk dijaga. Buah ini mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk meremajakan kulit dan menjaga elastisitas. Setelah Ramadan boleh juga nih terus mengonsumsi kudapan ini. 

4. Memperbaiki sel kulit rusak

Buah ini juga mengandung asam pantotenat dan vitamin B yang efektif mencegah kerusakan kulit dan menangkal radikal bebas. Kalau mau awet muda, rutin-rutin saja mengonsumsi kurma. Kulit akan terasa lebih kenyal dan bercahaya. 

5. Mengatasi masalah pencernaan

Apalah artinya menjaga kecantikan dari luar kalau pencernaan masih bermasalah? Kandungan serat dalam buah ini ternyata cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Kandungan serat dalam kurma dapat mengatasi sembelit, diare, bahkan mengurangi risiko kanker usus. 

Kecil-kecil banyak manfaat ya buah yang satu ini. Sayangnya, distribusi terbanyak di Indonesia memang hanya menjelang bulan Ramadan sampai lebaran. Sehingga di luar bulan puasa agak sulit dijumpai dan harganya lebih tinggi. Nah kira-kira manfaat apa nih yang paling bisa kamu maksimalkan dari kurma?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
144SHARES