Tak Hanya Pempek, Palembang Juga Punya 6 Kuliner Memikat Lainnya, lho!

22 Mei 2018
|Robertus Ari
548SHARES

Siapa yang belum pernah mencoba pempek? Makanan khas Palembang ini memang sangat populer. Bahkan, sajian ini sudah tersebar di berbagai kota atau daerah lain karena sudah menjadi kuliner sejuta umat. Tapi tahu nggak? Palembang punya kuliner lain yang tak kalah memikat lidah kamu, lho. Kalau kamu lagi berkunjung ke kota ini, deretan makanan ini cocok untuk kamu coba dan juga sebagai oleh-oleh. Yuk, kepo!

1. Kemplang

Kemplang ini terlihat seperti kerupuk. Aromanya juga mirip dengan pempek. Rasanya gurih dan renyah. Biasanya untuk teman makan dilengkapi dengan sambel cocol. Kuliner ini terbuat dari ikan dan pengolahannya ada dua macam, yakni di goreng dan bakar. Jadi kamu bisa sesuaikan dengan selera kamu.

2. Ikan Salai

Kuliner yang satu ini juga cukup unik. Kalau biasanya kita mengenal pisang sale, di Palembang juga ada kuliner serupa tetapi berbahan ikan. Penampakannya mirip seperti ikan bakar, tapi rasanya justru dominan gurih. Bahan pembuatannya dari ikan gabus atau patin yang diawetkan dengan cara pengasapan. Tapi ikan salai ini nggak bisa langsung kamu makan, kamu harus memasaknya dulu entah itu digoreng, semur, gulai, pindang, atau lainnya, tergantung selera kamu.

3. Sambal Tempoyak

Kalau umumnya sambel yang kita kenal terbuat dari cabai, tapi sambel tempoyak khas Palembang ini terbuat dari durian. Namun meski terbuat dari buah, tetap ada rasa pedasnya kok karena bahan pembuatannya menggunakan cabai juga. Biasanya sambel ini untuk teman makan pindang ikan patin, bahan membuat pepes ikan, atau olahan ikan khas Palembang lainnya. Pokoknya rasanya maknyus banget!

4. Kue Maksuba

Kue kebanggaan Palembang ini terbuat dengan telur bebek. Dibuatnya berlapis-lapis mirip seperti kue lapis legit. Untuk rasa nggak perlu diragukan lagi. Lalu kue ini juga nggak bau amis meskipun terbuat dari telur bebek yang cukup banyak. Bahkan dalam satu adonan bisa menggunakan 30 telur bebek. Tapi kue ini justru beraroma harum menggoda. Umumnya, kue maksuba dibuat hanya untuk momen-momen khusus saja, seperti untuk tamu kehormatan.

5. Lempok Durian

Kalau yang satu ini juga nggak boleh ketinggalan. Kamu harus coba lempok durian yang rasanya nikmat banget. Apalagi kalau kamu pecinta durian harus coba kuliner ini. Bentuknya seperti dodol, rasanya juga manis dan legit. Proses pemasakan lempok durian ini cukup lama dengan tungku kayu. Tapi enang, kue ini tahan lama sehingga cocok kalau kamu jadikan oleh-oleh.

6. Kue Delapan Jam

Dari namanya saja sudah unik, kue delapan jam. Nama ini diambil dari lamanya proses pembuatan, yakni mencapai 8 jam minimal. Rasanya enak dan legit. Tapi sayangnya, kue khas Palembang ini sulit dicari karena umumnya hanya ditersedia di saat momen hari raya Idul Fitri saja.

Itulah tadi kuliner khas Palembang selain pempek yang bisa kamu coba. Kalau kamu lagi jalan-jalan ke sana, wajib juga kuliner tadi untuk oleh-oleh orang di rumah. Rasanya juga nggak kalah enak dan bikin ketagihan. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
548SHARES