Tak Bisa Bersaing dengan Makanan Kekinian, 7 Kuliner khas Indonesia Ini Hampir Punah!

www.pengusahasukses.com

Perkembangan zaman tak bisa kita bendung hingga merambah ke berbagai bidang, termasuk kuliner. Saat ini makanan kekinian dan cepat saji begitu beragam hingga membuat konsumennya bingung karena saking banyak pilihannya. Karena hal inilah yang membuat makanan khas Indonesia mulai tergeser dan kehilangan minta. Padahal dari segi rasa, kudapan khas ini juga mampu untuk memanjakan lidah penikmatnya, lho.

Saat ini, kuliner khas Indonesia sudah jarang kita temukan lagi. Bisa dibilang, makanan lezat ini nampaknya hampir punah. Belum lagi, kelangkaan makanan ini juga disebabkan bahan baku yang mulai sulit untuk di dapatkan. Lalu makanan apa saja yang saat ini hampir punah atau langka?

1. Gulo Puan

twitter.com

Bagi kamu yang asli Palembang, tentu sangat mengenal kuliner satu ini, yaitu Gulo Puan. Santapan ini merupakan khas Indonesia yang terbuat dari bahan dasar susu kerbau dan gula pasir. Rasanya tentu saja manis seperti permen. Namun saat ini kuliner ini cukup sulit ditemukan. Hal itu disebabkan karena untuk mendapatkan susu kerbau juga tidak mudah.

2. Sayur Babanci

www.sahabatkotatua.id

Meski namanya sayur Babanci, tapi di dalamnya justru tidak ada sayur sama sekali. Kuliner ini merupakan khas Adat Betawi. Di dalamnya terdapat daging sapi, kelapa muda, dan petai. Lalu kuahnya menggunakan asam peda bersantan. Rasanya gurih dan nikmat. Tapi untuk bisa mendapatkan santapan berkuah ini nggak mudah karena sudah jarang diperjualbelikan.

3. Bubur Bassang

phinemo.com

Selanjutnya ada kuliner khas Makassar, bubur Bassang. Menu ini biasanya digunakan sebagai menu sarapan. Rasanya gurih dan manis. Pokoknya sekali coba kamu bakal ketagihan. Santapan lezat ini berisi jagung, ketan, tepung terigu, gula, santan, dan garam. Tapi sayangnya bubur ini sudah sulit ditemukan.

4. Bubur Ase

cookpad.com

Kuliner ini juga khas Betawi. Santapan ini adalah bubur nasi yang di dalamnya menggunakan tahu, tetelan, kentang, dan disiram kuah semur. Biasanya, kudapan ini disantap bersamaan dengan asinan yang bikin rasanya unik. Dulunya, bubur Ase bisa kamu temukan cukup gampang karena banyak yang menjual. Tapi sekarang mulai langka, apalagi karena kuliner kekinian makin banyak.

5. Sengkulun
www.makanajib.com

Dulu, budaya Cina cukup kuat dalam adat Betawi. Hal itu juga memunculkan peranakan masakan bernama, Sengkulun. Kuliner ini juga khas Betawi dengan tekstur yang kenyal, lembut dan empuk. Kue ini terbuat dari tepung ketan dengan gula merah untuk membuat warna menjadi kecoklatan. Biasanya, kue ini dinikmati sambil mencocol parutan kepala. Jadi rasanya gurih-gurih manis.

6. Gabus Pucung
selerasa.com

Lagi, kuliner khas Indonesia yang hampir punah datang dari Betawi. Kali ini namanya Gabus Pucung. Kuliner ini terbuat dari ikan gabus dan disiram kuah pucung (kuah berbumbu hitam yang terbuat dari kluwek). Banyak pula yang mengatakan bahwa kuliner ini menjadi asal muasal masakan rawon. Saat ini, Gabus Pucung sudah sangat jarang ditemukan. Namun, mungkin kamu masih bisa memasak sendiri di rumah.

7. Nasi Kapau

www.pengusahasukses.com

Terakhir ada nasi Kapau khas Tilatang Kamang, Agam, Sumatera Barat. Penampakannya mirip dengan nasi Padang, hanya saja isiannya berbeda. Di dalamnya terdapat sambal, cubadak (sayur gulai nangka), gulai tunjang (terbuat dari urat kaki kerbau atau sapi), bulai babat babek atau paruik kabau, dan gulai cancang (tulang dan daging kerbau). Yang membedakan dengan nasi Padang, nasi Kapau memiliki ragam gulai yang khas. Namun sayang, sekarang cukup sulit untuk menemukan menu satu ini.

Itulah tadi beberapa kuliner khas Indonesia yang saat ini sulit banget untuk kita temui. Mungkin beberapa dari kamu yang sudah pernah mencoba salah satu masakan di atas, pasti merasa kangen dengan rasanya. Lalu mana nih kudapan di atas yang ingin kamu coba? Sebutkan di kolom komentar, ya!

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pakai Lipstik Selama Puasa Bikin Batal Nggak, Ya? Ini Jawabannya!

Pakai Lipstik Selama Puasa Bikin Batal Nggak, Ya? Ini Jawabannya!

10 Hidangan Buka Puasa dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Menggugah Selera?

10 Hidangan Buka Puasa dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Menggugah Selera?

Santai dan Kece Ketika di Pantai? 7 Gaya Ini Bisa Banget Dijadikan Panutan

Santai dan Kece Ketika di Pantai? 7 Gaya Ini Bisa Banget Dijadikan Panutan

Suka Makan di Warung Padang? Gini Nih Cara Cek Keasliannya

Suka Makan di Warung Padang? Gini Nih Cara Cek Keasliannya

Agar Tampil Semakin Kinclong Saat Bukber, Maskeran dengan Bahan Alami Yuk!

Agar Tampil Semakin Kinclong Saat Bukber, Maskeran dengan Bahan Alami Yuk!

10 Inspirasi Outfit yang Warna Kuning Ini Nggak Terkesan Ngejreng dan Norak

10 Inspirasi Outfit yang Warna Kuning Ini Nggak Terkesan Ngejreng dan Norak

loading