Suka Minum Kopi? Jangan Buang Ampasnya, Ini 5 Manfaatnya Untuk Kecantikan!

28 Mei 2018
|Chandra W.

Suka menyesap kopi? Minuman yang sering menemani kita begadang ini memang dikenal punya banyak manfaat bahkan sampai ke ampasnya, lho! Jadi kalau habis minum kopi, ampasnya jangan langsung dibuang. Kamu bisa menggunakannya untuk perawatan wajah

1. Buat scrub dari ampas kopi untuk eksfoliasi sel kulit mati

Caranya, campurkan ampas kopi dengan sedikit minyak zaitun hingga rata. Setelah tercampur rata dan berbentuk butiran scrub, oleskan dan pijat memutar di wajahmu dan badanmu. Sel-sel kulit mati dan kotoran akibat polusi akan otomatis terangkat dan wajahmu akan terasa segar kembali. 

2. Gunakan sebagai masker untuk mencerahkan wajah

Berlawanan dengan warnanya yang cokelat bahkan hitam pekat, kopi justru bisa membuat wajahmu lebih cerah bercahaya. Caranya, gunakan ampas kopi sebagai masker. Biarkan selama 3 menit di wajahmu dan bilas. Lakukan 2-3 kali seminggu dan lihat hasilnya. 

3. Masker kopi juga dapat mengurangi kandungan minyak berlebih

Selain mencerahkan, masker ampas kopi juga dapat mengoptimalkan produksi minyak di wajah. Bukan menambah produksi minyak, tapi mengontrol. Cocok banget nih buat kamu yang kulit wajahnya suka mengilap di siang hari atau malah 'banjir'. Caranya sama dengan yang ada di poin dua ya. 

4. Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Pernah merasa nggak pede akibat noda hitam dan bekas jerawat sampai malas keluar rumah? Jangan buang ampas kopimu! Oleskan dan pijat di sekitar noda hitam dan bekas jerawat. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

5. Menghilangkan komedo dan mencegah jerawat

Meskipun berukuran sangat kecil, komedo dapat mengganggu penampilan seseorang. Begitu juga dengan jerawat. Kehadiran satu jerawat saja bisa bikin kamu senewen, kan? Untuk mengatasi masalah ini, siapkan ampas kopi secukupnya, tambahkan sedikit air hangat untuk membuatnya menjadi bentuk pasta atau krim. Oleskan ke wajah secara merata dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air hingga bersih. 

Itu dia manfaat ampas kopi untuk kecantikan wajah. Catatan aja nih, kalau memang kamu hendak memakai ampas kopi, pastikan kamu bikin kopinya nggak pakai gula ya. Salah-salah wajahmu malah disemutin.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES