Suka Makan di Warung Padang? Gini Nih Cara Cek Keasliannya

14 Mei 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Warung Padang tumbuh menjamur di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Penggemarnya pun sudah tak terhitung lagi. Namun, dari sekian banyak warung Padang, tidak semua dibuka oleh orang Padang Asli. Nah, ternyata ada lho ciri-ciri warung Padang asli. Yuk simak ciri-cirinya.

1. Sambal hijau dan sambal merah

Di warung Padang asli terdapat dua macam sambal, yaitu sambal hijau dan sambal merah. Dua sambal ini diolah dengan cara diulek. Hal itu terlihat dari tampilannya yang tidak begitu halus. Sambal di warung Padang memiliki rasa pedas yang nampol abis.

2. Kuah gulai kental

Warung Padang asli akan menyajikan gulai dengan kuah yang kental. Biasanya orang Minang akan memasak gulai dengan santan kental disertai bumbu rempah yang melimpah. Menggoda banget deh pokoknya.

3. Tampilan rendang cokelat dan kering

Rendang adalah makanan khas Padang. Rendang diolah dengan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, seharusnya rendang disajikan tanpa kuah dan warnanya cokelat. Selain itu, rasanya pedas.

4. Tidak ada menu lele

Ternyata guys di warung Padang asli nggak disediakan masakan berbahan dasar lele lho. Kalau di warung Padang ada menu lele berarti warung tersebut sudah mengalami percampuran budaya. Orang Padang lebih senang mengolah ikan patin, kakap, atau gurame karena dianggap lebih mantap rasanya.

5. Teh agak pahit

Kalau kamu pesan es teh di warung Padang asli, mungkin kamu akan kecewa. Di warung Padang asli, meski teh telah diberi gula, pahit tetap akan terasa. Teh di warung Padang asli adalah varian dari teh hitam. Jadi, sudah pasti memiliki rasa pahit yang lebih dari teh biasanya.

6. Karyawan berbahasa Minang

Solidaritas orang Minang patut dijadikan contoh. Jika mereka membangun warung makan, mereka akan mengutamakan orang yang berasal dari Minang sebagai karyawannya. Jadi, bahasa yang digunakan karyawannya sudah tentu bahasa Minang.

7. Rasa jeroan gurih

Dengan teknik masak orang Padang, jeroan akan diolah menjadi makanan yang gurih dan empuk. Biasanya, jeroan dimasak dengan kuah santan kental. Tampak menggoda sih, tapi jangan banyak-banyak ya. Ingat kolesterol.

Udah tahu kan ciri warung Padang asli? Kita bisa tahu dengan mengecek 7 hal tersebut. Kalau tidak sesuai, berarti warung Padang yang kamu kunjungi udah bercampur dengan budaya setempat.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES