Suka Mabuk Saat Perjalanan? Ikuti Aja 10 Tips Ini untuk Mencegahnya

unsplash.com

Perjalanan baik melalui darat, laut, atau udara mungkin sesuatu yang biasa buat kamu, tetapi mungkin tidak buat sebagian dari kamu yang memang punya motion sickness alias kecenderungan sakit saat melakukan perjalanan. Gejala motion sickness biasanya meliputi pusing, mual, perasaan tidak nyaman di mulut dan perut, sesak napas, sampai muntah.

Duh, kalau udah muntah begitu pasti perjalanan jadi terganggu dong. Kondisi badan jadi nggak fit dan harus bergantung sama obat-obatan biar bisa bertahan sampai di tempat tujuan. Kamu juga jadi ogah diajak bepergian kalau kendaraannya tidak mendukung.

Tenang, jangan putus asa dan keburu down dulu. YuKepo punya beberapa cara ampuh buat mencegah mabuk perjalanan terjadi. Supaya tubuh dan perjalananmu tetap fit. Antisipasi sebelum berangkat yuk!

1. Minum jahe sebelum berangkat

id.pinterest.com

Sebelum berangkat, kira-kira 30-60 menit sebelumnya kamu dianjurkan meminum jahe hangat. Jahe terbukti bisa memperkuat sistem pencernaan dan imun kamu. Dengan minum jahe, kamu bisa mengurangi resiko terkena mabuk perjalanan. 

2. Jangan menatap layar handphone atau membaca sesuatu saat perjalanan

unsplash.com

Banyak yang bilang, supaya kamu nggak mabuk kamu harus mengalihkan perhatian. Yah, bisa sih tetapi tidak dengan menatap layar handphone atau membaca ya. Gerakan dari kendaraan bisa bikin kamu makin pusing. Lebih baik kamu menatap lurus ke depan dan ngobrol saja. 

3. Jangan terlalu sering menengok ke belakang

unsplash.com

Menengok ke belakang bisa bikin kamu makin pusing dan jadi mabuk. Hindari juga kursi yang menghadap ke samping atau ke belakang. Dalam waktu sebentar menghadap samping memang nggak masalah, tetapi jika perjalanannya cukup jauh, itu bukan posisi tepat terutama buat kamu yang gampang mabuk perjalanan.

4. Ambil posisi yang pas
www.theatlantic.com

Kamu lebih baik terus terang kalau punya kecenderungan mabuk perjalanan, jadi pastikan kamu dapat tempat duduk di depan (sebelah pengendara) atau di bagian tengah mobil untuk mengurangi guncangan. Hindari duduk di kursi paling belakang. Jika terpaksa, pilihlah kursi di sebelah jendela. 

5. Perhatikan makanan yang kamu konsumsi sebelum perjalanan
unsplash.com

Sebelum perjalanan kamu memang dianjurkan makan dulu, supaya perut kamu nggak kosong dan malah masuk angin. Namun, hati-hati juga dengan makanannya. Jangan makan terlalu kenyang. Hindari makanan pedas dan soda. 

6. Cari udara segar

id.pinterest.com

Jika memungkinkan sesekali buka jendela kamu dan hirup udara segar. Menghirup udara dari AC terlalu lama kadang malah bikin kita mual. Namun, jika kamu berada di kendaraan umum ber-AC, kamu bisa duduk di dekat jendela. Meskipun tidak bisa menghirup udara luar, setidaknya pemandangan di luar bisa membuat kamu lebih nyaman. 

7. Lakukan pijatan sederhana di pergelangan tangan kamu

unsplash.com

Ketika mulai merasa mual, lakukan pijatan ringan di bagian dalam pergelangan tangan kamu dengan ibu jari. Lakukan beberapa saat untuk mengurangi rasa pusing dan mual kamu. 

8. Perment rasa mint

id.pinterest.com

Selain jahe, kamu bisa juga menggunakan permen rasa mint untuk mengurangi rasa mual kamu. Dia akan memberikan efek segar di mulutmu. 

9. Tenangkan dirimu sendiri
id.pinterest.com

Jika kamu terlanjur merasa pusing dan mual, bahkan hampir muntah. Kamu disarankan untuk menenangkan dirimu sendiri. Terus yakinkan kalau perjalanan ini akan segera berakhir dan kamu akan baik-baik saja. Jangan tanggapi dulu teman atau orang yang mengajak kamu bicara. Beri mereka pengertian kalau kamu lagi nggak enak badan dan butuh waktu menenangkan diri. 

10. Kalau semua cara ternyata tidak berhasil, minum obat anti mabuk adalah jalan terakhir
www.pinterest.com

Cara terakhir adalah minum obat anti mabuk yang dijual di pasaran. Sebenarnya, obat tersebut mengandung obat tidur yang tujuannya supaya selama perjalanan kamu tertidur dan terhindar dari mabuk perjalanan. Gunakan obat di saat kepepet saja. 

Mabuk perjalanan bukan lagi alasan buat kamu untuk menghindari bepergian, guys! Coba semua steps-nya mulai dari yang teratas sampai akhir deh. Supaya badanmu nggak nge-drop dan bisa tetap senang-senang saat di perjalanan.

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Pernah Mengaku Muslim, Ini Jawaban Zayn Malik Soal Keyakinannya - Keepodotme

Tak Pernah Mengaku Muslim, Ini Jawaban Zayn Malik Soal Keyakinannya - Keepodotme

Pakai Jilbab Segiempat untuk Remaja Bergaya Modern dan Kekinian? Simak 8 Video Berikut!

Pakai Jilbab Segiempat untuk Remaja Bergaya Modern dan Kekinian? Simak 8 Video Berikut!

Sakit Tapi Tak Berdarah! Baru Ambil Uang Rp 47 Juta dari Bank, nggak Lama Uang Ini Raib Digondol Maling. Nyesek!  - Keepodotme

Sakit Tapi Tak Berdarah! Baru Ambil Uang Rp 47 Juta dari Bank, nggak Lama Uang Ini Raib Digondol Maling. Nyesek! - Keepodotme

Cantik Harus Langsing itu Mitos Belaka! Jadikan 9 Seleb Ini Sebagai Inspirasimu

Cantik Harus Langsing itu Mitos Belaka! Jadikan 9 Seleb Ini Sebagai Inspirasimu

Selain Bekas Jerawat, Inilah 5 Hal “Membekas” yang Sulit Dihilangkan - Keepodotme

Selain Bekas Jerawat, Inilah 5 Hal “Membekas” yang Sulit Dihilangkan - Keepodotme

Siapa Bilang Rok dan Sneakers Itu Nggak Nyambung? Padu Padannya Bikin Awet Muda!

Siapa Bilang Rok dan Sneakers Itu Nggak Nyambung? Padu Padannya Bikin Awet Muda!

loading