Suka Lama Saat Bikin Caption di Instagram? 6 Cara Ini Bikin Hidupmu Lebih Mudah

16 November 2017
|Mega Fitriyani
0SHARES

Para pengguna Instagram banyak sekali jumlahnya di Indonesia, dan banyak di antara user itu yang masih juga galau memikirkan caption atau keterangan fotonya. Memang, membuat caption itu gampang-gampang sulit. Kamu harus kreatif sehingga followers-mu tidak bosan dengan postingan-mu. Kamu juga harus cari kata-kata yang memang pas dan cocok.

Nah, di bawah ini adalah tips untuk mendapatkan inspirasi, apalagi buat kamu yang masih suka galau mikir caption. Biar nggal kelamaan ketik-hapus-ketik-hapus, yuk kepo dan cari tahu!

1. Caption kudu nyambung sama foto

Seringkali caption yang ditulis tidak ada hubungannya dengan konten foto. Hal itu akan membuat risih orang yang melihatnya. Nggak menutup kemungkinan kamu bakal di-unfollow juga. Usahakan, caption dan foto harus selalu selaras.

Misalnya, jika kamu foto tentang sebuah pemandangan Cappadocia yang indah, jangan curhat tentang hubungan cintamu yang kandas di tengah jalan. Itu sama sekali tidak relevan.

2. Gunakan tagar yang tepat

Penggunaan tagar pada dasarnya untuk memudahkan pencarian fotomu. Jika kamu mengunggah foto secangkir kopi untuk menemani pengerjaan tugas-tugasmu, jangan tulis caption berbunyi #nocaption #lelah #malas. Hal itu bukan hanya tidak bermanfaat, tapi juga membuat penilaian terhadapmu turun.

Jika kamu pergi liburan, unggah foto-foto liburanmu dengan menyertakan tagar lokasinya. Hal itu akan sangat membantu orang lain yang juga akan berencana ke sana. Namun, jangan membuat tagar yang terlalu banyak karena kamu terlihat begitu haus  followers. Hehehe.

3. Caption singkat, padat, jelas, dan menarik

Jika kamu senang menulis dengan menceritakan sesuatu panjang lebar, gunakan media lain. Ada facebook atau blog yang lebih tepat untuk mempublish tulisanmu. Orang membuka Instagram dengan tujuan melihat video singkat atau foto-foto saja. Kamu mau menulis caption panjang-panjang juga ngga masalah sebenernya, hanya saja temanmu akan langsung skip lihat foto yang lainnya.

4. Jangan ada typo

Typo memang bukan dosa, tapi itu bisa mempermalukanmu. Jangan malas untuk membaca ulang caption-mu. Terutama kamu yang suka pakai caption dalam Bahasa Inggris, typo membuatmu terlihat sok pintar dan tidak paham bahasa internasional itu. Bayangkan, betapa malunya kamu kalau kamu typo, inginnya menulis bedroom jadi bathroom untuk caption sebuah foto tempat tidur yang indah. Apalagi kalau sampai ada yang komentar.

5. Hiasi dengan emoji

Banyak sekali emoji yang bisa dipakai untuk mendukung keterlibatan emosimu dalam sebuah foto yang kamu unggah. Untuk aktivitas menyenangkan, tambahkan saja emoji smile. Pembaca akan tahu bahwa kamu benar-benar menikmati waktumu. Emoji juga seringkali dipakai untuk menghindari kesalahan pahaman. Tanda baca dianggap kurang ekspresif dalam menunjukkan emosi yang dialami oleh seseorang, maka di situ peran emoji diperlukan untuk sebuah tulisan.

6. Pilih waktu yang tepat

Jangan sampai salah waktu. Jangan mengunggah foto perayaan tahun baru atau natal jika hari itu sudah masuk bulan Agustus, misalnya. Pertama, pemilihan waktunya kurang tepat. Kedua, kamu dianggap orang aneh. Ketiga, orang akan malas melihat foto-fotomu yang lain, sebab akan meng-underestimate dirimu.

Fotomu yang sudah bagus, dipadukan dengan caption yang menarik, akan sia-sia bila kamu upload pada waktu yang tidak tepat. Upload fotomu pada saat orang sedang banyak bersantai, misalnya jam makan siang atau jam selepas petang. Hal itu memungkinkan fotomu lebih banyak dilihat orang.

Sudah kepikiran mau upload foto apa, dan menambahkan caption apa di Instagram? Selamat berkreasi, guys!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES