Street Food Khas Sunda Ini Raos Pisan! Bikin Nggak Mau Berhenti Makan

09 Juli 2018
|Mega Fitriyani
0SHARES
Orang Sunda terkenal punya makanan yang lezat, terutama jajanannya. Street food ini tersebar di berbagai daerah, dan bahkan banyak di antaranya yang jadi favorit. Buat kamu pecinta jajanan Sunda, nggak lengkap rasanya kalau kamu nggak mencoba jajanan-jajanan berikut ini.

1. Bandros

Jajanan ini merupakan kue tradisional Sunda yang dibuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan santan. Di masyarakat Sunda, bandros memiliki dua jenis, yaitu bandros manis dan bandros asin. Bandros asin dibuat untuk orang yang tidak terlalu suka manis. Biasanya, gula pasir biasa ditaburkan di atasnya sebagai pemanis bagi bandros manis. Bandros sangat lezat jika disantap dengan kopi atau teh hangat.

2. Cireng

Makanan satu ini juga sudah sangat terkenal. Teksturnya yang kenyal, dipadukan dengan isian yang lezat, pantas menjadikan cireng jadi idola. Isian cireng bervariasi mulai dari saus kacang, kornet, daging, keju, mayonaise, dan isian lezat lainnya. Salah satu cireng yang paling terkenal adalah cireng Cipaganti, yang terletak di Bandung. Selain makan di tempat, cireng yang basah atau belum digoreng juga sering diburu sebagai oleh-oleh.

3. Cilok

Cilok bukan hanya jadi favorit anak-anak, tapi juga orang dewasa. Cilok memang pertama kali diperkenalkan oleh orang Sunda, namun penggemarnya sudah meluas hingga seluruh Indonesia. Cilok biasa disajikan dengan saos pedas dan kecap. Cilok biasanya diisi dengan daging, telur, bahkan tomat, sesuai dengan kreativitas pembuatnya.

4. Batagor

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Makanan ini dibuat dari tahu yang dihancurkan, dibentuk bulat seperti bola kemudian diisi ikan tengiri di dalamnya. Setelah itu, batagor digoreng di dalam minyak panas hingga matang. Batagor biasa disajikan dengan ketimun, saus kacang, saos dan kecap.

5. Seblak

Seblak merupakan kuliner pedas yang terbuat dari kerupuk yang direbus. Seblak biasanya dimasak bersama dengan mi atau makaroni, telur, sayur, dan diakhiri dengan topping yang mantap. Ceker, bakso, sosis, kornet, sering menjadi topping untuk si pedas lezat ini.

6. Bakso tahu

Bakso tahu dibuat dari tahu yang diisi dengan bakso kemudian direbus hingga matang. Bakso tahu kemudian dicampur dengan siomay, kol, tahu, telur, dan pare. Kuah bakso tahu yang berupa bumbu kacang disiramkan di atasnya, kemudian diakhiri dengan jeruk nipis. 

7. Awug

Awug dibuat dari tepung beras, gula merah, parutan kelapa, dan dicampur dengan aroma pandan. Awug biasanya berbentuk kerucut, dan dipotong-potong kecil-kecil, lalu dikemas menggunakan kardus dan keranjang bambu. 

8. Peyeum

Peyeum terbuat dari singkong yang difermentasi. Berbeda dengan tape singkong biasa, peyeum bertekstur lebih kering sehingga sering dijual dengan cara digantung. Peyeum juga cenderung lebih tahan lama. 

9. Jabalia

Jabalia berbentuk mirip donat dengan rasa yang manis dan legit. Jabalia terbuat dari ketan hitam yang dilumuri gula kelapa cair hingga gula tersebut kering. 

Selain jajanan tersebut, ada banyak sekali street food khas Sunda yang dijamin bakal memanjakan lidah kamu. Nah, tunggu apa lagi, siapkan dompet dan segeralah pergi untuk membeli jajanan tersebut. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES