Siap-siap Kecewa, 7 Makanan Ini Lebih Baik Dimakan Langsung Daripada Dimasak. Kenapa Ya?

05 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Nggak semua makanan yang berbahan alami bermanfaat untuk tubuh ketika dimasak. Beberapa makanan justru akan hilang manfaatnya jika diproses, dimasak dengan suhu tinggi, apalagi kalu diberikan pengawet. Proses masak akan mengubah kandungan alami yang terdapat dalam makanan tersbut. Siap-siap kecewa, mungkin beberapa makanan favoritmu termasuk ke dalam daftar makanan yang lebih baik dimakan langsung daripada dimasak, nih!

1. Kacang-kacangan

Mungkin kamu lebih suka makan kacang goreng atau kacang yang dipanggang. Apalagi kalau dibumbuin misalnya ditambah garam atau gula. Memang sih lebih enak di lidah, tapi sebenarnya kacang lebih baik dimakan mentah atau kamu bisa membersihkan lalu merebusnya. Memasak kacang hanya akan menambah kalori dan lemak sementara itu juga menurunkan kadar magnesium dan zat besi yang terkandung. Rugi, deh!

2. Bawang

Hayo, siapa yang kalau makan suka pakai bawang goreng? Meskipun bawang bisa bikin kamu berurai air mata, tapi ternyata bawang kaya akan anti-oksidan dan dapat melawan sel kanker. Makan bawang mentah bisa mencegahmu menderita penyakit kanker paru-paru dan kanker prostat, lho. Makannya bisa secara langsung atau dengan dihaluskan. Masih nggak mau karena takut mulutmu jadi bau? Ya sikat gigi aja dong setelah itu.

3. Paprika merah

Satu buah paprika merah bisa mengandung 32 kalori dan sejumlah banyak vitamin C. di mana sekitar 150% vitamin C yang dibutuhkan banget oleh tubuhmu tersebut akan terurai jika dimasak dengan suhu tinggi. Makan paprika merah yang mentah juga bisa membantumu mencegah atherosclerosis yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Jadi kalau parika yang udah di atas pizza, vitamin C-nya udah nggak sebagus saat masih mentah.

4. Rumput laut

Menurut penelitian, rumput laut segar mengandung 80-90% air dan merupakan sumber klorofil yang baik untuk dikonsumsi tubuh. Misalnya nih makanan nori yang terbuat dari rumput laut yang telah dikeringkan. Padahal rumput laut mengandung vitamin dan mineral yang dapat diserap dalam aliran darah. Rumput laut mentah juga bisa sebagai sumber zat besi, kalsium, dan yodium. Jadi, jangan lupa untuk makan yang versi segarnya, ya!

5. Jus

Kalau ini sih udah nggak perlu ditanya lagi. Buah-buahan memang jauuuh lebih baik kalau kamu mengonsumsinya secara langsung saat masih segar daripada dijus. Dengan dijus, artinya kamu akan membuang beberapa kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Cara mengonsumsi buah dengan dijus juga membuat buah tersebut teroksidasi sehingga lebih cepat membusuk dan nggak segar lagi. Itulah kenapa jus asli nggak boleh didiamkan lama-lama.

6. Kelapa

Minum kelapa memang pelepas dahaga banget kan? Selain enak, kelapa juga merupakan sumber makanan alami untuk menghidrasi dan mengandung kadar elektrolit yang tinggi. Kamu nggak akan dapat manfaat kayak gini kalau kamu menginsumsinya kelapa kering atau kelapa yang telah melalui berbagai proses. Memang enak dinikmati langsung agar sodium, potassium, dan magnesium-nya bisa kamu serap secara langsung!

7. Bluberi

Tahukah kamu kalau bluberi mengandung anti-oksidan paling tinggi di antara buah-buahan lainnya? Berdasarkan riset pertanian, bluberi mengandung serat dan manfaat lainnya untuk kesehatan karena tinggi akan kadar polifenol. Nah, bluberi yang diproses atau dimasak, akan mengubah kandungan polifenol tersebut. Artinya memang jauh lebih baik jika bluberi tersebut dikonsumsi mentah dan segar. Yummy!

Jadi kamu kecewa sama makanan mana aja nih? Memang sih kayaknya makanan di atas memang lebih enak kalau dimasak atau diproses. Tapi kalau ada yang lebih baik kenapa nggak kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES