Sering Susah Tidur? 12 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Istirahat Malammu Lebih Berkualitas

30 Desember 2017
|Idham Nur Indrajaya
1SHARES

Baik disadari ataupun tidak, setiap orang pasti mendambakan tidur berkualitas setiap harinya. Dengan durasi tidur yang ideal, mood untuk menjalani aktivitas sehari-hari pun akan terbangun dengan baik. Dengan mood yang baik, otak pun akan bekerja lebih jernih sehingga rutinitas sehari-hari pun terasa lebih cerah dan menyenangkan untuk dijalani. 

Meskipun begitu, terkadang kita susah tidur di malam hari. Ada banyak faktor penyebabnya. Misalnya nonton acara kesukaan sampai tengah malam, asik chat dan bukain media sosial, atau sedang banyak pikiran.

Masalahnya, kurangnya durasi istirahat bisa membuat mood keesokan harinya jadi berantakan. Nah, di bawah ini ada trik yang bisa membantumu bebas dari gejala insomnia ini. Yuk segera dipraktikkan ya!

1. Usahakan agar kamar kamu memiliki suhu yang sejuk

Suhu yang terlalu panas akan menyebabkan kita kesulitan untuk tidur. Soalnya, saat kita terlelap, temperatur tubuh kita akan menurun dan membutuhkan suhu yang sejuk untuk membantu proses penurunan suhu pada tubuh kita. Tapi, jangan terlalu dingin juga ya. Nanti kamu malah sakit!

2. Mandi air panas

Mandi air panas memang akan menaikkan suhu tubuh kita. Namun, saat kita sudah selesai mandi, suhu tubuh kita akan langsung menurun dan membantu proses pelemasan tubuh sehingga nantinya kita akan lebih cepat untuk terlelap.

3. Bersihkan tempat tidur

Tempat tidur yang kurang bersih akan mengganggu kenyamanan kita saat hendak beristirahat, lho. Jadi, minimal kamu harus membersihkan seprai dari debu-debu yang akan mengganggu proses tidur kamu.

4. Lebih rajin menjemur kasur dan bantal

Selain bisa menghilangkan bakteri yang mengendap, kasur dan bantal yang sudah dijemur akan lebih terasa lebih empuk sehingga tubuh kita pun akan semakin nyaman saat hendak bobok.

5. Mengenakan kaus kaki sebelum naik ke atas kasur

Meskipun kondisi kamar kamu lebih baik dalam kondisi yang agak sejuk, tapi kamu juga akan lebih cepat tidur jika kaki kamu dalam keadaan hangat. Saat kamu mengenakan kaus kaki, peredaran darah kamu akan lebih lancar sehingga tubuh kamu akan lebih mudah untuk rileks.

6. Jangan mainan handphone satu jam sebelum istirahat

Sebelum beristirahat memang seringkali menjadi waktu yang digunakan oleh para pengguna smartphone untuk setidak-tidaknya melihat berbagai informasi terbaru atau atau sekadar melihat-lihat media sosial. Namun, cahaya yang timbul dan informasi-informasi yang termuat di dalamnya ternyata akan membuat otak kita terus bekerja bahkan saat kita hendak tidur.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu tidak mengoperasikan telepon genggam kamu sekurang-kurangnya satu jam sebelum tidur. Bukan hanya telepon genggam saja, ada baiknya juga jika kamu menjauhkan diri dari televisi, laptop, radio, atau benda elektronik lainnya yang sedang dalam keadaan menyala.

7. Rajin berolahraga

Kita akan lebih mudah tidur saat tubuh kita dalam keadaan lelah. Oleh karena itu, jika kamu rajin berolahraga setidaknya 10 menit sebelum kamu beraktivitas di pagi hari. Tubuh kita akan lebih lelah saat naik ke atas kasur dan mempercepat proses tidur.

8. Menghirup aroma Lavender

Saat ini, sudah cukup banyak orang-orang yang menjual lilin aromaterapi untuk digunakan sebagai relaksasi. Nah, lilin yang beraroma lavender ternyata mampu merendahkan tekanan darah dan menenangkan urat-urat syaraf yang sedang tegang sehingga kamu akan lebih cepat tidur.

9. Menulis diari

Sebelum kita tidur, biasanya otak kita akan dipenuhi dengan berbagai pikiran terkait dengan masalah yang sedang kita hadapi atau hal-hal lainnya yang membuat otak kita terus bekerja, dan hal itu ternyata akan membuat kita semakin sulit untuk tidur.

Oleh karena itu, ada baiknya jika pikiran itu ditumpahkan dalam bentuk tulisan di catatan harian. Memang, menulis di buku harian tidak akan menyelesaikan masalah kamu, tapi setidaknya emosi negatif yang mengganggu kamu untuk tidur akan diekspresikan dalam cara yang positif sehingga nantinya kamu akan merasa lebih tenang dan siap untuk tidur.

10. Jangan sering-sering melihat jam

Saat kita susah tidur, biasanya kita akan selalu mengecek jam untuk memastikan berapa lama waktu yang telah dihabiskan saat kita seharusnya tertidur. Namun, ternyata hal itu akan membuat kita semakin gelisah dan tidur pun justru akan semakin sulit untuk dilakukan.

11. Jangan makan sebelum tidur

Ada baiknya jika kamu tidak makan satu jam sebelum kamu tidur. Soalnya, setelah kita makan, tubuh memerlukan waktu untuk melakukan proses pencernaan. Meskipun biasanya kita akan mengantuk saat kita baru makan, tidur yang kita jalani pun menjadi tidak berkualitas. Sebaiknya, kamu meminum susu hangat yang akan membantu kamu untuk lebih cepat tertidur.

12. Mengatur pernapasan

Kita harus fokus kepada pernapasan kita saat melakukan ini. Caranya:

- Bernafaslah secara normal sebanyak 3 kali.

- Nafas ya keempat, coba tahan udara yang sudah kamu hirup selama 4-7 detik.

Dengan begini, asupan oksigen kamu akan lebih berkurang kadarnya sehingga kamu akan lebih mudah untuk terlelap.

Itulah beberapa cara agar kita lebih mudah untuk tidur. Kalau kamu berhasil tidur lebih cepat, produktivitas di keesokan hari pun akan terasa lebih baik ketimbang saat kamu kurang istirahat karena begadang. Jadi, selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
1SHARES