Sering Ketiduran Padahal Belum Menghapus Makeup? Siap-siap Mengalami 7 Hal Ini

30 Mei 2018
|Chandra W.
165SHARES

Pulang kerja dan beraktivitas seharian bikin kamu lelah. Niat sejenak mengistirahatkan diri di kasur malah berlanjut ketiduran hingga pagi harinya. Pernah mengalami kejadian seperti itu? Terasa perubahan pada pagi harinya nggak? Bayangkan, kulit wajah yang terkena polusi dan udara kotor seharian plus makeup tidak dihapus yang akhirnya mengendap ke dalam kulit. Mau tahu efeknya untuk wajahmu?

1. Iritasi mata

Jika kamu memakai riasan mata seperti eyeshadow, eyeliner dan pensil alis lalu tidak membersihkannya, matamu berisiko mengalami iritasi dan infeksi. Apalagi riasan mata biasanya lebih sulit dibersihkan dan harus dibersihkan dengan eye makeup remover. Jika tidak dibersihkan, komponen makeup dapat masuk ke mata dan menyebabkan peradangan

2. Kerut halus muncul lebih cepat

Masih muda tapi kok kulitnya sudah berkerut? Bagaimana jika sudah tua nanti? Tidur dengan makeup masih menempel di kulit membuat radikal bebas lebih mudah menempel. Jaringan kolagen juga bisa cepat rusak. Mau menua lebih cepat? Jangan bersihkan makeup sebelum tidur. 

3. Jerawat bermunculan

Makeup masih menempel di wajah saat tidur dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan berbagai masalah. Dari komedo sampai yang lebih parah lagi yaitu jerawat. Tergantung jenis kulit, ada yang munculnya satu per satu dan ada juga yang seketika banyak. Jangankan makeup tebal, BB cream saja jika nggak dihapus bisa menimbulkan jerawat. 

4. Membuat kulit kering

Sisa makeup yang menempel menghalangi kulit untuk mendapatkan nutrisi. Meski sebelumnya mengenakan pelembap, nutrisinya terhalang oleh tumpukan makeup dan malah membuat kulit kering.

5. Membahayakan kelopak dan bulu mata

Maskara dan eyeliner jika tidak dihapus dapat menyumbat folikel rambut (bulu mata) dan menimbulkan benjolan yang disebut hordeolums. Meski bisa disembuhkan, tapi nggak lucu juga kan kalau di matamu muncul benjolan padahal kamu ingin tampil flawless.

6. Merontokkan bulu mata

Mendiamkan maskara semalaman bisa bikin bulu mata rontok. Males banget dong pagi-pagi bersihin makeup malah bulu mata pada rontok. 

7. Bibir pecah-pecah

Lipstik yang tertinggal semalaman menempel di bibir menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Bisa sih kamu atasi dengan membersihkannya saat bangun tidur dan mengenakan lip balm. Tapi, bibir kering bisa bikin penampilanmu keesokan harinya kurang prima.

Wajah juga perlu bernapas saat malam hari. Jangan biarkan makeup menutupi wajahmu dan menimbulkan masalah-masalah yang bikin nggak pede. Karena itu, selalu ingat untuk bersihkan wajah di malam hari ya. Kalau bisa, malah lakukan double cleansing atau proses membersihkan wajah dua kali dengan pembersih berbahan dasar minyak dan air.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
165SHARES