Sering Direkomendasikan, Sebenarnya Cuci Muka Pakai Sabun Bayi Aman atau Tidak?

23 Mei 2018
|Faizah Pratama
389SHARES

Sampai saat ini, wajah masih jadi area yang sangat diperhatikan wanita. Bagaimana tidak, dari wajahlah kecantikan wanita banyak dinilai. Berbagai macam produk perawatan pun dicoba demi mendapatkan wajah mulus tanpa jerawat. Kebersihan kulit wajah pun diutamakan dengan rajin mencuci wajah.

Selain pakai facial foam, sabun bayi termasuk produk yang paling sering direkomendasikan buat membersihkan wajah. Sabun bayi diyakini mampu merawat kulit sensitif karena terbuat dari bahan yang memang aman untuk kulit bayi. Sabun ini dipercaya bisa membersihkan kulit wajah tanpa meninggalkan efek buruk pada kulit. Benarkah demikian?

1. Kandungan dan manfaat sabun bayi

Sabun bayi terbuat dari bahan yang ringan dan minim bahan kimia karena dibuat khusus untuk bayi yang kulitnya masih tipis dan rapuh. Itulah mengapa sabun ini cocok digunakan untuk kulit sensitif. Kandungan pHnya pun paling mendekati pH normal kulit.

Nggak hanya itu, sabun ini juga mampu mengontrol kulit berminyak tetapi tidak membuat wajah kering karena mengandung sedikit pelembap. Kalau ada yang bilang sabun bayi mampu menyembuhkan jerawat, hal itu tidak sepenuhnya benar. Sebab, sabun bayi sifatnya hanya membersihkan dengan lembut dan umumnya tidak mengandung zat antibakteri. Sabun ini hanya mampu mencegah jerawat tidak semakin meradang.

2. Aman atau tidak buat wajah?

Kalau ditanya aman atau tidak, sabun bayi memang aman dipakai pada wajah asalkan tidak mengandung bahan yang membahayakan. Pilihlah sabun yang tidak mengandung Sodium Louryl Sulphate (SLS), zat penghasil busa. Umumnya sabun bayi tidak menggunakan SLS karena bisa menyebabkan kulit si kecil iritasi. Namun, tidak ada salahnya mengecek dahulu komposisinya pada kemasan.

Sabun yang mengandung SLS biasanya akan terasa perih saat tidak sengaja terkena mata. SLS pada sabun juga membuat kulit menjadi kering karena mampu melunturkan kotoran termasuk minyak alami yang diproduksi untuk melembabkan wajah.

3. Sayangnya, sabun bayi kurang efektif membersihkan wajah

Sabun bayi memang cocok untuk semua jenis kulit tetapi kurang efektif untuk membersihkan wajah dari kotoran karena tidak mengandung susu pembersih atau zat yang sifatnya exfoliating. Sabun ini kurang bisa diandalkan untuk membersihkan sisa makeup pada wajah. Buat yang seharian di luar ruangan, sabun bayi juga kurang ampuh untuk menyingkirkan residu polusi pada wajah.

Sabun bayi memang bisa jadi facial foam, tetapi lebih baik pilihlah produk-produk terpercaya yang memang diperuntukan untuk wajah. Selain lebih aman, kandungannya juga akan lebih sesuai untuk kulit wajahmu. Walau banyak yang bilang kecantikan itu terpancar dari hati, wanita tetap harus memperhatikan wajahnya. Tidak salah wanita memperhatikan kecantikan wajahnya. Cantik fisik dan hati jadi lebih sempurna, kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
389SHARES