Sering Dipandang Sebelah Mata, Ini Manfaat Jamu Tradisional Untuk Kesehatan dan Kecantikan

hellosehat.com

Siapa yang masih suka minum jamu? Di era seperti sekarang, banyak perempuan yang getol banget memilih produk kosmetik berlabel natural atau alami padahal setiap hari makan junk food. Tahu nggak sih, Indonesia punya ramuan kesehatan dan kecantikan yang telah berjasa merawat generasi puteri keraton hingga rakyat jelata lho. Namanya jamu. Mau punya kulit cantik semulus hubungan Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie? Bisa! Kenalan dulu sama manfaat jamu-jamu ini!

1. Beras kencur

resepasik.com

Seperti namanya, jamu ini terbuat dari bahan dasar beras dan kencur. Tetapi ada juga bahan lain yang ditambahkan seperti jahe, asam segar dan gula garam tergantung produsen. Manfaat jamu beras kencur ini adalah agar badan terasa segar, menghilangkan pegal linu, menjauhkan batuk dan flu. Pas banget nih untuk menghadapi cuaca yang tidak menentu, kayak hubunganmu sama dia. 

2. Kunir asem

www.kulineri.com

Kunir asem atau kunyit asem pasti sudah akrab nih di telinga dan lidahmu. Jamu ini biasanya baru boleh dikonsumsi oleh cewek setelah mengalami haid. Fungsinya meredakan nyeri haid yang artinya juga bikin moodmu baik-baik saja selama PMS sampai selesai menstruasi. Selain itu, manfaat jamu kunyit asem jika dikonsumsi secara rutin juga dapat melangsingkan tubuh dan memberikan efek dingin di perut. Tapi untuk perempuan yang belum pernah hamil, nggak disarankan untuk terlalu sering mengonsumsinya karena dapat membuat rahim kering.

3. Jamu pahitan

septinurqmla.blogspot.co.id

Berbeda dengan kedua jamu di atas yang rasanya enak, pahitan tentu saja rasanya pahit di lidah sampai tenggorokan. Jamu pahitan dibuat dari sambiloto ditambah berbagai bahan lainnya seperti brotowali, daun meniran, lempuyang, lengkuas, adas serta rempah lainnya. Biasanya setelah minum jamu pahitan kamu akan diberi jamu asam sebagai penawar rasa pahitnya. Manfaat jamu pahitan di antaranya adalah mengurangi bau badan tidak sedap, menghilangkan jerawat, hingga menurunkan risiko diabetes. Hebat kan?

4. Kunci sirih
cookpad.com

Namanya terkesan wingit ya. Sesuai namanya, bahan utama atau 'kunci' jamu ini adalah daun sirih. Tentu saja ada berbagai bahan lain seperti kunyit, gula jawa, kapulaga, kayu manis, jeruk nipis dan lain-lain. Buat cewek bagus banget nih karena bisa membantu mengatasi masalah keputihan, memperkuat gigi, merapatkan vagina, dan menghilangkan bau badan tak sedap. 

5. Galian singset
jusuntukdiet.com

Singset, apakah kalian mengenal kata tersebut? Artinya langsing. Nah daripada makan obat pelangsing yang entah apa komposisinya, mending minum jamu ini saja. Jamu galian singset terbuat dari kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, cengkeh, kapulaga, ketumbar dan rempah-rempah lainnya. Sesuai namanya, jamu ini bisa bikin kamu singset dan juga menjaga higienitas seputar area Miss V.

today.line.me

Hebat banget kan minuman tradisional negeri kita tercinta ini? Makanya, kamu samperin tuh bakul jamu yang setiap hari keliling kompleks. Harganya yang jauh lebih murah dibandingkan kosmetik-kosmetik yang biasa kamu pakai, dan dengan manfaat jamu yang begitu banyak, nggak ada lagi alasan untuk nggak minum jamu!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Menjunjung Tinggi Gaya Vintage? Mix and Match Motif Polka Dot Ini Jangan Sampai Keliru

Menjunjung Tinggi Gaya Vintage? Mix and Match Motif Polka Dot Ini Jangan Sampai Keliru

Bikin Cepet Seret, 6 Makanan Ini Sebaiknya Kamu Hindari Saat Sahur

Bikin Cepet Seret, 6 Makanan Ini Sebaiknya Kamu Hindari Saat Sahur

Bingung Pilih Brush, Beautyblender, atau Silisponge? Cek Dulu Plus-Minusnya Biar Tercerahkan

Bingung Pilih Brush, Beautyblender, atau Silisponge? Cek Dulu Plus-Minusnya Biar Tercerahkan

Doyan Makan Jeroan? Tenang, Ini Cara Siasati Agar Kolesterol Kamu nggak Naik!

Doyan Makan Jeroan? Tenang, Ini Cara Siasati Agar Kolesterol Kamu nggak Naik!

Pilih Satu dari 7 Mukena Berbahan Adem Ini, Nggak Kalah Nyaman Dipakai Saat Tarawih

Pilih Satu dari 7 Mukena Berbahan Adem Ini, Nggak Kalah Nyaman Dipakai Saat Tarawih

Bukan Vanilla atau Cokelat, 10 Varian Es Krim Ini Bakal Bikin Lidahmu Menggelinjang

Bukan Vanilla atau Cokelat, 10 Varian Es Krim Ini Bakal Bikin Lidahmu Menggelinjang

loading